Article

Hati-Hati Kalo Kamu Punya Kondisi Ini, Bisa Sebabin Glaukoma Mata!

17:33, 22 April 2024

08 hindari hal ini kalo kamu gamau terkena glaukoma  penyakit mata yang merusak saraf 1980x1080

Hindari Kondisi Ini Kalau Gak Mau Kena Glaukoma

 

Kamu mungkin udah pernah denger soal penyakit glaukoma? Penyakit ini terjadi gara-gara ada kerusakan saraf mata dan biasanya ditandai sama gangguan penglihatan loh. Kalo bola mata ngalamin tekanan tinggi, ini bisa jadi penyebab utama terjadinya glaukoma. Kamu perlu waspada sama penyebab glaukoma mata soalnya ini jadi salah satu penyebab besar orang ngalamin kebutaan permanen.

Glaukoma sendiri ada dua jenis, yang pertama ada glaukoma sudut tertutup yang punya gejala. Jadi, penderita bakal tau kalo punya masalah kesehatan ini soalnya gejalanya cukup jelas. Sedangkan, jenis yang kedua ada glaukoma sudut terbuka yang kadang ga ada gejala sama sekali.
 

Penyebab Glaukoma Mata yang Perlu Kamu Hindari

Kebanyakan orang yang punya masalah kesehatan glaukoma ini memang nggak terlalu diketahui secara jelas penyebabnya. Soalnya emang penyakit ini bisa nyerang siapa aja. Bahkan mulai dari bayi baru lahir sampai lansia bisa terkena resiko penyakit ini. 

Tapi, kamu juga perlu tahu kalo orang yang usianya lebih dari 40 tahun punya resiko yang lebih besar. Kondisi fisik yang makin lemah bakal bikin seseorang gampang terserang penyakit kayak gini. 

Selain itu, ada beberapa sebab lain yang perlu kamu tahu supaya makin waspada dan bisa ngehindari penyakit ini kaya penyebab glaukoma mata berikut ini:

1. Hipertensi

Supaya terhindar sama penyakit ini, kamu juga perlu buat hindari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jadi, coba deh buat konsumsi makanan-makanan yang sehat dan nggak bikin tekanan darah kamu jadi naik. 

Kamu baiknya nggak terlalu banyak konsumsi makanan yang punya kandungan lemak trans atau lemak jenuh, soalnya ini bakal ngaruh banget sama kesehatan kamu.

2. Diabetes Melitus

Kamu juga perlu tahu kalau ternyata glaukoma itu bisa disebabin sama diabetes melitus loh. Orang yang punya masalah diabetes melitus harus waspada, soalnya resiko terkena glaukoma juga makin tinggi. Nah, supaya nggak sampai terkena masalah ini, kamu juga perlu buat hindari hal-hal yang bisa nyebapin diabetes misalnya terlalu banyak konsumsi makanan manis.

3. Benturan

Glaukoma ternyata juga bisa disebabin gara-gara benturan loh. Nah, kalau kamu nggak mau terjadi masalah di bagian mata, kamu juga harus hati-hati pas lagi aktivitas apapun. Benturan yang terlalu keras di area sekitar mata, bakal bikin resiko terkena glaukoma makin tinggi.
 

Jaga Mata Kamu Yuk! Jangan Sampai Kena Glaukoma Ya

Penyakit glaukoma emang lagi jadi bahan perbincangan karena salah satu kiper Indonesia kita ada yang ngalamin penyakit ini. Penyakit ini bisa menyerang di kondisi tubuh yang sehat sekalipun dan bisa dateng karena adanya penyakit yang udah kita derita sebelumnya.

Maka dari itu, kamu butuh banget perlindungan kesehatan, supaya kalo kamu ngalamin gangguan kesehatan bisa langsung ditangani dan nggak bakal memicu penyakit lain timbul. Jaga Sehat Pilihanku, asuransi kesehatan yang bisa jagain kamu dari berbagai kondisi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah investasi jangka panjang yang bakalan ngebantu jagain kesehatan kamu dan kondisi keuangan kamu. Jaga Sehat Pilihanku dari Jagadiri punya banyak manfaat yang bisa kamu dapetin, salah satunya bisa double claim, cover rawat jalan dan rawat inap dan yang paling penting preminya terjangkau mulai dari Rp 25 ribu aja loh! Yuk cek produknya sekarang juga buat tau manfaat lainnya.
 

4. Pengguna Obat dengan Steroid

Obat-obatan yang mengandung steroid, juga bisa jadi salah satu penyebab glaukoma mata. Kalau misalnya kamu punya masalah kesehatan dan diharusin buat minum obat dengan kandungan steroid dalam jangka panjang, kamu harus coba cari alternatif pengobatan lain yang lebih aman.

Konsumsi obat-obatan steroid dalam jangka waktu yang lama juga bisa bahayain kesehatan mata kamu. Jadi, kamu harus hati-hati ya saat minum obat apapun. Kalau ngerasa bingung, kamu bisa konsultasi sama dokter biar dicariin solusi yang paling tepat.
 

5. Punya Mata Minus

Punya mata minus atau kelainan pada mata juga bisa jadi penyebab glaukoma mata loh. Jangan sampai kamu anggap remeh masalah mata minus. Apalagi kalau ternyata masalah ini makin parah dan sulit diatasi. Kamu perlu buat cari solusi biar mata minus nggak makin parah atau paling nggak kamu merawat mata kamu pakai cara yang tepat.

Glukoma emang dikenal sebagai penyakit yang bisa bikin orang ngalamin kebutaan permanen. Bahkan menurut riset, glaukoma jadi penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia setelah katarak.

Meskipun kamu saat ini dalam kondisi yang sehat, kamu tetap harus waspada dan hindari hal-hal yang bisa jadi penyebab glaukoma mata.

Seseorang yang punya penyakit glaukoma bakal ngerasain gejala yang bikin terganggu banget kayak mata merah, sakit di sekitar bola mata, penglihatan berkabut, ada lingkar pelangi di sekitar lampu kalau pas lagi lihat lampu, terus sampai juga ada yang mual-mual.

Jadi pada intinya supaya kamu nggak sampai terkena penyakit glaukoma kamu harus hindari hal-hal yang bisa nyebabin masalah-masalah kayak yang udah disebutin tadi. Kalo sampai terjadi tekanan di bola mata, kamu harus segera perlu cari penanganan yang tepat.

Selain kamu perlu buat hindari penyebab glaukoma mata, penting juga buat ngelindungin kesehatan kamu secara optimal pakai asuransi Jaga Sehat Pilihanku dari JAGADIRI.

Kalau kamu punya asuransi Jaga Sehat Pilihanku dari JAGADIRI, kamu bakal ngerasa tenang karena misalnya harus dapae perawatan di rumah sakit, asuransi JAGADIRI bakal ngasih kamu santunan.

Premi yang kamu bayarin juga terjangkau kok, cuma Rp25.000 aja. Terus kamu juga bakal nikmatin banyak manfaat menarik kaya bebas pilih perlindungan buat diri kamu atau buat keluarga kamu, kamu juga bisa double klaim dan punya kesempatan buat dapat santunan rawat inap dan rawat jalan.

Yuk tingkatin perlindungan kesehatan kamu dan keluarga pakai asuransi Jaga Sehat Pilihanku dari JAGADIRI.

 

Referensi : 

https://www.halodoc.com/kesehatan/glaukoma

https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-4-makanan-yang-perlu-dihindari-pengidap-glaukoma

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2892/kenali-gejala-serta-tips-mencegah-glaukoma-di-usia-muda

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1