Article

5 Cara Self Healing Murah Meriah

11:45, 8 April 2022

03 1980x1080  1

Cara Self Healing

Istilah self healing sempet jadi tren di beberapa tahun terakhir. Self healing digambarin sebagai aktivitas untuk nyembuhin luka batin atau mental. Caranya juga macem-macem, tergantung kebutuhan dan kemampuan seseorang. 

Jadimin mau share 5 cara self healing murah meriah yang bisa kamu lakuin di sekitar kamu. Yuk baca selengkapnya, Teman JAGADIRI!

 

Olahraga

Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk self healing. Aktivitas yang bisa kamu lakuin juga cukup mudah, sesimpel joging atau bersepeda. 

Olahraga penting dilakuin selama self healing karena bisa memacu otot dan sendi lebih rileks. Sehingga, tubuh kamu kerasa lebih ringan dan beban pikiran sedikit berkurang. Teman JAGADIRI pernah nggak ngerasain bugar setelah olahraga? 
 

Meditasi

Meditasi juga termasuk aktivitas yang sering dilakuin pas self healing. Cara mudahnya, coba deh cari ruang tenang dan punya sirkulasi udara yang baik. Be present, hadirlah untuk saat ini.  Lalu, alihin fokus kamu dari masa lalu atau masa depan ke masa sekarang.

Kemudian, tarik napas, tahan, lalu hembusin dengan perlahan. Sadarin apa yang ada di sekitar kamu. Gunakan panca indera kamu. Kamu bisa tau apa yang tubuh kamu butuhin secara fisik atau emosional. Apakah lelah? Sedih? Ngantuk? Lapar? 

Nah dengan meditasi juga, kamu bisa nyadarin dan ngakuin perasaan negatif yang ada di diri. Yuk coba gaes! 
 

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan bernutrisi bisa perbaikin mood dan ningkatin fokus. Dirangkum dari laman Alodokter, makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein dan turunannya (asam amino triptofan, misalnya), vitamin B9 (asam folat), dan lainnya, bisa perbaikin mood yang buruk. 

Misalnya kayak pisang, oatmeal, cokelat, air putih, telur, dan ikan. Makanan-makanan ini mudah kamu dapetin dan gampang diolah. Hayo, siapa nih yang self healing-nya berburu makanan atau minuman sehat? 
 

Jalan kaki

Lagi self healing, jangan di kamar terus dong. Coba deh sesekali keluar kamar dan rumah. Hirup udara segar atau ajak hewan peliharaan kamu untuk main. Jalan kaki bisa menjadi salah satu cara untuk self healing. Murah meriah kok gaes. 

Pas lagi jalan, coba deh fokus sama langkah. Sadari penuh langkah yang kamu ambil. Jangan terlalu cepat biar kamu nggak ngos-ngosan. Nikmatin tiap nafas dan rasain keringet yang keluar. Kamu juga bisa kok perhatiin di sekitar. Sesekali sapa tetangga atau orang tua yang lewat. 

Dirangkum dari laman Halodoc, orang Indonesia disebut penduduk yang paling sedikit jalan kaki, dalam sehari cuma jalan kaki sekitar 3.513 langkah aja. Padahal, banyak pakar kesehatan dunia nyaranin agar orang dewasa perlu jalan kaki seenggaknya 10.000 langkah sehari. 

Meski nggak ada acuan berapa langkah yang harus diambil per hari, seenggaknya kamu tetep disaranin untuk jalan kaki sebanyak mungkin. Kalo lagi nggak sempet olahraga serius, jalan kaki bisa menjadi opsinya. 

Karena jalan kaki juga termasuk aktivitas berisiko, pastiin kamu udah dilindungin sama asuransi online yang bisa cover perlindungan secara instan. Ada Jaga Aman Instan, produk Asuransi JAGADIRI yang punya periode perlindungan fleksibel mulai dari 3 jam aja. 

Preminya juga terjangkau, Rp5.000,00, kamu udah bisa dapet benefit atau manfaat asuransi:

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan

  • Santunan perawatan rumah sakit akibat kecelakaan

  • Periode perlindungan bervariasi, mulai dari per jam (opsi 3 jam, 6 jam, atau 12 jam), per hari (opsi 1 hari), per minggu (opsi 1 minggu), dan per bulan (opsi 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan).  

Cari bantuan profesional

Terakhir, jangan lupa juga cari bantuan profesional, seperti psikolog atau psikiater. Bantuan professional dari mereka nggak serta-merta bikin kamu dianggap lemah. Nggak kok. Justru itu, kamu berada di trek yang tepat. Karena, psikolog dan psikiater udah berpengalaman dan bisa bantu kamu selama proses self healing. 

Sekarang ini, banyak banget layanan kesehatan mental profesional. Jadimin udah bikin list-nya. Yuk ceki-ceki gaes!

  • CariLayanan.com (https://carilayanan.com)

  • Ibunda.id (https://www.ibunda.id)

  • Klee.id (https://klee.id) 

  • Yayasan Pulih (https://yayasanpulih.org)

  • Riliv (https://riliv.co)

  • TigaGenerasi (https://www.tigagenerasi.id) 

  • Biro Psikologi Dinamis (https://www.instagram.com/biropsikologidinamis/)

Kamu juga bisa dapetin bantuan profesional lainnya di rumah sakit, puskesmas, atau fasilitas kesehatan terdekat. Cari tau daftar puskesmas, rumah sakit, dan biro psikologi penyedia layanan kesehatan mental di Indonesia. 

Itu dia 5 cara self healing murah meriah. Buat Teman JAGADIRI yang lagi masa pemulihan, kasih jeda untuk dirimu. Take your time ya gaes! 

Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus!


 

Sumber: 

https://superyou.co.id/blog/gayahidup/self-healing-dan-cara-self-healing/

https://tirto.id/12-tips-melakukan-self-healing-untuk-mengatasi-luka-batin-fjiE 

https://www.gramedia.com/best-seller/self-healing/ 

https://www.alodokter.com/suasana-hati-buruk-atasi-dengan-makanan-ini 

https://health.grid.id/read/353137592/6-metode-self-healing-untuk-bantu-redakan-stres-akibat-covid-19?page=all 

https://www.halodoc.com/artikel/agar-sehat-berapa-langkah-kaki-yang-dibutuhkan-dalam-1-hari- 

https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-aman-instan 

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/daftar-penyedia-layanan-kesehatan-mental/

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1