Article

5 Game

09:30, 16 July 2021

Jun 2021 13

Yang Bagus Dan Bisa Asah Otak & Otot!

Main game nggak hanya ngatur strategi dan ngumpulin poin aja. Tapi juga, bisa ningkatin kesehatan. Terutama kesehatan otak dan pikiran. Jadimin punya 5 rekomendasi game yang bagus untuk ningkatin kesehatan otak kamu. Scroll untuk selengkapnya ya!

 

1. Beat Saber

Game realitas virtual (virtual reality; VR) ini punya tugas khusus buat kamu, yakni musnahin kotak sambil ikutin beat lagu. Dengan lightsaber, pedang ini mirip seperti Jedi training, itu loh latihan pasukan yang ada di film Star Wars.

 

Latih juga kepekaan kamu biar nggak nabrak dinding penghalang ya! Dijamin kamu bakal makin fokus dan keringetan karena aktif bergerak.

 

Kecepatan beat lagu tergantung level. Makin tinggi levelnya, beat lagu makin cepat dan makin cepat juga kamu gerakin light saber untuk hancurin kotak-kotaknya. Kalo kamu pengen gerakan lebih intens kayak workout, game ini punya mode 360 derajat yang mudahin kamu gerak sebebasnya.

 

Cobain game Beat Saber di platform SteamVR, Oculus Rift/Rift S, Viveport, dan Oculus Quest.

 

2. Lumosity

Game latihan otak yang dirancang ilmuwan ini punya konsep bermain yang dinamis. Mulai dari latih kecepatan, memori, fleksibilitas, sampai daya tangkap kamu. Kelihatan sederhana sih, tapi coba deh mainin. Seberapa peka nih? Hihi.

 

Pengembang game-nya, Lumos Labs Inc kolaborasi bareng ilmuwan-ilmuwan dari berbagai universitas di dunia. Game ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris, Jerman, Jepang, Prancis, Spanyol dan Portugis. Lumayan banget main game sambil ngasah kemampuan bahasa kamu kan?

 

Game Lumosity bisa dimainin di Android dan iOS ya! Yuk main sekarang!

 

3. Minecraft

Siapa yang nyangka kalo Minecraft bisa ningkatin kesehatan kamu? Meski tugas kamu bangun blok setinggi mungkin, tapi setiap task atau misi yang ditugaskan ke kamu wajib selesai dalam satu waktu. Artinya, kamu terhindar dari multitask dan bisa fokus sama satu hal. Pikiran kamu jadi lebih sadar (mindful) dalam jangka waktu lama, yang bagus untuk kesehatan mental kamu.

 

Selain itu, dirangkum dari situs AdditudeMag.com, game yang dikembangin oleh Mojang ini bisa dimainin untuk anak penderita ADHD, karena game ini ngebangun fokus anak, belajar problem-solving, ngasah kemampuan kognitif, dan ngerancang rencana.

 

Kamu sulit fokus? Coba deh main Minecraft. Asalkan dimainin secara wajar dan tahu waktu, pelan-pelan bisa pulihin kesehatan mental kamu. Main Minecraft di PC (personal computer), Android, dan iOS yuk!

 

4. Pistol Whip

Game yang bikin kamu berada di dunia realitas virtual (VR; virtual reality), Pistol Whip bikin kamu keringetan. Dikembangin oleh Cloudhead Games, game ini ngandelin musik atau ritme dengan task, harus ikutin beat musik sambil nembak dan adu fisik dengan lawan. Ditambah lagi, kamu juga harus hindarin benda-benda yang halangin kamu.

 

Game Pistol Whip bisa dimainin di Playstation 4 dan PlayStation VR. Pake juga VR headset dari Oculus Rift S/Rift dan Oculus Quest biar makin kerasa tantangannya. Akses juga Pistol Whip melalui SteamVR juga yuk!

 

5. Supernatural

Satu game yang bagus untuk ningkatin kesehatan tubuh dan mental kamu: Supernatural. Game berbasis VR ini ngajak kamu ke berbagai tempat di dunia. Bayangin kamu lagi meditasi di Tembok Raksasa Cina, terasa nyata deh!

 

Nah game Supernatural nggak hanya meditasi aja, tapi juga full-body workouts, yoga, kardio, atau sekedar peregangan. Latar tempatnya cukup beragam. Task-nya, kamu harus menyerang dan hindarin objek-objek yang datang. Beat lagu yang dipake juga beragam dan ada yang sering kita denger di radio.

 

Gerak lebih bebas melalui mode 360 derajat dengan Oculus Quest dan Oculus Rift. Yuk main sekarang!

 

Kata siapa main game bikin nggak produktif?

Lima game yang bagus untuk meningkatkan kesehatan di atas baik untuk ngisi waktu luang di rumah. Meski masih pandemi COVID-19, kamu tetep bisa aktif dan “jalan-jalan” lewat VR.

 

Jangan lupa, lindungin juga mata kamu selama main game dan pake kacamata VR. Dengan asuransi premi murah dari JAGADIRI, cukup Rp10.000,00 aja, dijamin lebih hemat dari biaya langganan 5 game di atas.

 

Daftar lewat website JAGADIRI, polisnya langsung aktif, nggak tunggu-tungguan! Asuransi online Jaga Gamers emang udah paling ngedukung deh semua aktivitas gaming kamu. Yuk beli sekarang! Follow Instagram @jagadiri_id juga ya!

 

Sumber:

https://www.additudemag.com/slideshows/managing-minecraft-addiction-in-kids-with-adhd/

https://gamerant.com/pistol-whip-playstation-vr-review/

https://vrscout.com/news/fitness-focused-vr-experiences-for-quarantine/

https://www.healthline.com/health-news/i-tried-it-supernatural-vr-workout-on-oculus-quest

https://gamerant.com/virtual-reality-vr-games-make-sweat-home/

 

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square