Article

5 Manfaat Sunmori untuk Kesehatan

13:33, 11 November 2020

Nov 19

Ssst Bisa Networking Juga!

Sunmori sunmori. Sunday morning ride. Motoran hari minggu buat senang-senang. Faktanya, ada loh 8 manfaat sunmori untuk kesehatan. Yuk intip selengkapnya!

 

Sunmori itu apa sih?

Ngerasa anak motor? Pasti kenal deh sama istilah sunmori ini. Sesuai namanya, aktivitas motoran ini dilakuin Minggu pagi. Hari Minggu dipilih karena jalanan lebih lengang. Hasilnya, kamu lebih santai ngumpul-ngumpul bareng komunitas.

 

Oh iya, waktu pagi dipilih karena udara masih segar dan lebih tenang pas motoran.

 

Meskipun mirip-mirip touring, tapi sunmori lebih fokus ke perjalanan jarak dekat. Makanya, kalo kamu denger suara klakson motor gede (moge) di jalanan, nah itu dia lagi sunmori dalam kota.

 

Sunmori juga beda sama touring sepeda motor lainnya. Selain kumpul komunitas, juga sering ngadain acara bakti sosial dan sebagainya.

 

Peminatnya lebih beragam, nggak cuma anak muda aja. Peminatnya juga ada yang dari usia 30-an sampai 50-an. Nggak tertutup juga kok sepeda motor berbagai merek dan tipe bisa gabung sunmori.

 

Emang ikut sunmori bikin sehat?

Motoran di akhir pekan, tepatnya pada hari Minggu itu bermanfaat buat tubuh kamu. Efek positifnya, kamu bisa ngelepasin stres di hari kerja. Ada lagi nih manfaat lainnya.

 

1. Bakar kalori

Motoran saat sunmori ternyata bisa ngebakar 200-300 kalori per jam. Jumlah ini setara dengan olahraga 1 jam di tempat gym. Banyak juga ya ngebakarnya.

Jumlah kalori yang dibakar bisa makin tinggi kalo kamu ngelewatin medan ekstrem. Misalnya motoran di jalur tanjakan, kelokan, banyak batu, dan lumpuran.

 

Oh iya, jenis kendaraan juga ngaruh loh sama kalori yang dibakar. Menurut sebuah riset, ngendarain moge macam Harley-Davidson bisa bakar kalori sekitar 600 kalori per jam. Eits, tapi ini berlaku untuk kamu yang ngendarain ya, yang numpang sih nggak hehe.

 

2. Ningkatin adrenalin

Sunmori juga bisa ningkatin adrenalin kamu. Apalagi kalau ke luar kota dan lewatin jalan nanjak. Sensasinya kerasa!

 

Paduan antara rasa seneng, ngeri, fokus, plus waswas ini nggak perlu dikhawatirin kok gaes. Karena faktanya, motoran selama 20 menit itu ningkatin denyut jantung sebesar 11% dan adrenalin sebesar 27%.

 

Ditambah lagi ada kesenangan tersendiri kalo kamu sempat-sempatnya ngebut di jalanan lengang. Gila, bakal seru banget deh!

 

3. Ningkatin fungsi kognitif

Otak kita cenderung rumit, tapi ada beberapa bagian yang bisa dilatih. Misalnya bagian korteks prefrontal. Bagian otak ini gudangnya fungsi kognitif. Fungsi kognitif itu apaan sih Jadimin?

 

Fungsi kognitif itu kemampuan daya ingat, berbicara, mahamin informasi, mahamin ruang gerak, ngolah emosi, serta nilai dan ngasih perhatian. Ikut sunmori makin ngasah kemampuan ini. Termasuk saat kamu gabung salah satu komunitas motor saat sunmori. Ngerasa berdaya kan?

 

4. Sensorik otak lebih terangsang

Dalam otak, nggak cuma fungsi kognitif aja yang difokusin. Tapi juga sensoriknya. Misalnya gimana tuh Jadimin?

 

Saat bermotor, udah pasti dong kamu ngerasain segernya angin, ademnya udara, tekstur jalan yang nggak rata, bahkan rasa nyeri atau pegel pas duduk berjam-jam. Nah, sensorik otak punya tugas ini.

Motoran bikin kamu lebih “langsung” kontak sama sekitar. Nggak heran kalo rutin sunmori bikin fokus sensorik otak lebih terangsang daripada nyetir mobil.

 

Eits, tapi kamu juga kudu aware ya sama keamanan lalu lintas dan keselamatan diri. Begitu kamu nggak fokus, bisa-bisa kecelakaan tuh. Sayang banget kan kalo nggak dilindungin asuransi motor online?

 

5. Nambah jaringan dan teman

Manfaat terakhir, bisa nambah jaringan dan teman. Btw, kemampuan interaksi di komunitas dan diterima sama mereka itu bisa nyehatin mental, ningkatin daya ingat, dan ngasah empati.

 

Biar makin seneng dan aman saat sunmori, pastiin kamu juga sudah nyiapin perlindungan diri dan motor. Misalnya kayak asuransi motor online pilihan kamu.

 

Sst, kamu juga bisa TW-TW (transfer wawasan) atau curhat soal asuransi motor online tokcer dan full coverage ke teman komunitas. Makin tau deh mana yang terbaik! Jadi ada bahan obrolan kan?

 

Mau rencanain sunmori ke mana akhir pekan ini?

 

Oh iya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1