Article

5 Tipe Gamers

09:32, 16 July 2021

Jun 2021 04

Kamu Termasuk yang Mana?

Di antara jutaan gamers di seluruh dunia, ternyata ada tipe-tipe gamers yang bisa kamu kenalin. Biar nggak kaget ketemu gamers ini, yuk kenalan dulu Teman JAGADIRI!

 

1. Tipe hardcore

Pernah ketemu pemain game atau gamer dengan tipe hardcore? Pemain game ini udah berpengalaman dan cenderung fokus maininnya. Bahkan, ada juga loh hardcore gamer yang jadi pro gramer dan ikut tanding di turnamen Esport.

 

Meski bukan secara umum sih, hardcore gamer akan lebih banyak main di jenis game multiplayer, FPS (first person shooter), RTS (real-time strategy) dan RPG (role-playing game). Contohnya Call Of Duty, DOTA 2, dan sebagainya.

 

Hardcore gamer juga bisa kok dapet cuan atau penghasilan. Asalkan, pemain ini bisa buktiin dan serius ngelakuinnya. Misalnya kayak pemenang turnamen Esport dengan game Fortnite yang dapet uang sekitar $15 juta.

 

2. Tipe kasual

Meski kesannya santai aja, ternyata casual gamer atau pemain game kasual ini ikut berkontribusi dalam ningkatin jumlah pemain game di dunia. Nggak jauh-jauh, di sekitar kamu ada. Misalnya nenek kamu yang seneng main Candy Crush Saga, kerabat dekat yang main Zuma di sela-sela jam kerja, dan sebagainya.

 

Jenis game yang dimainin cukup beragam. Bisa berupa: life-simulation game kayak The Sims, vehicle simulation, teka-teki, asah otak, action game, dan lain-lain.

 

Tipe pemain game kasual sebenernya sih punya kecenderungan untuk main game karena ngisi waktu luang dan seneng-seneng aja. Bisa juga karena penasaran sama game-nya, jadi dicoba deh dan akhirnya keterusan meski nggak sampe ketagihan.

 

3. Tipe mobile gamer

Tipe pemain mobile atau mobile gamer sering Teman JAGADIRI temuin. Nggak jauh-jauh, temen sekitaran kamu deh. Pasti ada aja waktu untuk pegang smartphone dan buka game yang lagi hits. Misalnya Among Us, PUBG, Mobile Legend Bang-Bang, Tetris bahkan Minecraft.

 

Main game di smartphone atau tablet emang nyaman deh. Karena gawai ini selalu Teman JAGADIRI pegang. Kebetulan juga bisa multitask dengan yang lain. Selain itu, game di smartphone juga bisa diunduh di Google Playstore atau Apple AppStore. Akses main game jadi jauh lebih cepat dibanding main di PC atau konsol.

 

Ngomongin soal akses lebih cepat, kini ada asuransi online terbaik yang ngelindungin kamu pas main game. Tinggal daftar di website JAGADIRI, polis langsung aktif. Habis itu, lanjut main lagi deh!

 

4. Tipe online

Main game dengan akses internet super cepat? Atau, main game dari smartphone atau tablet dengan paket data internet? Nah ini udah bisa dibilang online gamer.

 

Tunggu, bedanya apa sih dengan tipe gamers yang dibahas sebelumnya? Bedanya, pemain game ini lebih banyak meluangkan waktu dan rela online berjam-jam hanya untuk main game. Tujuannya sih macem-macem. Misalnya, karena dia lagi ikut turnamen, ngejar target poin atau level, atau chit-chat di fitur pesan yang ada di game tersebut.

 

Contoh game yang ngelahirin banyak online gamer adalah RuneScape. Game yang nawarin pengalaman RPG ini, bisa diakses secara gratis. Semuanya bisa kamu mainin. Ditambah lagi, game ini juga bersifat kasual.

 

Contoh lainnya kayak PUBG dan Mobile Legend. Kedua game ini juga nyumbang kehadiran online gamer dan ngebentuk komunitas di berbagai daerah dan negara. Main iya, punya banyak temen iya. Kamu main PUBG dan Mobile Legend juga nggak?

 

5. Tipe penonton

Kamu pernah nggak nonton turnamen Mobile Legend di Youtube? Nah, buat kamu yang suka nonton orang main game dan ngamatin dinamika di dalamnya, kamu bisa dibilang “the observer” atau tipe penonton.

 

Ada sensasi tersendiri saat kamu nontonin orang-orang lagi main game. Kamu bebas komen tapi tetep relevan sama alur permainannya.

 

Nggak cuma itu, kamu juga bisa nonton lewat Twitch atau Steam. Bahkan bisa support langsung pemain game-nya lewat donasi di platform tersebut.

 

Main game bisa seseru itu ya?

Iya dong! Mulai dari jenis-jenisnya sampe tipikal pemainnya bisa kamu kenalin dari sekarang. Tapi, kamu juga perlu kenalan sama perlindungan untuk pemain game, kayak Jaga Gamers. Cuma Rp10.000,00 aja, udah dapet perlindungan dan santunan dari penyakit:

- Glaukoma (kerusakan saraf mata)

- Gagal jantung

- Kelainan pada saraf pergelangan tangan (sindrom carpal tunnel)

- Peradangan pada bagian dasar ibu jari (de quervain’s tenosynovitis)

 

Asuransi kesehatan online ini nggak perlu pemeriksaan kesehatan, tapi tetap dilindungin 1 tahun kok. Yuk beli sekarang!

 

Update terus info-info seru dan edukatif di Instagram @jagadiri_id. Yuk mutualan gaes!

 

Sumber:

https://www.gamedesigning.org/gaming/gamer-types/

https://www.liputan6.com/regional/read/4060157/5-tipe-gamers-di-dunia-kamu-termasuk-yang-mana

https://carisinyal.com/jenis-game-online-terbaru/

https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-gamers

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square