Article

6 Makanan Sahur

12:07, 7 May 2021

Mau makan sahur apa apr 2021 27

Yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Bikin Gigi Kuat Juga Lho!

Energi banyak konsentrasi oke, itulah idaman kamu selama puasa Ramadan. Ternyata, perlu didukung sama 6 makanan sahur yang bikin kenyang lebih lama dan area mulut tetep seger dan kuat. Yuk cari tau, scroll ya!

 

1. Kedelai

Kenal tempe, tahu, dan oncom? Itulah olahan kedelai yang kaya protein dan lemak nabati. Buat sahur nanti, makanan yang mengandung kedelai bisa kenyangin perut sampe buka puasa.

 

Olahan kedelai lainnya seperti susu kedelai juga baik dikonsumsi. Namun, konsumsi secukupnya aja, yakni segelas sehari untuk orang dewasa.

 

Memang ada penelitian yang nunjukin kalo susu kedelai bisa bikin gusi berlubang dan muncul plak. Tapi William Bowen, professor emeritus mikrobiologi dan imunologi di Center for Oral Biology, University of Rochester, bilang kalo potensi susu kedelai untuk ngerusak gigi itu tergantung gimana kamu konsumsinya. Minum segelas susu kedelai, mungkin nggak langsung ngerusak gigi. Tapi kalo ngebiarin bayi minum sebotol susu kedelai sepanjang hari, bisa nyebabin hal itu. Penelitian ini juga dilaporin di situs berita Tempo pada tahun 2012.

 

Bisa dibilang, temuan soal efek susu kedelai pada gigi masih perlu diteliti lagi gaes. So, kamu tetap tenang yah!

 

Baca juga: Susu Kedelai Dipake Buat Kopi Susu, Eits Masa Sih Kopi Susu Bikin Sakit Gigi?

 

2. Alpukat

Buah alpukat termasuk buah yang kaya serat, antioksidan, dan zat aktif tertentu untuk gigi. Umumnya, kandungan serat pada buah mampu ngasih efek kenyang lebih lama. Sehingga, kamu nggak gampang laper dan lemes saat puasa.

 

Konsumsi semangkuk alpukat yang dikerok bisa hindarin kamu dari risiko penyakit pencernaan, misalnya sembelit atau susah BAB. Bahkan, bisa jagain kesehatan enamel gigi dan bantu gigi pulih dari keropos.

 

Jangan khawatir juga soal lemaknya. Karena lemak pada alpukat berasal dari lemak nabati yang sifatnya nggak jenuh. Jadi, lemak nggak jenuh ini bisa ngontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

 

3. Ikan berlemak

Hasil laut seperti ikan berlemak punya kandungan kalsium dan fosfor yang besar. Makanan seperti ini baik banget untuk kesehatan tulang dan gigi kamu.

 

Dikutip dari Klikdokter.com, makanan hasil laut (termasuk ikan berlemak) punya kandungan fluoride, omega 3, zat besi, vitamin A, vitamin C, seng (zinc), magnesium, vitamin D, sampe mineral lainnya yang baik untuk:

  • Cegah sariawan atau luka di mulut,
  • Kurangin penyebab gigi berlubang,
  • Kurangin tingkat peradangan dan infeksi mulut,
  • Ningkatin kesehatan gusi,
  • Cegah karies dan gigi berulang

 

Di samping jadi sumber kalsium dan fosfor, ikan berlemak kaya protein yang bisa nopang energi kamu selama puasa Ramadan sekaligus nambah daya ingat dan konsentrasi kamu.

 

4. Nasi merah

Sumber karbohidrat alternatif nasi putih, nasi merah, bagus dikonsumsi saat sahur. Nasi merah kaya karbohidrat kompleks, protein, serat dan zat mineral lainnya seperti magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, dan sejenisnya.

 

Kandungan mineral pada nasi merah ternyata punya manfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Kamu udah pernah makan nasi merah belum?

 

5. Apel

Apel juga kaya antioksidan. Nggak cuma itu, apel mengandung antosianin, zat anti peradangan (anti inflamasi) dan senyawa lainnya untuk gigi dan pencernaan. Buah apel terkenal pula dapat memutihkan gigi secara alami.

 

Makan satu buah apel bisa bersihin mulut kamu secara alami. Caranya, melalui ngunyah apel yang bisa memicu produksi air liur. Sehingga, gigi kamu bersih dari sisa-sisa makanan.

 

Ditambah lagi, apel juga bisa lembabin area mulut untuk hilangin bakteri. Kandungan polifenolnya ampuh jaga kesehatan gusi dan rongga mulut kamu.

 

6. Kurma

Terakhir, buah kurma. Buah kurma termasuk buah yang masuk dalam salah satu riwayat hadis oleh Abu Daud. Riwayat hadis ini menyatakan bahwa Rasulullah SAW punya kebiasaan konsumsi kurma pas sahur. Mengapa demikian?

 

Karena, kurma mengandung antioksidan, aneka vitamin (B, C, K), kalsium, zat besi, potasium, serta kandungan baik lainnya. Semua ini dapat menopang energi pada tubuh saat kamu sahur.

 

Untuk gigi dan mulut, kurma juga bagus kok. Meski rasanya manis, tapi kandungan gulanya termasuk gula alami dari buah yang nggak bakal ngerusak gigi kamu.

 

Selain makanan, dukung juga dengan asuransi gigi terbaik

Buat lindungin gigi, dukung juga dengan asuransi gigi terbaik buat kamu dan keluarga. Asuransi gigi terbaik ini juga bebas pilih perlindungannya. Bisa untuk kamu sendiri (individu) atau keluarga.

 

Asuransi gigi terbaik biasanya kerja sama dengan rumah sakit (RS) atau klinik rekanan. Kamu bisa cek RS rekanannya di sini. Kini, juga nyediain fasilitas transaksi cashless. Beli di sini ya!

 

Dapetin manfaat perawatan gigi, pembersihan karang gigi, perawatan gigi akibat kecelakaan, pencabutan gigi, hingga konsultasi gigi yuk! Follow Instagram @jagadiri_id juga ya! Stay tuned terus, gaes!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square