Article

6 Tips Pilih Asuransi Covid Murah selama Pandemi

12:27, 22 September 2021

Sept 2021 01

Mau Tau?

Asuransi COVID murah menjadi pilihan saat pandemi belum usai. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatiin sebelum beli produk asuransi COVID murah. Apa sih tujuannya? 


Dikutip dari Kontan, kamu perlu perhatiin hal-hal tertentu sebelum beli produk asuransi COVID murah. Tujuannya agar kamu bisa analisis risiko dan dampak secara finansial. 


Dari segi risiko penyakit, COVID-19 akan terus terjadi dan menjangkiti ratusan juta penduduk Indonesia. Penyebaran virusnya bisa tambah jika ada orang tanpa gejala (OTG) sebagai pembawa virus (carrier). Ketika kamu sering ketemu atau kontak sama pasien OTG, risikonya bakal lebih tinggi. 


Belum lagi kalo kamu punya penyakit bawaan (komorbid), sehingga membuat potensi penularan COVID-19 lebih besar. 


Nah, gimana dengan dampak finansialnya? Tertular penyakit COVID-19 bakal nambah biaya pengobatan, biaya isolasi mandiri, dan sejenisnya. 


Lalu, gimana cara milih asuransi COVID murah yang sesuai kebutuhan kamu? 


Cara milih asuransi COVID murah sesuai kebutuhan

1. Pastiin produknya nawarin manfaat (benefit)

Punya asuransi COVID murah bisa dibilang seperti punya jaring pengaman atau safety net. Namun, kamu tetep perlu perhatiin benefit atau manfaat yang ditawarin produk asuransi. 

Umumnya, kamu cek santunannya, baik itu santunan harian atau santunan sekaligus.

Ngomongin soal penggantian biaya di benefit, seharusnya ini ditanggung negara. Karena itu, pastiin ada benefit tambahan jika kamu terdiagnosa COVID-19. 

 

2. Pilih perusahaan yang udah nerapin pelayanan digital

Nah, ngobrolin soal produk keuangan digital, sekarang udah mulai banyak bertebaran di Indonesia. Salah satunya JAGADIRI, daftar lewat website aja, akun dan polisnya langsung jadi. 

Kenapa perlu layanan digital? Sebabnya, pandemi COVID-19 ini membuat kita bergerak secara terbatas. Mau keluar, ragu. Di rumah terus, suntuk. Iya kan? 

Nah, layanan digital memudahkan kamu untuk ngurus dokumen asuransi. Kamu cukup berkomunikasi lewat Customer Service JAGADIRI, email, Whatsapp, Instagram, Facebook atau Twitter-nya. 

 

3. Tinjau rekam jejak perusahaan

Rekam jejak perusahaan asuransi juga harus kamu cek. Paling mudah, kamu bisa cek lewat Google Review yang tampil di Google Maps. 

Nggak hanya itu, kamu juga bisa cek gimana pelayanannya serta pengurusan klaim. Cara ini bisa kamu jadiin sebagai pertimbangan sebelum beli produk asuransi COVID murah. 

 

4. Cek juga kesehatan perusahaan asuransinya

Ternyata, asuransi juga punya loh indikator sehat atau nggaknya sebuah perusahaan. Nama indikatornya adalah Risk Based Capital (RBC). 

Dikutip dari CNBC Indonesia, punya satu asuransi aja sudah cukup, asalkan RBC perusahaan asuransinya sehat. Berapa sih nilai RBC yang sehat? 

Menurut standar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai RBC perusahaan asuransi yang sehat adalah 120 persen. Angka ini tampak pada laporan keuangan perusahaan. Jadimin rangkum dari laman Kontan, jika angkanya di atas 120 persen, maka perusahaan asuransi tersebut masuk kategori sehat dan mampu bayar klaim. 

 

5. Hitung besaran uang pertanggungannya

Masih banyak orang beranggapan, punya asuransi lebih banyak, lebih bagus. Artinya, seseorang butuh banyak jenis asuransi agar proteksinya maksimal dan uang pertanggungannya cukup. 

Padahal, punya satu atau dua asuransi udah cukup. Selain bantu kamu untuk fokus ke bayar preminya, juga gampang ngontrolnya. Pilihannya, bisa punya satu asuransi swasta dan BPJS Kesehatan. 

Karenanya, pastiin asuransi yang kamu pilih punya uang pertanggungan besar dan cukup menanggung saat sakit. Ini juga berlaku pas kamu milih produk asuransi COVID murah. 

 

6. Sesuai sama bujet kamu

Terakhir, pilih asuransi COVID murah yang sesuai dan pas sama bujet kamu. jadi, di tengah kondisi ekonomi yang turun kayak gini, kamu nggak tergoda milih asuransi dengan bujet besar dari pendapatan kamu. 

Dengan cara ini, kamu tetap terlindungi sama asuransi sekaligus masih bisa menuhin kebutuhan sehari-hari, jalanin hobi, nonton film atau dengerin lagu via streaming dan siapin dana-dana lainnya. 

Btw, semoga kamu bisa ketemu asuransi COVID murah yang tepat ya! Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus. 

 

Sumber: 

https://finansial.bisnis.com/read/20201013/55/1304614/tips-pilih-asuransi-covid-19-perhatikan-tiga-hal-penting-ini 

https://ayobelajarasuransi.id/2020/10/22/risk-based-capital-rbc/ 

https://finansial.bisnis.com/read/20200908/215/1288646/sejumlah-perusahaan-asuransi-miliki-rbc-ribuan-persen-apa-artinya 

https://keuangan.kontan.co.id/news/tips-memilih-produk-asuransi-yang-beri-perlindungan-risiko-covid-19?page=all 

https://www.cnbcindonesia.com/investment/20210819171212-21-269721/ini-cara-memilih-asuransi-yang-tepat-saat-pandemi-covid-19

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square