Article

7 Hal Sepele yang Di-Skip Pesepeda di Jalan

19:06, 11 December 2020

Dec2 15

Kamu Juga Nggak?

Makin hari, jalanan penuh sepeda. Seru banget rasanya bisa gowes sebebasnya. Tapi, jangan lupa share the road biar nggak keserempet kendaraan lain. Tujuh hal sepele ini nih yang sering skip pesepeda.

 

1. Cuek sama alat pelindung

Awal-awal punya sepeda, rasa hype pengen bebas gowes itu wajar ada. Apalagi di masa pandemi gini, sepedaan di jalan itu semacam kebebasan. Kalo udah kayak gini, kamu kelupaan atau skip alat pelindungnya.

 

Alat pelindung sepeda seperti helm, pelindung siku dan lutut, bel, spion, lampu, spakbor, dan sarung tangan nggak cuma hiasan saja. Perlengkapan ini punya fungsi masing-masing.

 

Misalnya helm dan pelindung siku dan lutut yang ngelindungin kamu dari benturan. Ada juga sarung tangan yang cegah kulit telapak lecet dan licin karena keringetan.

 

2. Gowes di tengah jalan

Namanya lagi hype musim sepeda, mungkin kamu skip soal aturan gowesnya. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan, pesepeda wajib pake bahu jalan atau jalur khusus sepeda di bahu jalan.

 

Aturan ini punya manfaat untuk ngelindungin kamu dari bahaya keserempet motor, mobil, dan kendaraan lainnya. Di aturan Permenhub itu juga, kamu mesti share the road alias bagi jalan. Lebih aman kan?

 

3. Sepeda jejer di jalan

Gowes sepeda rasanya makin lengkap kalo jejer dua di jalan. Keliatan couple-an gitu lah. Sayangnya, pengendara motor dan mobil bakal klaksonin kamu. Karena, dianggep nhalangin jalan, khususnya saat kondisi macet atau ukuran jalan yang sempit.

 

Karena itu, kamu perlu perhatiin waktu yang tepat untuk jejer di jalan. Jalanan yang lapang ngemudahin gowes sepeda. Masih ada jarak aman untuk nepi di pinggir jalan juga.

 

Jadi, nggak apa-apa kan pas diklakson mobil atau motor?

 

4. Sepeda ditarik motor biar kencang

Kalo yang satu ini, terjadi di berbagai tempat. Waktu kecil, mungkin kamu seneng ngerasain sepeda kencang karena ditarik atau dampingan sama motor. Sekarang? Nggak lagi deh!

 

Sepeda yang ditarik kendaraan lain, misalnya motor, bikin kecepatan sepeda nggak kekontrol. Walaupun kamu nggak ngayuh, bisa aja si supir motor rem mendadak. Kamu jadi kelabakan deh ngerem sepedanya.

 

Kalo gini, kecelakaan sepeda nggak bisa dihindarin. Gara-gara kesalahan sendiri sih. Makanya, Permenhub No. 59 Tahun 2020 juga netapin ini sebagai larangan saat sepedaan. Rugi kan kalo kamu kecelakaan karena ceroboh dan kerepotan karena nggak ditanggung perlindungan asuransi jiwa terbaik?

 

5. Main gadget saat sepedaan

Aktivitas sepedaan butuh keseimbangan dan fokus loh gaes. Salah-salah, malah jatuh dan keseleo. Termasuk main gadget saat sepedaan. Entah itu sambil Youtube-an atau bales-bales chat. Bisa berenti dulu di pinggir jalan kan?

 

Oh iya, untuk kamu yang doyan dengerin musik sambil pake headset atau earphone, pastiin volume suaranya nggak lebih besar dari lingkungan jalan kamu. Supaya kamu lebih waspada dan responsif pas diklakson atau disalip.

 

6. Pake payung saat gowes

Gowesan model gini bikin pesepeda butuh konsentrasi ekstra biar seimbang. Sekali angin kencang papasan sama sepeda kamu, kamu bakal oleng atau jatuh.

 

Jadimin pernah nemu temen yang nekat sepedaan sambil pake payung. Temen kamu pernah juga nggak?

 

7. Nggak pakai alas kaki

Plis deh, Teman JAGADIRI udah masuk usia dewasa kan? Masa iya gowesan ke luar rumah nggak pake alas kaki? Insecure nggak sih pergi-pergi keluar dan nggak pakai sendal atau sepatu?

 

Dari tujuh poin di atas, masih banyak lagi yang di-skip sama pesepeda pemula. Biar aman, emang perlu ada aturan keselamatan biar jiwa terlindungi.

 

Nggak sengaja ditabrak, asuransi jiwa terbaik yang lindungin

Bakal beda ceritanya kalo kamu ditabrak kendaraan lain saat gowesan. Kamu yang udah gowes di jalur khusus sepeda atau bahu jalan, punya perlengkapan sepeda, dan aware, bisa banget klaim perlindungan asuransi jiwa terbaik gara-gara kecelakaan.

 

Sekalinya klaim asuransi jiwa terbaik karena kecelakaan saat gowes, kamu bakal dapet:

a. Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan*,

b. Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan,

c. Bonus premi kembali untuk masa asuransi 5 tahun dan 7 tahun,

d. Layanan bantuan 24/7,

e. Diskon dari merchant terpilih se-Indonesia*. Gowes keliling Indonesia sambil dilindungin asuransi jiwa terbaik, siapa tau kamu ketemu merchants-nya kan?

 

Tetep jaga keselamatan pas gowesan ya gaes!

 

Oh iya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1