Article

7 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Bagus

13:31, 11 November 2020

Nov 01

Bisa Dicoba Dari Sekarang Loh!

Kamu pernah nggak ngerasain manfaat-manfaat asuransi kesehatan yang bagus? Secara umum, 7 manfaat ini yang bisa kamu dapetin dari asuransi kesehatan.

 

Jadi tenang kalo kesehatan udah ter-cover

Masih kerja dan produktif, mungkin udah jadi beban. Pulang-pulang bikin pusing nggak sih? Ditambah kondisi pandemi yang bikin kamu kuat-kuatin nerapin protokol kesehatan. Kalo gitu, urusan kesehatan cukup dipermudah aja biar tenang.

 

Beberapa asuransi kesehatan yang bagus juga nanggung perlindungan jiwa. Nah, karena sifatnya perlindungan dobel, nggak heran nih produk itu juga cover penyakit-penyakit kritis. Salah satunya penyakit COVID-19.

 

Lagi sakit, bisa ke RS atau klinik deket rumah

Umumnya, asuransi kesehatan yang bagus punya jaringan rumah sakit (RS) atau klinik rekanan yang luas. Bahkan, bisa dijangkau deket rumah kamu.

 

Dengan manfaat ini, kamu juga nggak perlu khawatir nyari-nyari RS atau klinik di luar kota. Soalnya, perusahaan asuransi pilihan kamu udah nge-list mitra rekanannya. Ceki-ceki informasi lebih lengkap di situs asuransi yang kamu pilih ya!

 

Kelupaan nggak bawa tunai, bisa transaksi cashless

Mayoritas asuransi kesehatan yang bagus nyediain manfaat transaksi cashless. Fasilitas ini ngemudahin kamu dari segi pembayaran di RS atau klinik rekanan. Nah, gimana sih sistemnya?

 

Jadi, pihak asuransi bakal ngasih kamu kartu anggota. Tandanya, kamu udah jadi member atau teman spesial di sana. Kartu anggota ini digunain sebagai syarat untuk dapetin potongan biaya atau biaya perawatan gratis yang ditanggung pihak asuransi.

 

Nah, pas di rumah sakit, kamu nggak bayar biaya apa pun berkat kartu anggota. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang lupa bawa uang tunai atau nggak sempat narik uang tunai di ATM.

 

Dapet santunan dan ditanggung asuransi kesehatan

Biasanya, santunan dari asuransi kesehatan yang bagus itu cukup familiar buat masyarakat. Misalnya, santunan harian rawat inap dan santunan meninggal dunia. Santunan kayak gini berlaku untuk sakit atau kecelakaan.

 

Tapi, ada syarat dan ketentuan berlakunya, gaes. Kamu perlu perhatiin juga isi e-polis yang tertera di asuransi kesehatan kamu. Pelajarin cara klaimnya dan perhatiin masa tunggunya ya!

 

Masa tunggu singkat

Ngomongin soal masa tunggu itu semuanya jelas tercantum di e-polis asuransi kesehatan kamu. Tapi, asuransi kesehatan yang bagus bakal ngasih masa tunggu yang singkat. Supaya, kamu lebih cepat klaim setelah ngelewatin masa tunggu itu.

 

Fyi, rata-rata masa tunggu yang umum di asuransi kesehatan sekitar 30 hari – 365 hari ya gaes. Masa tunggu singkat kayak 30 hari – 90 hari, bisa dijadiin pilihan kamu.

 

Disediain fasilitas pengembalian premi

Banyak orang yang nganggep kalo punya asuransi itu sebagai bentuk investasi. Ketika kamu diminta untuk bayar premi, preminya justru hangus karena kamu nggak pernah klaim.  Akhirnya, kamu ngerasa dirugiin deh.

 

Padahal, fasilitas pengembalian premi emang ada. Tapi, ada syarat dan aturannya dan ada persentasenya sendiri. Misalnya kayak fasilitas pengembalian premi 50%. Kamu bisa dapet manfaat ini kalau polis kamu tetap berlaku kalau nggak batal atau minta pembatalan sebelum masa pertanggungan berakhir.

 

Apa sih syaratnya? Katakanlah asuransi kesehatan yang bagus pilihan kamu punya masa pertanggungan tiap akhir tahun ke-3. Setelah premi udah kamu bayarin selama 3 tahun, baru deh premi dikembaliin 50% dari total yang dibayar selama jangka waktu itu.

 

Minim risiko investasi

Ada loh gaes asuransi kesehatan yang ngelibatin investasi. Biasanya disebut asuransi unitlink.

 

Sebisa mungkin, usahain punya asuransi kesehatan murni yah. Biar kamu nggak perlu bayar fee pengelolaan investasi dan harus beli asuransi jiwa lagi. Jadi minim risiko investasi dan nggak bolak-balik kan?

 

Nah, itulah 7 manfaat asuransi kesehatan yang bisa kamu coba. Tetap cermatin dan pelajarin isi polis digital kamu ya! Pilih yang bereputasi baik supaya aman dan tenang. Selamat mencoba!

 

Oh iya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square