News

Suka Ngemil dan Banyak Duduk?

16:44, 7 September 2020

Sept 2020 3 04

Kurangi Konsumsi 12 Mamin Kolesterol Ini Yuk!

Hobi ngemil? Apalagi untuk penderita GERD dan maag, disaranin banget. Tapiii, 12 makanan berkolesterol tinggi ini ngaruh ke kebuncitan, kemageran, dan kesehatan tubuh. Makanan-minuman (mamin) surga duniawi ini perlu dibatasi gaes!

 

1. Alkohol

No offense, walaupun bikin kobam dan blak-blakan pas ngumpul, ternyata alkohol dan turunannya bisa ningkatin tekanan darah dan lemak jahat dalam darah. Makanya, ada regulasi soal konsumsi alkohol harian.

Misalnya, konsumsi alkohol pria sebesar 45 gr/hari dan wanita sebesar 30 gr/hari. Lewat dari itu, hati-hati aja dah sama risiko jantung dan gula tinggi. Konsumsi sewajarnya dan responsible yaa!

 

2. Daging olahan

Daging olahan kayak sosis, daging asap, nugget, ham, steak atau bacon emang enak luar biasa. Ditabur bumbu, ngeresapnya sampe ke ubun-ubun! Sayangnya, daging ginian micu kolesterol tinggi. Apalagi kalo dikonsumsi rebahan. Ngerasa tiba-tiba pusing, pernah?

Itu karena daging olahan berkadar lemak dan kolesterol tinggi. Kayak sepotong daging sapi tanpa lemak aja, ada 300 mg kolesterol. Belum lagi kalau diolah jadi steak, dipanggang, dibakar, atau digoreng,

Biar aman, ganti ke daging rendah lemak dan kolesterol. Misalnya domba atau sapi tanpa lemak kayak daging perut sapi (beef flank). Kandungannya sekitar 100-150 mg aja.

 

3. Daging bebek

Kuliner bebek nggak ada habisnya! Dari yang digoreng, dibakar, dipanggang, sampe digulai santan. Endeus parah lah. Cuma gini, pernah dengar kan kalau salah olah daging bebek bikin anyir? Anyir itu asalnya dari lemak-lemak si bebek yang kaya kolesterol.

Porsi 100 gr daging bebek aja ada 80 mg kolesterol. Beda sama ayam yang 60 mg aja. Solusinya, buang deh kulit bebek pas dimasak. Lumayan buat ngurangin kolesterolnya.

 

4. Fast food

Dari zaman fast food dulu sampe sekarang, makanan ini selalu bikin nagih. Selain bikin kantong jebol karena mecin, juga biaya perawatan rumah sakit untuk nanganin penyakit jantung, stroke, gula, dan hipertensi. Kasian amat ya makan aja sampe sakit :(

Jelas, karena fast food diproses serba cepat. Dari segi bahan, dagingnya dipilih yang disuntik khusus. Itulah kenapa dagingnya pada tebal-tebal dan crunchy. Ditambah lagi dengan minyak goreng super panas, biar blend dan renyah. Jangan lupa, bumbu mecinnya luar biasa, nggak tau tuh segimana takarannya.

Inget kata mama waktu kamu kecil tentang pengawet, garam, dan gula sintetis di fast food.  Keripik, kue-kuean, biskuit, burger, kentang goreng, pizza, dan turunannya juga termasuk larangan mama. Sekali lahap pizza rame-rame aja, kamu dan segeng udah nelan 85-180 mg kolesterol kali.

 

5. Gorengan

Nggak ada pilihan cemilan selain gorengan. Kalau ada abang gorengan nangkring, tinggal mampir aja beli sebungkus. Sebungkus nggak cukup kalau isinya cuma tahu, singkong, dan bakwan doang.

Kebanyakan makan gorengan bikin batuk dan radang, juga ningkatin kolesterol. Cek deh teman kantor atau kuliah kamu yang suka pusing selesai ngemil gorengan. Tandanya, kadar lemak jenuh di tubuh udah meningkat sejak gigitan pertama. Minyaknya itu lho!

Cepat-cepat netralin sama air putih!

 

6. Jeroan dan kulit

Usus goreng, tongseng, otak-otak, hati, babat, paru, dan kulit emang mantap jadi lauk dan cemilan. Tapii, kaya asam urat dan kolesterol tinggi. Habis makan tiba-tiba kebas dan pegel? Nah itu asam urat.

Perhatiin juga cara ngolahnya. Apalagi udah ditambahin santan, cucok deh itu kolesterolnya.

 

7. Krim kocok

Kue ultah teman kerja nggak artsy tanpa krim kocok (whipped cream). Minuman manis hits dan kopi juga pake ini. Eh tapi, krim kocok juga kolesterol lho!

Misal kue ultah butuh 100 gram krim, kira-kira ada 111 mg kolesterol yang ngelebihin 37 persen kebutuhan kolesterol harian kamu. Kayak apa manisnya?

 

8. Makanan berlemak dan santan

Ini mah pasti bikin kolesterol tinggi. Di situs-situs edukasi kesehatan, selalu bilang deh makanan ginian sumber kolesterol. Tapi kamu sering lupa karena enak, tampilannya oke, ngerasa masih muda, dan nggak kepikiran asuransi jiwa yang bagus (karena nggak bakal sakit aneh-aneh).

Jadimin cuma mau ngingetin aja. Habis makan lemak dan santan, banyak minum air putih. Banyakin olahraga biar mereka keluar jadi keringat. Udah itu aja.

 

9. Makanan manis dan asin

Jangan salah, makanan manis dan asin juga berkolesterol dan gula tinggi. Misalnya sesederhana minuman berenergi, soda, permen, atau kue kering. Rata-rata ditambahin gula sintetis bikin buncit.

Makanan asin macam kerupuk mecin, kacang asin, crackers pun gitu. Coba deh sesekali lihat kadar gula, natrium, sodium, dan karbo di bungkus belakang. Bandingin sama kebutuhan yang direkomendasiin pakar. 

 

10. Mentega

Sekelas telur dadar pake mentega atau roti kukus mentega aja kolesterol. Makanya, mama kamu sering bilang “jangan banyak-banyak menteganya!”. Bukan hemat, tapi pas dimasak bakal jadi minyak juga.

Seratus gram mentega aja mengandung 215 mg kolesterol. Kebutuhan kamu cuma 72 persen dari itu.

 

11. Olahan susu

Es krim, chocolate mousse, keju dan yogurt olahan juga berkolesterol dan lemak tinggi. Untungnya sih, ada yang rendah lemak. Seenggaknya, kamu bisa lah selektif sama produk olahan susu ini.

 

12. Seafood

Makanan laut atau seafood, sebenarnya bernutrisi kayak protein dan vitamin D. Tapi kalau kebanyakan, nggak sehat gaes.

Udang, lobster, kepiting, dan kerang, enak semua kan? Seratus gram lobster aja 70 mg kolesterol. Apa kabar kebutuhan kolesterol kamu?

 

Masih muda, bebas lah makan minum semuanya. Tapi jangan sampe bablas dan lupa jaga diri. Udah nyiapin asuransi jiwa yang bagus belum pas kamu mendadak tumbang di rumah sakit? Sayang kan kalau sebagian gaji habis gegara over-kolesterol?

Kolesterol aslinya bagus kok buat metabolisme tubuh. Khususnya buat perkembangan hormon. Asal, dilindungi juga sama asuransi jiwa yang bagus, bolehlah kolesterol dikonsumsi secukupnya. Inget! Makan buat hidup. Asuransi jiwa yang bagus buat berlindung.

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square