Article

Asuransi Motor Murah Plus Kunci Motor

11:33, 5 February 2021

Jan 2021 04

Bakal Dobel Aman Nggak Ya?

Dengan kunci motor aja, yakin motor kamu bakal aman? Tambahin juga dengan asuransi motor murah dan terbaik pilihan kamu. Yuk ceki-ceki, seberapa aman sih?

 

Sekilas tentang asuransi motor

Jika asuransi kendaraan dikenal sebagai asuransi mobil, maka sekarang kamu juga bisa lindungin motor kamu dengan asuransi motor.

 

Jalanan makin hari makin padet, inilah yang bikin kamu penasaran, gimana ya cara lindunginnya? Udah lindungin dengan kunci motor plus gembok cakram, rasanya nggak cukup. Khususnya kalo ada kasus kehilangan, kecelakaan, atau pencurian motor.

 

Di sinilah asuransi bekerja. Umumnya asuransi motor punya bentuk perlindungan komprehensif (comprehensive) dan sebagian (total loss only; TLO). Manfaatnya juga beragam, mulai dari:

- Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan

- Santunan cacat tetap akibat kecelakaan

- Santunan biaya perawatan/pengobatan akibat kecelakaan

- Hingga santunan transportasi yang bakal nanggung kehilangan, kerusakan total konstruktif, dan kerusakan sebagian.

 

Jadi, masih yakin kalo kunci motor aja cukup buat amanin? Coba deh amatin yang sering terjadi di sekitar kamu.

 

1. Kunci motor bisa aja ilang, kalo asuransi?

Salah satu kecerobohan yang sering dialami pengendara motor: kunci hilang. Bisa aja gara-gara lupa naruh di mana, jatuh, atau keselip. Wajar kok.

 

Sekali kunci hilang, kamu bakal kelabakan. Gimana mau starter motornya ya? Apalagi kalo motor kamu ada tutup magnet kunci motor. Mikir keras deh cara bukanya.  

 

Beda ceritanya dengan asuransi motor. Motor kamu hilang, asuransi deh yang nanggung. Bahkan ketika motor hilang akibat dibegal atau kecelakaan yang diikuti cedera tubuh, juga ditanggung gaes.

 

2. Tutupan kunci motor sering macet, pernah alami ini?

Kamu lagi buru-buru pergi dari suatu tempat. Lokasinya agak sepi atau udah larut malam. Kondisi ini yang bikin maling beraksi. Apalagi kalo dia tau kamu panik pas nggak bisa buka tutupan kunci.

 

Tawaran bantuan yang kamu anggap rezeki, malah jadi nyebelin!

 

Nah asuransi motor terbaik bakal lindungin bahkan dengan kondisi kayak gini.

 

3. Mau duplikat kunci motor, tapi kok kayak nggak sreg ya?

Usai beli motor baru, pihak dealer akan beri kamu dua kunci. Satu kunci yang bakal kamu pake sehari-hari, satunya lagi kunci cadangan. Nggak ada salahnya kok ketika kamu mau duplikat kunci motor lagi. Jadi totalnya ada tiga.

 

Umumnya, rentang harga duplikat kunci sekitaran Rp 15 ribu - Rp 2 juta. Tergantung tingkat kesulitan, jenis kendaraan, hingga asal negara yang produksi kendaraan.

 

Meski begitu, ada kok asuransi motor murah yang bikin kamu hemat, Rp 13 ribu aja. Dibanding duplikatin kunci dengan harga segitu, gimana kalo ditunda dulu sampe bener-bener butuh?

 

4. Fitur keyless di motor juga belum tentu aman

Akhir-akhir ini, perusahaan motor keluarin fitur keyless. Tujuannya sih biar pengendara nggak perlu colok dan cabut kunci lagi. Udah gitu, lebih praktis saat nyari motor pas kamu lupa. Ada bunyi beep seperti mobil gitu.

 

Namun, namanya fitur canggih juga belum tentu aman. Ada beberapa kasus begal motor yang pake keyless ini. Caranya, nge-hack sinyal radio yang ada di kunci elektronik. Dengan bantuan perangkat RFID (radio frequency identification), perangkat ini dijual bebas di toko online.

 

Serem ya?

 

5. Apa pun kunci dan jenis motornya, yuk lindungin dari sekarang!

Mau motor klasik atau motor canggih, semua sama-sama dilindungin asuransi motor terbaik kok. Apalagi kalo motor kamu sudah umur 5 tahun lebih.

 

Udah banyak asuransi motor murah yang bikin kamu dan motor kamu sama-sama aman. Btw sebelum beli, ceki-ceki isi polisnya juga ya supaya gampang klaim.

 

Jadi, ketauan kan kalo dobel proteksi dengan asuransi dan kunci motor jadi tambah aman?

 

Oh iya, artikel ini terinspirasi dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square