Article

5 Tahun atau 7 Tahun?

13:21, 27 March 2021

Mar 2021 10

Mending Pilih Mana?

Dalam asuransi jiwa yang bagus, biasanya bakal jelasin masa pertanggungan di polis. Biar kamu bisa prediksi sampe usia berapa asuransi bakal proteksi. Nah, kalo dikasih pilihan, mending masa pertanggungan 5 tahun atau 7 tahun ya? Yuk bahas bareng!

 

Seputar masa pertanggungan asuransi

Seperti yang udah Jadimin sebutin, masa pertanggungan asuransi berfungsi sebagai timeline yang ngingetin kamu sampe usia berapa asuransi ngasih proteksi.

 

Masa pertanggungan ini macem-macem gaes. Ada yang 5 tahun, 7 tahun, 10 tahun hingga 15-20 tahun. Tergantung produk asuransi jiwa terbaik yang kamu pilih. Tapi karena pilihannya banyak, kadang kamu ngerasa bingung. Mana sih yang lebih banyak benefit-nya?

 

Masa pertanggungan termasuk manfaat asuransi gaes

Nah ternyata, dengan banyaknya variasi masa pertanggungan, bikin kamu lebih bebas untuk nentuin waktu yang tepat. Dibarengin dengan benefit atau manfaat tertentu, kamu bakal lebih bisa maksimalin manfaat-manfaat asuransinya.

 

a. Kalo masa pertanggungan 5 tahun, dapet apa?

Let’s say kamu milih Jaga Jiwa Xtra dengan masa pertanggungan 5 tahun. Nah, manfaat atau benefit yang kamu dapetin yakni premi kembali sebesar 100% kalo nggak ada klaim. Ini loh yang termasuk no claim bonus dan kamu berhak klaim sebagai manfaat asuransi.

 

b. Masa pertanggungan 7 tahun, gimana?

Sementara itu, kalo kamu milih Jaga Jiwa Xtra dengan masa pertanggungan 7 tahun, kamu juga dapet manfaat atau benefit-nya. Manfaatnya yakni premi kembali juga, sebesar 110% kalo nggak ada klaim. Ini pun juga termasuk no claim bonus yang bisa diajuin.

 

c. Menarik! Pengen klaim ah...

Eits, tunggu dulu. Wajar kok kalo kamu tertarik sama benefit-nya. Apalagi masih umum anggapan “asuransi bisa balikin duit dan tambah untung”. Seharusnya sih, nggak gitu juga ya gaes.

 

Jadi, manfaat asuransi yang Jadimin sebutin itu punya syarat dan ketentuan di polis. Misalnya untuk masa pertanggungan 5 tahun, syaratnya gini:

 

Sepanjang tidak terjadi klaim dalam masa asuransi dan Polis masih berlaku, di akhir tahun ke-5 (lima) Pemegang Polis berhak atas pengembalian premi maksimum sebesar 100% (seratus persen) dari total premi yang dibayarkan selama periode tersebut dan selanjutnya pertanggungan asuransi berakhir.”

 

Artinya, kalo kamu punya jangka waktu 5 tahun dan nggak ada klaim apa pun selama periode itu, kamu berhak dapet premi kembali dari total yang udah kamu bayar.

 

Gitu juga dengan asuransi jiwa yang bagus dengan masa pertanggungan 7 tahun. Bunyi pasal (klausul) di polis hampir mirip kayak gini:

 

“Sepanjang tidak terjadi klaim dalam masa asuransi dan Polis masih berlaku, di akhir tahun ke-7 (tujuh) Pemegang Polis berhak atas pengembalian premi maksimum sebesar 110% (seratus sepuluh persen) dari total premi yang dibayarkan selama periode tersebut dan selanjutnya pertanggungan asuransi berakhir.”

 

c. Meski tulisan di polis kecil-kecil...

Kamu boleh banget ulik sampe habis biar kamu makin tau manfaat apa aja yang bisa diajuin dengan asuransi jiwa terbaik yang dipilih. Jadi, kamu nggak cuma andelin benefit premi kembali aja.

 

Sst, siapa tau kamu bisa pake merchant discount yang kerjasama bareng asuransi yang kamu pilih.

 

Dari masa pertanggungan, kamu belajar...

Jangka waktu perlindungan yang diberi asuransi ke kamu itu banyaaak pilihannya. Bukan untuk ngetes biar makin galau, tapi untuk nyesuain sama kebutuhan kamu. Masa pertanggungan 3 jam? Ada dong! Nah itu juga ditentuin sesuai sama risiko dan kemampuan bayar kamu.

 

Jadi, mending pilih 5 tahun atau 7 tahun nih, Jadimin?

Kalo dari Jadimin sih, lebih baik kenali dulu risiko dan kemampuan bayar kamu. Selanjutnya, bakal nyusul deh lain-lainnya. Baik itu masa pertanggungan, biaya premi, manfaat pertanggungan, dan lain-lain.

 

So, makin kenal sama kebutuhan dan diri sendiri, bakal makin sayang dan ngerti deh pilihan asuransi jiwa terbaik dan bagus. Follow juga Instagram @jagadiri_id biar belajar bareng-bareng. Yuk cek selengkapnya disini!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square