Article

Bikin Kulit Ruam

15:23, 4 January 2021

Dec 15

Ini Nih 4 Penyakit yang Perlu Kamu Tandain Sejak Dini

Loh, kok kulit merah bentol gini ya? Digaruk, gatel. Dipencet, nggak hilang. Ruam-ruam apa nih? Jadimin rangkum 4 penyakit yang bikin kulit ruam-ruam serta penyebabnya.

 

1. Cacar air

Cacar air (varicella) itu penyakit yang dialami banyak orang. Penyebabnya karena virus Varicella zoster. Gejalanya:

- Bentol-bentol atau ruam di perut atau punggung

- Demam

- Pusing

- Lemas

- Kadang disertain nyeri tenggorokan.

 

Ngeri juga ya, bentol aja bisa bikin demam. Selain virus, cacar air nular lewat percikan ludah dan kontak langsung sama cairan dari ruamnya. Penyebab lainnya:

- Belum dapet imunisasi cacar air

- Belum nerima vaksin cacar air (vaksin varicella), khususnya untuk ibu hamil

- Kerja di tempat umum dan kontak sama orang

 

Cacar air gampang nular ke anak-anak di bawah usia 12 tahun. Tapi, ada juga remaja yang kena. Kamu bisa nih jagain dengan asuransi cacar air terbaik di samping jaga kesehatan.

 

2. Campak

Bikin kulit merah-merah, tapi makin parah. Virus jenis paramyxovirus bikin campak. Virus ini nular lewat saluran pernapasan. Jadi kalo kamu nggak sengaja kehirup atau kontak langsung sama cairan atau droplet penderita, bisa aja kamu ketularan.

 

Benda di sekitar kamu bisa kena dropletnya. Jadi kalo kamu nempelin tangan ke mulut dan hidung, ketularan juga.

 

Gimana sih gejala campak?

- Batuk, pilek, dan demam tinggi

- Muncul bercak keputihan di dalam rongga mulut

- Ruam merah di wajah dan leher bagian atas serta muncul di punggung, tangan, dan kaki

- Ruam kerasa gatel

 

Campak bisa sembuh bertahap. Tapi kalo kamu pengen lebih aman, rawat di rumah sakit rekanan asuransi kesehatan terbaik yang kamu punya. Biar lebih maksimal mulihinnya.

 

Biar aman, daftar yuk vaksin campak dan MMR (vaksin gabungan campak, gondongan, dan rubella) sejak dini. Vaksin ini perlu dijadwalin dari dokter. Jadi, konsultasiin ya gimana baiknya.

 

3. Rubella

Disebabin virus rubella, virus ini nular lewat droplet yang nyebar di udara. Salah satunya dari bersin dan batuk.

 

Gejalanya itu ruam merah dan demam. Tapiii, kalo nyerang ibu yang rencanain kehamilan atau lagi hamil, bisa nyebabin kematian atau cacat lahir janin (Congenital Rubella Syndrome).

 

Rubella juga nyebabin komplikasi. Tepatnya diare, infeksi telinga, radang otak, sampe radang paru (pneumonia). Serem ya?

 

Yuk cegah rubella dari sekarang dengan vaksin MR (Measles Rubella)! Vaksin ini sepaket sama vaksin campak dan rubella. Maksimalin imunisasinya yaa!

 

4. HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease)

Penyakit terakhir flu singapura. Sebenernya bukan dari Singapura sih. Soalnya, kejadian luar biasa (KLB) itu ada di Toronto, Kanada. Terus nyebar ke negara lain, termasuk ke Singapura dan Indonesia. Di Singapura, flu ini bikin lonjakan kasus di tahun 2009.

 

Mungkin kamu lebih kenal sama flu singapura soalnya sempat booming. Padahal, sebutannya HFMD (hand, foot, and mouth disease) atau Penyakit Kaki Tangan dan Mulut (KTM).

 

HFMD nyerang anak-anak dan dewasa karena infeksi virus Coxsackievirus A16, Coxsackievirus A6 dan Enterovirus 71 yang nyebar lewat udara. Virusnya hidup di cairan hidung dan tenggorokan, air liur dan tinja. Gejalanya?

- Demam tinggi

- Sariawan yang nyeri di lidah, gusi, dan pipi bagian dalam.

- Sakit tenggorokan

- Nafsu makan kurang

- Ruam merah, tapi nggak gatel. Kadang ada lepuhan di telapak tangan, telapak kaki, dan bokong

 

HFMD bisa disembuhin dengan resep obat dari dokter. Eits, kamu juga harus sigap periksa ke dokter biar nggak nimbulin komplikasi.

 

Yuk terapin gaya hidup sehat!

Gaya hidup sehat ternyata nunjang imun tubuh bebas penyakit di atas. Caranya:

- Cuci tangan sampe bersih habis BAB, ganti popok, nyiapin makanan, dan sebelum makan.

- Bawa alat makan sendiri dan nggak sharing botol minum

- Rutin bersihin benda di rumah, nyuci seprai dan alat makan.

- Perhatiin etika batuk pilek pas kamu deket sama orang lain.

- Jangan lupa vaksin ya gaes!

 

Lindungin diri atau keluarga kamu dengan asuransi kesehatan terbaik

Walaupun bisa sembuh, tapi bisa aja bikin boncos saat rawat inap di rumah sakit. Makanya, yuk bareng-bareng lindungin diri atau keluarga kamu dengan asuransi kesehatan terbaik dan asuransi cacar air terbaik.

 

Ada loh gaes asuransi kesehatan terbaik nanggung penyakit cacar, campak, rubella, HFMD, dan 9 penyakit tropis lainnya. Makin dobel proteksinya.

 

Ohiya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow dan update terus tips cegah penyakit tropis ya!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square