Article

Cara Akses Layanan Home Care Isolasi Mandiri

11:52, 23 September 2021

Sept 2021 21

Gampang Banget!

 

Layanan home care isolasi mandiri dipercaya mampu memudahkan pasien COVID-19. Sebagian rumah sakit udah nyediain layanan ini. Gimana ya cara akses layanan home care ini? 


Layanan home care isolasi mandiri muncul karena faktor keterisian tempat tidur rumah sakit melonjak. Artinya, akan ada risiko ngantre di rumah sakit demi mendapatkan fasilitas rawat inap. 

Nah, layanan ini menjadi solusi buat kamu yang ingin akses fasilitas kesehatan lebih cepat. Cukup di rumah aja, tenaga kesehatan yang datengin kamu. 

 

Fasilitas layanan home care isolasi mandiri

Jadimin rangkum dari berbagai sumber, fasilitas yang disediain layanan home care ini berupa telekonsultasi dokter, layanan suplai vitamin, antigen swab test atau PCR test (home visit), dan pendampingan hingga pulih dari COVID-19. 

Ada juga yang nyediain fasilitas kirim obat atau vitamin dengan kurir ke rumah, fogging disinfektan, suntik vitamin, dan pemeriksaan laboratorium. 

Fasilitas layanan home care isolasi mandiri ini tergantung sama platform atau rumah sakit yang nyediain. Secara garis besar, semuanya dilakukan tanpa kontak (contactless), pake fitur instant messaging seperti Whatsapp atau chat lewat aplikasi dan pembayaran via transfer bank atau dompet digital. 

 

Cara akses layanan

Cara akses layanan home care isolasi mandiri berbeda-beda, tergantung pada platform atau rumah sakitnya. Ada yang mengharuskan pengguna untuk daftar akun di aplikasi atau cukup kontak lewat Whatsapp. 

 

Secara umum, cara akses layanan home care isolasi mandiri adalah sebagai berikut. 

1. Hubungi nomor klinik atau RS yang tertera di poster layanan home care

Sebagian besar klinik atau rumah sakit penyedia layanan home care isolasi mandiri nyediain nomor Whatsapp yang bisa dihubungin. Biasanya, mereka posting info tersebut di website, Facebook, atau Instagram. Jadi, kamu bisa kontak mereka secara real time. 

 

2. Ikuti screening awal untuk cek gejala dan kondisi pasien

Setelah ngehubungin nomor yang tersedia, kamu bakal dibantu tenaga kesehatan untuk screening awal. Biasanya sih, kamu akan ditanyain gejala dan kondisi yang dialami. 

Kadang-kadang, kamu juga bakal dimintain surat keterangan positif dari hasil tes PCR. Tujuannya untuk mastiin kalo kamu bener-bener positif COVID-19. 

 

3. Isi formulir pendaftaran

Selanjutnya, isi formulir pendaftaran layanan home care isolasi mandiri. Isi data diri yang tersedia dengan sebenar-benarnya agar tenaga kesehatan mudah jangkau tempat tinggal kamu. 

Oh iya, pengisian formulir pendaftaran ini bisa melalui link online formulir atau dikirim langsung dari admin Whatsapp klinik atau rumah sakit. 
 

 

4. Lengkapin syarat administrasi

Setelah itu, kirim foto KTP atau kartu identitas untuk pembuatan Surat Hasil Pemeriksaan (SHP). 

 

5. Lakukan pembayaran dan kirim bukti transfer

Setelah hasil keluar, admin Whatsapp atau media sosial klinik/rumah sakit bakal kirimin kamu invoice atau nota pembayaran. Lakukan pembayaran ke rekening yang tersedia di nota. Lalu, kirim bukti transfer ke admin. 

 

6. Lanjutin isolasi mandiri di rumah

Nah, dengan akses layanan home care isolasi mandiri di rumah, kamu cukup lanjutin hingga pulih dari COVID-19. 

Manfaatin fasilitas telekonsultasi atau konsultasi dokter lewat Whatsapp. Jika kamu butuh resep obat, pihak klinik atau rumah sakit bakal kirim langsung ke rumah kamu. 

 

Platform layanan home care isolasi mandiri

Lima cara akses layanan home care isolasi mandiri tadi udah Jadimin jabarin secara umum. Untuk kamu yang tinggal di luar Jabodetabek, yuk segera akses layanan ini ke rumah sakit atau klinik terdekat. 

Nah, buat kamu yang masih tinggal di Jabodetabek, kamu juga bisa akses 11 platform yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, yakni: Alodokter, Getwell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, Klikdokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. 

Udah siap isolasi mandiri di rumah? Yuk akses segera dan pastiin kamu juga punya perlindungan asuransi kesehatan online yang bisa lindungin anggota keluarga. Cukup daftar di website JAGADIRI, akun dan polis kamu langsung aktif deh!

*Syarat dan Ketentuan Berlaku.

 

Follow Instagram @jagadiri_id biar kamu stay update. Semoga lekas sembuh, Teman JAGADIRI! 

 

Sumber:

https://www.alinea.id/bisnis/nyaman-isolasi-mandiri-ala-homecare-b2c6i94N3 

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210707/5338052/alur-mendapatkan-layanan-telemedicine-bagi-pasien-isolasi-mandiri/ 

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210626/12/1410258/ada-layanan-homecare-dari-rs-untuk-isolasi-mandiri-covid-19-simak-biayanya 

https://www.fimela.com/lifestyle/read/4325004/layanan-kesehatan-homecare-mempermudah-pemeriksaan-pasien-penyakit-kronis-di-tengah-pandemi-covid-19 

https://rsud.tulungagung.go.id/isolasi-mandiri-di-rumah-jangan-khawatir-dengan-layanan-home-care-nakes-kami-siap-melayani-ke-rumah-anda/ 

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square