Article

Cara Mengatasi Asam Lambung Pas Puasa

10:01, 3 May 2021

Mei 2021 04

Tim Maag dan GERD, MERAPAAT!

Banyak cara mengatasi asam lambung selama puasa Ramadan. Tapi, sebenernya gimana sih biar tetep puasa dengan aman tanpa konsumsi obat maag? Khususnya, buat Teman JAGADIRI yang menderita maag atau GERD. Kamu bisa coba 6 cara ini. Yuk scroll kebawah!

 

1. Tidur setelah sahur? No, no, melek bentar ya!

Usai sahur, perut kamu masih ngolah makanan dan minuman yang masuk. Lambung baru kosong 2-4 jam setelah sahur. Apa yang terjadi ketika kamu langsung tidur setelah sahur?

 

Ketika tidur, makanan dan minuman yang baru masuk ke lambung bakal naik lagi ke kerongkongan. Naiknya ini bareng sama asam lambung gaes. Saat tidur, oksigen pindah ke lambung biar proses pencernaannya tetep lancar. Tapi, oksigen ini lama-lama bakal berkurang di otak. Pas bangun, tenggorokan kamu kerasa pahit dan agak panas serta badan lemes.

 

Jika kamu terbiasa tidur setelah sahur, kamu bakal mules dan GERD. Untuk GERD, selain gara-gara sering telat makan, juga dari kebiasaan tidur setelah sahur. Soalnya, asam lambung naik ke tenggorokan dan bisa ngerusak selaput lendir tenggorokan.

 

2. Ngantuk? Alihin ke aktivitas lain

Masih nyambung sama poin sebelumnya, kamu perlu melek 1-2 jam setelah sahur. Supaya lambung bisa kerja dengan baik.

 

Kalo ngantuk, alihin ke aktivitas lain. Misalnya mandi, olahraga, belajar, review agenda atau kerjaan, atau sesimpel beberes kamar. Lagi pula, ternyata ada lho anjuran Islam biar kamu melek dari subuh hingga terbitnya matahari. Seperti yang dikatakan ulama Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah ini.

“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu makhluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.” (Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222).

 

“Tidur setelah subuh sangat berbahaya bagi badan karena melemahkan dan merusak badan karena sisa-sisa [metabolisme] yang seharusnya diurai dengan berolahraga/beraktivitas.” (Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222).

 

3. Kalo emang ngantuk berat, coba pake posisi ini

Posisi duduk atau setengah duduk bisa dicoba kalo kamu ngantuk parah usai sahur. Posisi ini bisa dilakuin di kursi atau di tempat tidur.

 

Sebisa mungkin, barengin juga dengan aktivitas lain. Misalnya baca buku yang ringan. Jadi pas nggak sengaja ketiduran, kamu masih bisa melek lagi.

 

4. Stop bentar makanan-minuman pemicu asam lambung

Akhirnya kamu survive juga sampe buka puasa. Selamat ya! Meski kamu punya riwayat maag atau GERD, tapi kamu tetap perlu perhatiin makanan dan minuman yang dikonsumsi. Apa aja?

 

Mulai dari teh yang biasa dihidangin saat buka puasa, baik tawar ataupun manis. Ternyata teh mengandung kafein yang bisa micu asam lambung, meski nggak sekuat kopi. Selain itu, aneka gorengan, cokelat atau keju juga biasa ada saat buka puasa. Padahal, mereka semua juga bisa bikin perut kamu mual atau mules.

 

5. Ganti dengan makanan dan minuman yang aman buat lambung

Kamu bisa coba alternatif hidangan buka puasa seperti lontong isi oncom, sayur, atau ayam. Makanan ini kaya karbohidrat dan protein nabati yang bisa pulihin energi. Inget sunah Nabi Muhammad SAW? Makan tiga biji kurma yang kaya potasium bisa kembaliin fokus kamu setelah puasa seharian.

 

Semangkuk air buah, cincau, puding atau agar-agar, atau bahkan makanan dan minuman khas daerah kamu juga bisa dikonsumsi. Cara mengatasi asam lambung seperti ini bikin pencernaan kamu bakal hepi deh!

 

6. Makan dalam porsi kecil, perlahan, dan sadar

Terakhir, cara mengatasi asam lambung itu nggak hanya didukung menu dan perlakuan kita setelah sahur. Tapi juga cara makan. Jadimin ngerti, pas buka puasa, rasanya pengen ngelahap semua yang ada di depan mata.

 

Masalahnya, perut kamu masih kosong dan perlu “pelapis” untuk netralin asam lambungnya. Caranya, ambil dalam porsi kecil. Kalo ambil dikit-dikit, kamu masih bisa cicip makanan atau minuman lainya.

 

Selain itu, kunyah makanan secara perlahan. Pastiin semuanya udah halus supaya gampang dicerna. Jangan lupa juga, makannya dengan sadar. Karena kalo kebanyakan, nanti kekenyangan dan lupa salat Magribnya.

 

Itulah 6 cara mengatasi asam lambung pas puasa. Buat Teman JAGADIRI yang menderita maag dan GERD, tetap semangat! Lindungin juga kesehatanmu dengan asuransi kesehatan keluarga. Sekeluarga sehat, nggak lagi deh asam lambungnya! Beli di sini biar fit terus puasanya.

 

Follow Instagram @jagadiri_id dan stay tuned terus info ter-update dari Jadimin!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square