Article

Dampak Negatif Bermain Game untuk Orang Dewasa

18:03, 28 October 2021

Resize blog   02. dampak negatif bermain game untuk orang dewasa 1980x1080

Kamu Ngalamin Juga Nggak?

Dampak negatif bermain game juga berlaku buat orang dewasa. Tanda-tandanya mulai dari ketagihan sampe tekor finansial. Waduh! Jadi, harus gimana dong? 


Jadimin share sekilas dampak negatif bermain game, mulai dari tanda-tanda hingga cara ngatasinnya. Yuk scroll untuk lebih lanjut! 

 

Tanda-tanda

Bermula dari seneng main, lama-kelamaan jadi addicted atau ketagihan. Kamu lupa waktu dan cenderung nunda selesain kerjaan atau tugas. 

Terkadang muncul rasa bersalah atau guilty pas kamu udah larut dalam game. Rasa nyesel dan nyalahin diri sendiri malah bikin kamu nggak nyaman. Tapi, kamu malah ngulang lagi di keesokan harinya. 

Selain itu, tubuh kamu cenderung mager dan pengennya rebahan mulu pas main. Kalo kamu main lewat PC, rasanya kursi gaming tuh udah nempel deh. 

 

Tanda-tanda umum ini juga Jadimin alami. Terus, apa aja dampak negatif bermain game untuk orang dewasa? 

 

Dampak negatif bermain game untuk orang dewasa

Dampak negatif bermain game untuk orang dewasa perlu kamu kenali. Tujuannya, agar kamu lebih mudah ngatasinnya. Ada apa aja? 

 

1. Susah nunda keinginan

Dirangkum dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, kamu yang terlanjur kecanduan main game cenderung susah nunda keinginan. Kok bisa? 

Sebabnya, ada bagian otak yang terganggu. Bagian otak ini namanya pre-frontal cortex, perannya untuk musatin perhatian atau focus, ngerencanain dan ekseksusi tindakan, dan kemampuan untuk ngebatesin. 

Begitu terpapar game terus-menerus, jadinya otak susah ngendaliin perilaku impulsif. Soalnya, game didesain untuk bikin pemainnya dapetin reward secara cepat. Nah, otak jadi bilang “harus dapetin sesuatu saat itu juga, kalo nggak, gue marah atau kesel”. 

Kamu pernah nggak ngerasa terburu-buru atau impulsif pas ngelakuin sesuatu pasca beberapa jam main game? 

 

2. Hilang fokus

Fokus dan konsentrasi menjadi kunci untuk jalanin aktivitas. Coba deh bayangin, lagi nugas, terus lupa dan gagal fokus. Akhirnya malah ngehancurin mood dan bikin nggak nyaman.

Ujung-ujungnya, kamu jadi kurang produktif dan prestasi menurun. Buat kamu yang kerja, kira-kira gitu juga, Teman JAGADIRI. Menurut kamu gimana? 

 

3. Nggak nyenyak tidur

Kebanyakan game jaman sekarang udah gampang diakses. Bisa lewat PC, laptop, atau mobile phone (ponsel). Bisa dibawa rebahan, khususnya mobile gaming. Asalkan punya kuota dan sinyal internet kenceng, main deh. 

Sayangnya, pecandu game sering kebablasan. Paparan radiasi dari PC, laptop, atau ponsel bikin mata makin melek. Nggak jadi ngantuk, tapi bikin mata makin lelah. 

Dampaknya, kamu malah kurang tidur, sering ngerasa lelah (fatigue syndrome), dan sistem metabolisme tubuh keganggu. Hayo, kamu pernah nggak tumbang gara-gara main game? 

 

4. Menderita penyakit nggak menular (penyakit degeneratif)

Penyakit nggak menular (penyakit degeneratif) itu kayak penyakit jantung, gagal jantung, dan sejenisnya. Penyakit ini nggak muncul tiba-tiba, melainkan datang karena sebab tertentu. 

Nah, dampak negatif bermain game bisa berupa penyakit nggak menular yang ngintai kamu. Misalnya gagal jantung atau cardiac arrest yang sering terjadi pada pemain game. Tapi, masih bisa di-cover sama asuransi online andalan gamers, Jaga Gamers

Nggak perlu periksa kesehatan, kamu bakal dapet benefit atau manfaat sebesar 100 persen uang pertanggungan kalo terdiagnosa penyakit itu. 

 

Jaga Gamers juga cover dan ngasih proteksi akibat penyakit carpal tunnel syndrome (kelainan pada saraf pergelangan tangan), dan de quervain’s tenosynovitis (peradangan di dasar ibu jari).  

 

5. Mata dan penglihatan keganggu

Pernah ngerasain mata berair atau gatal-gatal pas main game? Nah itu udah menjadi salah satu dampak negatif bermain game. 

Di samping itu, ada lagi efek mata nambah minus, mata lelah, dan parahnya sampe ke penyakit glaukoma (kerusakan saraf mata). 

 

Masih ada kesempatan untuk ngatasinnya

Kalo kamu ngerasain yang Jadimin sebutin, kamu masih bisa batesin main game dan pelan-pelan pulihin penglihatan. Ada Jaga Gamers yang juga ngasih perlindungan pas kamu terdiagnosa glaukoma. Nggak perlu periksa kesehatan, bakal ditanggung 100% kalo terdiagnosa. 

Sst, premi mulai dari Rp10.000,00 aja untuk perlindungan 1 tahun. Beli sekarang! *Syarat dan Ketentuan Berlaku


Ituulah dampak negatif bermain game untuk orang dewasa. Follow Instagaram @jagadiri_id juga yuk!

 

Sumber:

https://hot.liputan6.com/read/4417659/8-cara-atasi-kecanduan-main-game-pada-orang-dewasa-simak-gejalanya

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/penyakit/penyakit-akibat-main-game-online/ 

https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-gamers 

https://www.halodoc.com/artikel/anak-anak-sering-main-game-hati-hati-7-dampak-ini 

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180706/4226605/inilah-dampak-kecanduan-game-online/

 

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1