Article

Doyan Minum Soda?

15:01, 21 January 2021

Jan 2021 28

Ganti Air Putih Aja Yuk!

Minum soda cocok dinikmatin bareng-bareng. Rasanya yang manis bikin ketagihan nambah, tapi sehat nggak sih dikonsumsi tiap hari?

 

Sekilas tentang minuman soda

Ternyata, minuman soda punya jumlah kandungan gula berbeda-beda. Umumnya, sekaleng soda aja ada sekitar 10-15 sendok teh gula atau 32-50 gram. Jumlah ini setara dengan 160 sampai 240 kalori.

 

Padahal, batas konsumsi gula per hari yang direkomendasiin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maksimal 7 sendok teh atau 30 gram. Kalo kelebihan gula, justru ngaruh ke gigi gaes. Apa aja pengaruhnya?

 

Pengaruh minuman soda ke gigi

a. Noda nempel terus

Pernah nggak sih ngerasain gigi kamu lebih gampang kuning atau ada noda, tapi susah dihilangin? Nah itu salah satu pengaruh minuman soda ke gigi kamu. Walau udah disikat, noda tetep nempel di lapisan luar gigi (enamel).

 

b. Enamel gigi jadi terkikis

Selain bikin gigi kena noda, juga ngikis lapisan enamel gigi. Karena, minuman soda mengandung asam dan langsung kontak ke gigi. Hasilnya, gigi kamu lebih sensitif dari biasanya.

 

c. Sst, ada plak di belakang gigi

Minum soda kerasa enak banget di tenggorokan. Sayangnya, cairannya itu loh yang bakal nempel di belakang gigi. Lalu nimbulin plak yang mungkin butuh effort buat dibersihin.

 

d. Nurunin produksi air liur

Btw gaes, minuman soda ternyata punya pH (kadar asam basa gitu) yang rendah. Makanya, habis minum, kamu ngerasa area dalam mulut kering gara-gara produksi air liurnya turun.

 

Oh iya, air liur sebenernya penting banget untuk jaga kelembapan dan cegah bakteri tumbuh di mulut. Air liur juga bisa cegah karies gigi. Kalo udah keseringan minum, bisa aja gigi kamu kena risiko karies.

 

e. Bisa bikin gigi berlubang

Kadang-kadang kalo biasa minum soda, gigi kamu kerasa lebih rapuh bahkan berlubang. Gara-gara enamelnya terkikis, gigi kamu nggak punya pelindung lagi untuk nangkal asam dan gula yang masuk ke rongga mulut.

 

Keterusan minum soda, masih bisa stop nggak ya?

Kandungan gula dalam minuman soda diem-diem bikin kamu ketagihan. Soalnya minuman ini ngerangsang hormon dopamin yang bikin kamu seneng dan kecanduan.

 

Meski begitu, kamu masih bisa kok stop minum soda. Beberapa sumber yang Jadimin dapet, minum air putih jadi alternatif terbaik untuk ngilangin kecanduan minum soda plus perbaikin gigi kamu.

 

Manfaat air putih buat gigi kamu

Sekarang kamu nggak penasaran lagi kan, kenapa pas minum soda terus ngerasa haus banget dan mulut kering? Ada air putih nih gaes yang bisa balikin kelembapan area mulut dan gigi kamu. Soalnya:

- Cegah mulut kering dan dehidrasi. Hasilnya? Bakteri dalam mulut ogah deket-deket deh!

- Kuatin enamel gigi. Air putih bisa bersihin sisa makanan, noda tertinggal, serta larutin asam dan gula dari minuman soda.

- Ningkatin produksi air liur. Makin banyak minum air putih, produksi air liur makin tinggi dan aktif lindungin rongga mulut kamu.

 

Terakhir, periksa gigi juga gaes!

Mau minum soda atau nggak, periksa gigi perlu dilakuin. Mulai dari nambal gigi, scaling atau bersihin karang gigi, cabut gigi, bahkan perawatan gigi karena kecelakaan.

 

Nah dengan periksa gigi, kamu jadi makin pede deh buat tebar pesona ke orang-orang. Senyum kamu makin cling! Lindungin gigi dengan asuransi gigi terbaik pilihan kamu. Tinggal googling, terus ketemu deh asuransi online untuk gigi kamu. Beres!

 

Btw, Jadimin dapet inspirasi tulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

 

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square