Article

Ekspektasi dan Realita Tempat Wisata

15:28, 4 January 2021

Dec 30

Mending Bertahan Dulu atau Melipir Ya?

Iseng googling dan scrolling di Instagram, kayaknya semua tempat wisata cakep-cakep di foto. Suatu hari kamu ngunjungin tempat itu. Ambyar deh! Nggak sesuai ekspektasi, realitanya demikian. Mending bertahan atau pindah tempat ya?

 

Ada kelebihan dan kekurangan jika kamu milih bertahan di tempat itu atau melipir ke tempat lain. Jadimin ceritain deh pengalamannya. Semoga kamu makin yakin milih ya!

 

A. Milih bertahan karena…

1. Udah ngabisin waktu dan tenaga

Nggak apa-apa sih, yang penting kamu udah coba jelajahin tempatnya. Nggak sesuai ekspektasi pun masih bisa ke sana lagi. Itu juga kalo ada kesempatan.

 

2. Transportasi kurang memadai

Daripada bolak-balik dan susah nyari kendaraan, mending jalan-jalan dulu aja di tempat itu. Baru deh melipir tempat lain. Nggak buang-buang waktu.

 

Nah, masalah dari beberapa objek wisata yang bagus dan indah itu, transportasinya kurang memadai. Jadi, kamu harus sewa kendaraan seperti motor, mobil, atau angkot. Bisa juga kamu ajakin temen biar ditebengin.

 

Rata-rata sih wisata alam yang kayak gini. Misalnya curug, air terjun, dan sebagainya. Tapi, ada juga kok yang gampang diakses.

 

3. Masih bisa diedit dan pake filter

Kamu yang udah bertahan di tempat itu, mau nggak mau mesti lebih kreatif biar sesuai ekspektasi. Akhirnya, kamu ambil angle motret yang pas menurut kamu. Habis itu edit atau pake filter. Nggak dimirip-miripin juga sih biar nggak plagiat.

 

4. Nggak mau repotin orang lain

Paling nggak enak jalan-jalan bareng temen atau keluarga itu, ngerepotin. Misalnya kamu udah semangat nyeritain tempat wisata yang kamu pengenin dan ngajak mereka. Eh pas sampe, nggak sesuai realita. Mau minta balik, ya nggak enak toh?

 

Untung ada temen atau keluarga yang bisa ngehibur atau nenangin kamu. Ada mereka juga udah bikin kamu bahagia kan?

 

B. Milih pindah tempat karena…

1. Bener-bener nggak worth!

Ada aja loh ya tempat wisata yang nggak sesuai standar dan ekspektasi kamu. Sesimpel banyak sampah, tempatnya nggak diurus, banyak coretan, atau bahkan kerasa suasana angker dan creepy.

 

Itu mah, langsung pindah tempat lain aja biar nggak ngomel dan protes di jalan.

 

2. Too good to be true

Mungkin kamu terlena dengan hasil foto cakep di Google atau media sosial. Pas nyampe di lokasi, kayaknya nggak lagi deh ke tempat itu. Ekspektasi kamu ambyar dan nggak tau harus ngapain.

 

Mungkin lain kali baca-baca review dulu ya biar nggak keulang lagi.

 

3. Deket dengan tempat wisata lain

Ngerasa nggak puas sama ekspektasi tempat yang kamu kunjungin, kamu punya solusinya. Melipir ke tempat lain yang masih deket dengan lokasi yang kamu kunjungin.

 

Nggak cuma ngeluh aja, kamu udah ada backup-nya. Hmm, kayaknya kamu emang udah rencanain itinerary dengan detail ya.

 

Mau bertahan atau melipir, udah siapin backup belum?

Jalan-jalan atau traveling emang kegiatan yang asyik dan seru. Apalagi bareng keluarga dan temen segeng kamu. Kamu jadi lebih deket dan tau sifat masing-masing ketika dihadapin ekspektasi dan realita sebuah tempat wisata.

 

Tapi, nggak ada salahnya kalo kamu juga siapin backup. Salah satunya dengan bikin daftar rencana tempat wisata di itinerary. Hasilnya, kamu nggak stuck lagi gara-gara nggak sesuai ekspektasi.

 

Nggak cuma itu, kamu juga perlu siapin asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan cashless. Namanya juga jalan-jalan, ada aja kejutan yang bikin kamu amaze dan sigap di saat yang sama.

 

Makanya, nggak heran kan sering nemu asuransi pas pesan tiket transport?

Yoi! Kamu beli tiket pesawat, kereta, bus, atau kapal feri aja, pasti nemu deh checked box asuransi perjalanan. Sifatnya pilihan. Kalo butuh bisa dipake. Kamu aja juga udah nyiapin asuransi kesehatan cashless kan buat jaga-jaga.

 

Misalnya saat mesen tiket di situs OTA (online travel agent), kamu iseng checked box asuransi perjalanan. Nyoba aja kan namanya penasaran. Eh nggak taunya, pesawat kamu telat 30 menit. Waduh, gimana nih nggak sesuai jadwal?

 

Habis itu, kamu naik pesawat dan tiba di kota destinasi, langsung klaim deh asuransi perjalanannya. Mantap, ini mah masuk asuransi klaim gampang dan cepat cair. Jadi punya manfaat kan?

 

Pergi ke destinasi nggak sesuai ekspektasi? Hadapin aja realitanya. Backup diri dan/atau keluarga kamu dengan asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan cashless. Biar tetep enjoy jelajahinnya.

 

Btw, inspirasi Jadimin nulis ini dari salah satu konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus tips-tips traveling seru dan aman.

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square