Article

Gimana Cara Menurunkan Gula Darah saat Puasa?

10:58, 9 May 2022

04 1980x1080  1

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Saat berpuasa, kadar gula darah cenderung menurun. Sebenernya ini wajar terjadi, karena cadangan energi berkurang, makanya Teman JAGADIRI gampang pusing dan lemes saat puasa. 

Untungnya, Teman JAGADIRI udah sahur. Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama sahur inilah yang menjadi cadangan energi. Lemak di tubuh juga. Makanya nggak heran kalo orang yang puasa itu gampang turun berat badannya. 

Tapi, gimana ya dengan kadar gula darahnya? Gimana pas puasa, eh malah kadar gula darahnya makin tinggi? Gimana cara menurunkan gula darah saat puasa? Yuk cari tau di pembahasan berikut ini gaes! 
 

Kadar gula menurun saat puasa

Selama puasa, kadar gula cenderung menurun. Tapi buat penderita diabetes, kondisi ini justru berbahaya. Karena itu, penting banget untuk konsultasi dokter sebelum jalanin puasa Ramadhan. 

Gimana dengan orang-orang bukan penderita diabetes? Teman JAGADIRI tetep bisa jalanin puasa sebagaimana mestinya. 

Oh iya, ketika gula darah menurun, tubuh tuh pake cadangan energi berupa lemak. Lemak ini yang diambil dan diolah menjadi energi. Buat penderita diabetes, mereka bakal ngalamin hipoglikemia, yakni kondisi gula darah terlalu rendah dan bikin gemeteran dan pingsan. 

Terus kalo pas buka puasa, gimana kondisi kadar gula dalam tubuh? 
 

Kadar gula cenderung naik ketika buka puasa, kok bisa?

Buka puasa emang waktu paling tepat untuk ngelahap semua makanan dan minuman. Eits, hati-hati Teman JAGADIRI. Soalnya kalo semua dilahap, ini nih yang bikin gula darah mendadak naik. 

Dirangkum dari berbagai sumber, kadar gula terlalu tinggi bisa memicu hiperglikemia, yakni kondisi tubuh kelebihan asupan gula. 

Buat kamu yang kelebihan ngelahap makanan dan minuman saat buka puasa, pernah nggak sih ngerasain pusing, sering buang air kecil, atau rasa panas di badan? Nah itu efek samping kelebihan asupan gula. Terus gimana dong cara menurunkan gula darah secara aman selama bulan puasa? 
 

Cara menurunkan gula darah yang aman selama puasa

1. Atur porsi makan secukupnya

Siapa sih yang nggak ngiler ketika dihadepin banyak makanan dan minuman saat buka puasa? Jadimin juga pengen dong ngabisin semua. 

Tapi nggak enaknya adalah, ketika kenyang, Teman JAGADIRI nggak semangat buat ngapa-ngapain. Istilahnya, kenyang bego gitu deh. Selain itu, kebanyakan makan dan minum justru bikin kadar gula naik. Semacam ada sensasi pusing, ngantuk, atau sakit perut. 

Makanya, perlu banget untuk atur porsi makan secukupnya aja. Langkah ini bisa menjadi cara menurunkan gula darah yang aman saat puasa. Kamu kenyang secukupnya, habis itu lanjut ibadah atau makan malem deh. 
 

2. Konsumsi makanan bernutrisi

Milih makanan yang tepat juga bisa bantu nurunin gula darah. Caranya adalah dengan milih makanan bernutrisi. Misalnya dengan karbohidrat kompleks dan kaya serat seperti nasi merah atau gandum. Kalo kamu masih konsumsi nasi putih juga nggak apa-apa, tapi porsi dikurangin dikit, lauk dan sayurnya dibanyakin. 

Kemudian, tambahin juga proteinnya. Kamu bisa konsumsi ikan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, atau susu berbahan nabati kalo kamu punya intoleransi laktosa. 

Jangan lupa juga sama lemak. Kamu bisa pake minyak zaitun, minyak sawit, atau minyak kanola untuk makanan yang digoreng di rumah. Sebisa mungkin, hindari penggunaan minyak dengan lemak jenuh tinggi ya gaes. 

Selain bernutrisi, pastiin makanan yang kamu konsumsi punya indeks glikemik rendah. Makanan ini cenderung agak lama diserap tubuh, makanya kamu jadi lebih lama kenyangnya. Misalnya kayak kacang-kacangan, sayur seperti kol, seledri, terong, jamur, brokoli, atau Greek yogurt tawar. 
 

3. Perbanyak minum air putih

Minum-minuman manis emang bikin ketagihan ya gaes? Nah itulah yang terjadi ketika buka puasa. Minuman manis bisa ngembaliin energi secara sementara, tapi bikin kadar gula darah naik. 

Biar nggak kaget, kamu bisa buka puasa dengan air putih. Lalu barengin dengan minuman manis lainnya tapi cukup segelas aja ya biar nggak kekenyangan dan skip makan malem. 

Gimana sih panduan konsumsi air putih selama puasa? Dikutip dari laman Kompas.com, kamu perlu konsumsi 8 gelas air putih sehari saat puasa, yaitu:
- 1 gelas pas buka puasa

- 2 gelas saat makan malem usai solat magrib

- 2 gelas usai solat tarawih

- 1 gelas sebelum sahur

- 2 gelas setelah makan sahur

Nah, Teman JAGADIRI udah cukup belum konsumsi air putih hari ini? 
 

4. Olahraga setelah buka puasa

Dirangkum dari laman HelloSehat.com, olahraga setelah buka puasa bisa kamu lakuin karena nggak micu penurunan gula darah. 

Jenis olahraga yang bisa kamu coba adalah latihan kekuatan otot selama 2-3 sesi per hari. Kalo nggak kuat, 2 sesi per hari aja cukup kok Teman JAGADIRI. Lakukan selama 10 menit-30 menit. 
 

5. Tidur cukup

Tidur cukup menjadi salah satu cara menurunkan gula darah saat puasa? Kenapa? 

Soalnya selama Ramadhan, kamu pasti kurang tidur. Ya nggak Teman JAGADIRI? Kurang tidur bisa bikin kadar gula darah naik turun, hormon insulin lebih sensitif, dan hormon kortisol meningkat. Nggak jarang ketika puasa, kamu jadi gampang marah, susah fokus, dan mager ngapa-ngapain. 

Karena itu, penting banget untuk jaga pola tidur. Usai solat tarawih, kamu bisa tidur. Atau kalo lagi terpaksa lembur, usahain sejam sebelum tidur udah kelarin semuanya. Jadi nggak kepikiran kerjaan lagi hehe. 

Nah itulah 5 cara menurunkan gula darah saat puasa. Pastiin Teman JAGADIRI selalu punya proteksi asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Ada Asuransi JAGADIRI yang preminya terjangkau. Cari tahu pilihan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa di website JAGADIRI yuk!
 

Sumber:

https://www.alodokter.com/hiperglikemia 

https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/10/203100065/catat-jadwal-minum-air-putih-8-gelas-sehari-saat-puasa?page=all 

https://www.halodoc.com/artikel/adakah-pengaruh-puasa-terhadap-kadar-gula-darah 

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengontrol-gula-darah-saat-puasa 

https://lifestyle.okezone.com/read/2022/04/01/481/2571791/7-cara-alami-menurunkan-gula-darah-saat-puasa 

https://hellosehat.com/diabetes/tips-agar-gula-darah-saat-puasa-tetap-terkendali/

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square