News

Hobi Nge-Game?

11:26, 29 September 2020

Sept 2020 4 13

Yuk Kenali 4 Penyakit yang Jarang Dicover Asuransi

Main game nggak pernah seasyik ini, apalagi kalau sampai didukung orang tua ke perlombaan. Gokil nggak? Eits, jaga juga kesehatan kamu sebagai. Karena, ada nih 4 penyakit yang jarang di-cover asuransi murah.

 

Penyakit-penyakit ini termasuk kritis dan butuh waktu lama agar bisa dideteksi. Selain itu, kebiasaan kurang sehat saat nge-game juga ngedukung timbulnya penyakit ini. Yuk intip 4 penyakitnya!

 

1. Glaukoma

Game mana yang nggak ngelibatin tatapan mata di layar? Sayangnya, nggak semua kegiatan nge-game ramah di mata. Apalagi udah kadung seru. Wih, lupa deh ngedipin dan istirahatin mata.

 

Padahal, mata juga punya saraf-saraf yang kerja dan ikutan tegang pas main game. Saraf mata yang terlanjur tegang dan letih, bisa-bisa alami kematian saraf (atrofi). Glaukoma jadi salah satu penyakitnya.

 

Gimana sih gejalanya?

Penglihatan hilang saat melihat ke arah tepi atau samping.

Mata kemerahan.

Mual atau muntah.

Sakit mata.

Ngelihat lingkaran cahaya di sekitar lampu.

Penglihatan sempit (tunnel vision).

 

2. Carpal tunnel syndrome (CTS)

Dikutip dari situs GoodDoctor.com, penyakit carpal tunnel syndrome terjadi karena penyempitan saraf di area pergelangan dan jari-jari tangan. Dua anggota badan ini emang paling aktif pas beraktivitas.

 

Gimana cara ngenalin gejala-gejalanya? Kalau kamu kena penyakit CTS, kamu bakal ngerasain  ini di pergelangan tangan:

Nyeri.

Kesemutan

Lemah otot

Mati rasa plus nyeri, terutama di malam hari.

 

Penyebabnya apa aja Jadimin? Salah satunya, posisi ngetik dan megang mouse yang nggak ergonomis. Maksudnya, posisi antara keyboard dan mouse, tangan, bahu, dan mata nggak seimbang. Makanya, kamu jadi lebih cepat lelah pas nge-game.

 

3. De quervain’s tenosynovitis

Penyakit de quevain’s tenosynovitis atau de quervain syndrome juga jarang di-cover asuransi murah. Karena butuh waktu lama untuk ngedeteksinya dan penyembuhannya. Kenapa gitu?

 

Itu karena pangkal ibu jari (jempol) dan pergelangan tangan kamu bengkak dan disertain rasa sakit. Sebabnya, tendon kamu ngalamin peradangan di pangkal ibu jari. Tendon, apaan tuh?

 

Tendon itu jaringan ikat yang ngehubungin otot dan tulang. Biar tulang kamu dinamis bergerak. Kalo bengkak dan radang, sakit dong pas digerakin?

 

Jempol dan pergelangan tangan yang digerak berulang-ulang, kayak nekan tombol/layar, nyubit, remas, ngepalin tangan, itu bisa nyebabin de quervain syndrome. Penyakit ini juga bisa diikutin cedera di pergelangan tangan dan penyakit radang sendi.

 

4. Cardiac arrest

Lagi seru-seruan main game, tiba-tiba kamu ambruk dan jantung berhenti detak? Seram ya?

 

Dikutip dari HelloSehat.com, henti jantung atau cardiac arrest adalah kondisi jantung yang berhenti detak tiba-tiba. Artinya, jantung kamu ada masalah tertentu.

 

Henti jantung juga erat sama serangan jantung dan aritmia. Nah, serangan jantung ngilangin pasokan darah ke otot jantung, sedangkan aritmia bikin detak jantung nggak beraturan.

 

Gimana nandainnya, Jadimin?

Badan tiba-tiba ambruk.

Nggak ada denyut nadi.

Nggak bernapas.

Hilang kesadaran.

 

Nggak hanya itu, ada beberapa gejala yang dirasain penderita henti jantung, misalnya:

Rasa nggak nyaman di dada.

Sesak napas.

Ada sensasi jantung degup kencang.

Tubuh lemah.

 

Empat penyakit ini emang nggak kelihatan sekarang. Sebaiknya, kamu perlu istirahat biar mata tetap sehat. Dukung juga dengan asuransi murah yang bisa cover empat penyakit ini.

 

Asuransi murah tapi nggak murahan? Ada dong. Tapi teliti juga ya baca polisnya! Biar kamu dilindungin maksimal. Pastiin preminya terjangkau dan ramah buat kamu yang sering beraktivitas di depan laptop, PC, dan mobile.

 

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square