Article

Hobi Sepedaan?

14:40, 17 November 2020

Nov 28

Perhatiin Aturan Keselamatan Ini Gaes!

Sumber: ANTARA News

 

Sepedaan di masa pandemi udah jadi normal yang baru. Dulunya diremehin, sekarang jadi gengsi. Biar aman, perhatiin dulu aturan keselamatan ini.

 

Menteri Perhubungan akhirnya nerbitin aturan keselamatan bersepeda. Tujuannya, biar kamu tertib lalu lintas dan aman di jalan. Emang ada dasar hukumnya, Jadimin?

 

Ada dong. Kamu bisa cek di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Langsung aja yuk bongkar!

 

1. Bodi sepeda

Mau sepeda balap, ontel, keranjang, atau fixie, semuanya perlu lampu, rem, dan pedal. Biar nggak oleng, hampir nabrak masih ngerem.

 

Opsinya, kamu bisa tambahin bel. Semacam klakson biar di-notice pengendara motor dan mobil atau pesepeda lain.

 

Selain itu, alat pemantul cahaya warna merah juga bisa dipasang di bawah sadel. Ibaratnya kayak lampu belakang di motor dan mobil. Bedanya, ini mantulin cahaya.

 

Kadang pengendara motor dan mobil suka lupa pas parkir. Eh, nggak taunya ada kamu lagi sepedaan. Habis, rodanya nggak keliatan sih! Solusinya, bisa tambahin alat pemantul cahaya roda warna putih atau kuning.

 

Spakbor juga dijadiin concern dalam aturan ini. Itu loh, pelindung roda dari lumpur. Sebutan lainnya slebor, mudguard atau fender sepeda. Jadi bukan hiasan aja.

 

2. Gowes di jalan

Bodi sepeda udah beres. Sekarang saatnya gowes di jalan. Apa aja nih yang perlu dipake, Jadimin?

 

Helm dan alas kaki. Nggak nyangka kan gowesan kudu pake ini? Waktu kecil, bolehlah balap sepedaan sambil nyeker di lapangan. Di jalan? Jangan gitu.

 

Serba bling-bling dan cerah, biar kamu cepet ditandain pesepeda dan pengendara lain. Mulai dari baju/rompi yang punya alat pemantul cahaya, lampu sepeda, dan atribut yang mantulin cahaya di malam hari.

 

Terakhir, pahamin dan patuhin tata cara lalu lintasnya. Kamu bisa lakuin dengan:

Sepedaan dengan tertib, perhatiin keselamatan pesepeda dan pengendara. Pejalan kaki? Iya juga dong.

Ngasih ruang dan prioritas ke pejalan kaki.

Jaga jarak aman dengan pengguna jalan lain. Sekali mepet, keserempet.

Kasih aba-aba dengan tangan saat belok, berhenti, atau muter.

 

3. Yang dilarang, bakal dilanggar nggak nih?

Aturan untuk dilanggar? Hmm. Tapi ini beneran lho. Jiwa kamu cuma untuk sekali seumur hidup. Masa iya mau ngeremehin aturan gowes di jalan?

 

Larangan ini baik untuk jaga aman dan jiwa kamu. Sesimpel kayak:

  • Sepeda ditarikin motor biar lajunya kenceng. Bahaya sih iya, apalagi kalau gagal ngerem.
  • Ngangkut penumpang, padahal nggak ada sadel belakang. Kecuali sepeda kamu punya sadel belakang.
  • Main HP, telponan, atau kegiatan yang operasiin perangkat elektronik saat gowesan.
  • Pake payung ketika gowes.
  • Gowes sambil dampingan bareng kendaraan lain. Eits, satu kakinya ada di knalpot motor lain tuh!
  • Gowes sambil jajar lebih dari dua sepeda. Mau bikin barisan sendiri yak?

Ada aturan, ada fasilitas. Apa aja yang perlu kamu cek?

A. Fasilitas jalur sepeda

Pemerintah pusat dan daerah udah bikin jalur sepeda. Nah di jalur ini, kamu bisa saling berbagi jalan dengan pesepeda dan pengendara motor.

Lajurnya juga aman kok. Ada di bahu jalan. Jaga aman instan dari keserempet atau ketabrak. Bahkan, dibuatin khusus dan terpisah. Enak banget kan? Dan disaranin banget, selalu gunain bahu jalan ya!

 

B. Fasilitas parkir

Pesepeda kayak kamu juga perlu tempat parkir. Cek tempat parkirnya di sini:

Lokasinya gampang diakses, aman, dan nggak ganggu pejalan kaki.

Ada rak, tiang, atau sandaran sepeda untuk dikunci.

Tempat parkir sepeda disediain di sekolah, tempat ibadah, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan simpul transportasi.

 

Udah tau fasilitas ini, kamu berhak gunainnya secara aman dan nyaman. Jadi, aturan keselamatan sepedaan bukan buat dilanggar ya!

 

Nggak cuma ngerti hak-hak kamu, kamu juga berhak dilindungin sama asuransi online. Biar sepedaan tetap lancar.

 

Apapun pilihan asuransi online kamu, pastiin durasi pertanggungannya jelas dan dapet manfaat santunan perawatan rumah sakit pas kecelakaan. Asuransi online inilah yang bakal mudahin kamu di saat mendadak.

 

Kapan lagi nih gowesan bareng?

 

Oh iya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus

 

 

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square