Article

Ketutup Masker?

15:20, 4 January 2021

Dec2 24

Ini 6 Tips Jaga Senyummu selama Pandemi

Pergi kemana aja, sekarang harus dilindungin masker. Tapi ini bukan jadi alesan untuk males rawat gigi gaes. Ini 6 tips jaga senyum dan gigi kamu selama pandemi COVID-19. Cekidot!

 

1. Sikat gigi secara teratur

Sikat gigi nggak perlu sering, yang penting teratur. Biar email atau permukaan luar gigi nggak kekikis. Menurut rekomendasi dokter gigi, sikat gigi cukup dua kali sehari aja. Pas kamu selesai sarapan pagi dan sebelum tidur malam.

 

Nah, kebiasaan orang pada umumnya itu langsung sikat gigi setelah bangun tidur. Sayangnya, kondisi gigi dan mulut kamu masih dalam keadaan asam. Kalo nyikat langsung, email gigi malah kekikis, gampang berlubang, dan bikin gigi sensitif.

 

2. Paham cara gosok gigi yang tepat

Mungkin, kamu ngira nyikat gigi itu gampang. Tinggal sikat, beres. Jadimin juga gitu. Ternyata, ada caranya gaes biar bener-bener bersih. Caranya:

- Gerakin sikat gigi kamu dengan arah muter (circular) dari gusi ke gigi

- Sikat semua bagian dalam mulut kamu sebanyak 8 kali

- Pastiin juga, gigi area deket lidah atau langit-langit juga disikat, soalnya suka sembunyi tuh noda dan sisa makanannya.

- Lakuin selama dua menit.

 

3. Pilih bahan yang alami dan aman

Bahan pasta gigi yang alami dan aman bisa jagain kesehatan gigi dan mulut lebih maksimal. Yang jelas, utamain bahannya dari fluoride. Fluoride ini baik untuk lindungin gigi biar nggak gampang berlubang.

 

Imbangin juga dengan bahan alami, misalnya daun sirih, cengkeh, garam, siwak, mint, atau jeruk nipis yang punya kandungan antibakteri alami. Nah, soal pilihan mereknya masing-masing aja yah!

 

4. Biasain diri pake obat kumur (mouthwash)

Nggak banyak sih orang yang pakai obat kumur (mouthwash). Tapi, obat kumur bisa bantu bersihin gigi dan mulut lebih maksimal. Apalagi di daerah yang susah dijangkau sikat gigi.

 

Manfaat lainnya, obat kumur bisa nguatin email dan struktur gigi yang kekikis karena kondisi mulut asam. Makanya buat sebagian orang, obat kumur bisa netralin kondisi mulut yang asam dan ngurangin bau mulut.

 

5. Perhatiin makanan yang kamu konsumsi

Makanan juga ngaruh ke kesehatan gigi dan mulut. Jaga senyum kamu dengan konsumsi buah dan sayur.

 

Kurangin kebiasaan minum-minuman berwarna dan manis kayak boba, kopi, teh, dan soda. Makanan olahan dan punya kandungan karbohidrat non-serat juga bikin plak numpuk di gigi kamu.

 

6. Banyakin minum air putih

Selain cegah kamu dari dehidrasi, ternyata air juga bisa cegah gigi berlubang. Karena, air punya kandungan fluide gaes.

 

Minum air putih juga bisa nyapu sisa makanan dan noda di rongga mulut. Sisa-sisa ini nih yang bikin bau mulut karena bakteri masih hinggap di gigi.

 

Mau ke dokter gigi selama pandemi? Cover dengan asuransi kesehatan cashless juga ya!

Pengen ke dokter gigi? Kalo kamu bener-bener dalam kondisi darurat, pastiin keadaan kamu lagi sehat dan nggak demam, batuk, atau pilek. Tetep patuh protokol kesehatan biar semua aman ya gaes!

Buat kamu yang lagi sakit gigi, coba deh kumur pake air garam. Air garam bisa loh bunuh bakteri yang bikin kamu sakit gigi.

 

Oh iya, dobelin juga perlindungan gigi kamu dengan asuransi online plus asuransi kesehatan cashless. Asuransi ini biasanya nanggung perawatan gigi, rawat inap di rumah sakit, atau bahkan penyakit virus Corona.

 

Pastiin juga asuransi online pilihan kamu punya jaringan rumah sakit dan klinik rekanan yang luas. Kalo kayak gini, asuransi kesehatan cashless kamu jadi lebih cepat cair deh! Jadi gampang klaim kan?

 

Oh iya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus sama rekomendasi asuransi online dan asuransi kesehatan cashless!

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square