Article

Masa Sih Kopi Susu Bikin Sakit Gigi?

10:49, 29 September 2020

Sept 2020 4 25

Gimana Ngatasinnya?

Rasanya nggak lengkap tanpa minum kopi susu kekinian. Beda sama kopi hitam yang pahit di lidah. Kebanyakan minum kopi susu efeknya apa ya ke gigi?

 

Efek kopi susu ke gigi

Ngopi sebenarnya punya efek positif dan negatif. Tergantung kebiasaan kamu setelah minun dan ngerawat giginya. Nah, Jadimin bahas efek positifnya dulu ya! Biar kamu nggak keder minum kopi susu.

 

a. Kandungan susu cegah noda kopi

Pada dasarnya, kopi tuh mengandung kandungan kimia yang bisa ngubah warna gigi. Zat itu tanin, yang bakal ngubah warna gigi kamu jadi lebih kuning atau agak sedikit hitam. Terkesan jorok sih kayak mager gosok gigi, tapi tunggu dulu.

 

Meski ngubah warna gigi, tapi tanin inilah yang bikin kopi terasa lebih strong dan gurih. Meskipun ditambah susu seperti kopi susu. Rasa unik kopi ga bakal ilang drastis.

 

Terus, apa gunanya susu ini? Buat ngurangin rasa pahit. Plus, mengurangi noda kopi di gigi.

 

b. Kalsium dan fosfor bantu gigi terus tumbuh

Kandungan susu di kopi ternyata nggak cuma pemanis aja. Protein khusus pada susu, yakni kasein, ternyata ampuh bikin gigi kamu tetap terus berkembang. Karena kandungan kalsium dan fosfornya nih.

 

Makanya gigi kamu tetap baik-baik aja kan sampe sekarang?

 

c. Cegah karies gigi

Karena susu mengandung kasein, protein ini ternyata bisa cegah karies gigi. Itu loh, semacam karang gigi yang numpuk akibat minum kopi. Jadimin nemu manfaat kasein ini melalui salah satu penelitian dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara 2011.

 

Btw, si kasein bakal ngelindungin gigi kamu dengan dua cara: cegah gigi kekurangan mineral dan hambat bakteri lengket di gigi.

 

Tapi ya gitu, susunya juga jangan kebanyakan biar nggak kemanisan dan karang gigi. Percuma kan udah minum kopi susu, tapi malah sakit gigi? Secukupnya aja ya!

 

Sekarang, kita bahas efek negatifnya.  Macem-macem efeknya kalau Jadimin baca-baca. Yuk simak!

 

d. Muncul bercak hitam

Bercak, noda atau stain nggak bisa dihindari setelah minum kopi, apalagi kopi susu. Memang susu nggak ngejamin buat ngurangin noda sih. Tapi kalau kebanyakan, tetap juga.

 

Bercak ini bisa numpuk dan ngebentuk karang gigi. Itu kalau nggak dibersihkan secara sempurna.

 

e. Asam pada kopi ngurangin mineral di email gigi

Walaupun pahit, tapi sejatinya si kopi susu tetap mengandung asam. Anyway, kenapa kopi susu yang kamu minum nggak asam? Itu karena diseduh dengan teknik tertentu. Asam justru bikin kopi punya cita rasa unik, entah itu pahit, nutty, dan sebagainya.

 

Sayangnya, asam inilah yang bakal ngurangin mineral pada email gigi. Nggak heran kalau kamu langganan minum kopi susu, tiba-tiba aja kerasa sensitif pas makan pedas, panas, dan dingin. Selain bikin sensitif, gigi juga lebih gampang berlubang.

 

f. Gula bikin gigi hancur

Udah ditambah susu, masih kurang manis juga? Ya iyalah, meski dicampur kopi, rasa pahitnya selalu dominan. Kadang barista nambahin gula berupa sirup untuk nambah rasa manis. Malahan, kamu juga minta sendiri kan pas pesan?

 

Selain asam, gula juga ngurangin mineral di gigi. Gigi jadi lebih “empuk” dan gampang copot. Bisa sih ditambal. Saat ini, ada kok asuransi gigi terbaik yang nanggung. Tapi jangan sering-sering ya! Repot deh ntar kalau makan daging~

 

Terus gimana ngatasinnya?

Suka nggak suka, apapun yang kamu minum, mesti ada perawatan giginya. Doyan ngopi atau kopi susu? Solusinya rajin sikat gigi. Kadang ada juga tuh yang perawatan whitening di klinik gigi.

 

Selain itu, usahain banyak minum air putih untuk netralin sisa noda kopi susu di gigi. Air putih bagus banget buat kesehatan ginjal. Biar kerjanya nggak terlalu berat setelah ngolah gula dari kopi susu.

 

Masih susah lepas? Coba deh, habisin segelas kopi susu dalam waktu 15 menit. Konsumsinya sehari sekali aja. Biar bakteri di gigi nggak cepat berkembang biaknya.

 

Suka ngunyah permen karet? Bisa! Usahain tanpa gula ya! Ngunyah permen karet ngerangsang aliran air liur. Biar mulut tetap bersih dan ngurangin asam di gigi.

Baru deh gigi kamu terlindungin maksimal. Maksimalin juga dengan asuransi gigi terbaik. Bakal nanggung pembersihan karang gigi, perawatan seluruh gigi (email, dentin, pulpa, dan akar), dan bantu bikin gigi palsu pasca kecelakaan.

 

Kalau kamu teliti nih baca layanan dan manfaat asuransi gigi, pasti nggak ketinggalan manfaat cabut gigi dan konsul ke dokter. Paling dasar nih biar selalu pede senyum kapan aja.

 

Kapan lagi mau ngopi-ngopi?

 

Oh iya, Jadimin dapet inspirasi nulis ini dari konten Instagram @jagadiri_id. Follow yuk biar update terus!

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square