Article

Mau Work From Bali, Malang, atau Bandung?

13:53, 20 December 2021

Resize blog   01. mau work from bali  malang  atau bandung 1980x1080

Pilih Mana?

Kerja di mana aja atau work from anywhere (WFA) nawarin banyak keuntungan. Salah satunya adalah bebas milih lokasi sesuai keinginan kamu. Mau work from Bali, Malang, atau Bandung, pilih mana? Bebas! Apa lagi sih keuntungan WFA? Simak pembahasan berikut ini yuk, Teman JAGADIRI! 


Work from anywhere, di mana aja yang penting kerja
Konsep kerja WFA ini sebenernya nggak hanya ada saat pandemi, bahkan jauh sebelum pandemi terjadi, WFA udah jadi andalan pekerja lepas (freelancer) dan pekerja jarak jauh (remote worker)

Ketika pandemi COVID-19, gaung WFA makin tinggi. Bahkan WFA jadi semacam pilihan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2021. Artinya, bekerja dengan model WFA bisa dipertimbangin karena berbasis output dan outcome. Asalkan kerjaan kelar dan tetep perform, kenapa nggak? 

Dirangkum dari laman Harvard Business Review, WFA punya beberapa keuntungan. Kita bahas yuk! 

 

Keuntungan WFA
Prithwiraj (Raj) Choudhury, penulis “Our Work-from-Anywhere Future” di Harvard Business Review, cerita soal masa depan WFA kita. Pandemi ini makin ningkatin remote working atau kerja jarak jauh untuk perusahaan-perusahaan. Benefit atau keuntungannya berupa bisa ngehemat biaya rekrut talenta, nambah produktivitas, fleksibilitas dari segi geografi, hingga urusan personal seperti lebih dekat dengan keluarga. 

Keuntungan lainnya? Jadimin ulas lebih lengkapnya ya! Yuk scroll! 

1. Bebas pilih lokasi
Seperti yang ada di judul blog ini, seenggaknya udah ngegambarin WFA yang bener-bener bebasin kamu bekerja di mana aja. Bahkan, kamu masih bisa lho liburan tipis-tipis usai kerja. Kalo sempet sih hihi. 

Jadimin kutip dari laman kumparan, WFA itu jadi semacam skema pariwisata baru yang bantu dongkrak ekonomi masyarakat. Makanya Bandung, Bali, Malang, atau mungkin Lombok dan Sumba masih jadi pilihan. 

 

2. Ngasih pengalaman baru
Masih menyambung di poin pertama, WFA juga ngasih pengalaman baru buat pekerja. Kamu bisa pilih vila atau kosan sesuai bujet. Kamu juga boleh kok work from café sambil nongki-nongki. 

Kerja di luar kota yang kamu tempati juga bikin kamu ngerasain kenyamanan baru. Kadang-kadang, jadi obat tersendiri sih. Soalnya kamu bisa lebarin relasi, unlocked atau nyoba skill baru seperti bikin konten traveling, hingga berbaur sama warga setempat. 

 

3. Ngurangin commutes
Commutes sebenernya sering dialami oleh pekerja di sekitaran Jabodetabek. Utamanya, karena mereka pengguna transportasi umum seperti angkutan umum (angkot), kereta cepat MRT, kereta komuter listrik KRL, dan bus Transjakarta. Tapi, commutes ini apa sih maksudnya? 

Commutes adalah aktivitas perjalanan seseorang yang dilakuin secara rutin, baik itu menuju atau dari tempat yang biasa kamu kunjungi. Misalnya seperti tempat hunian atau tempat kerja. 

Nah, WFA bisa ngurangin commutes pekerja. Khususnya buat pekerja Jabodetabek yang kemana-mana ngandelin transportasi umum dan rumahnya nggak berada di pusat ibukota. Selain bisa hemat waktu, juga biaya dan tenaga. Hayo, pekerja dari Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang, ngerasain juga nggak? Atau buat kamu yang kerja, pulang pergi dengan kendaraan pribadi atau bus antar kota, ngerasain kan? 

 

4. Punya keseimbangan hidup dan kerja (work-life balance)
Masih dikutip dari Harvard Business Review (dengan penulis yang sama), WFA nawarin work-life balance yang baik. Soalnya, WFA bikin kamu fleksibel untuk ngerjain sesuatu di luar kerjaan. Misalnya kayak pindahan rumah, ikut komunitas, jalanin hobi, ketemu keluarga, jualan, dan sebagainya. 

WFA juga nawarin kesempatan buat kamu agar lebih rileks ketika bekerja. Apalagi kamu WFA di Bali, Malang, atau Bandung. Suasananya nggak sepenat di Jabodetabek, tapi masih bisa fokus dan nyatu dengan alam. 

 

WFA dari Bali, Malang, atau Bandung? Pilih mana?
Di mana pun lokasinya, yang penting tempat kerja itu nyediain ruang aman. Jadinya, kerja di mana aja nyaman sekaligus aman dengan Jaga Aman. Nah Jaga Aman, asuransi dari JAGADIRI inilah yang ngedukung aktivitas WFA, hobi dan travelling kamu.

Preminya mulai Rp25.000,00* untuk kamu yang punya rutinitas aktif dan dinamis! Kamu dilindungin selama satu tahun penuh. Beli sekarang! *Syarat dan Ketentuan Berlaku.  

Benefit atau manfaat asuransi premi murah ini berupa: 

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp100.000.000,00
  • Santunan perawatan rumah sakit akibat kecelakaan hingga Rp10.000.000,00 per tahun

  • Layanan bantuan 24 jam meliputi konsultasi medis, evakuasi dan repatriasi, transportasi pasien, pemulangan jenazah, ambulans, dan layanan khusus lainnya. 

Tunggu apalagi, kapan mau mulai WFA? Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update spot travel menarik sambil WFA. Cus gaskeun!

Sumber:
https://kumparan.com/kumparantravel/pengalaman-wisatawan-work-from-bali-mahal-tapi-mumet-hilang-1vtZME6NKhc/1 

https://www.merriam-webster.com/dictionary/commutes 

https://appsensi.com/mana-yang-lebih-produktif-antara-wfh-wfo-wfa/ 

https://hbr.org/2020/11/our-work-from-anywhere-future 

https://kumparan.com/ridwansatriadi/work-from-anywhere-bagi-asn-1vHd2beJWx1/full

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1