Article

Pentingnya Deteksi Dini untuk Cegah Diabetes pada Anak

16:57, 10 December 2020

Dec3 03

via YesDok

Yuk Deteksi Dini biar Cegah Diabetes pada Anak, Cek Caranya Di Sini!

Kenal penyakit diabetes? Banyak yang obrolin, tapi nggak semua sadar kalo penyakit ini bisa ngintai siapa pun, termasuk pada anak. Terus, gimana dong deteksinya? Bahas detailnya yuk!

 

Diabetes melitus itu apa sih?

Dikutip dari situs YesDok, diabetes melitus (DM) itu penyakit kronis yang bikin tubuh nggak mampu produksi hormon insulin. Penyakit ini juga muncul karena penggunaan produksi insulinnya nggak efektif. Tanda-tandanya bisa kamu kenalin, seperti kadar gula darah tinggi.

 

Bisa dideteksi nggak sih?

Bisa dong! Namun perlu diperhatiin juga, ternyata penyakit DM ini agak tricky dideteksi kalo kontrolnya kurang rutin. Bahkan, sebagian besar penderita penyakit DM tuh nggak sadar loh kena penyakit ini.

 

Makanya data penderita DM naik terus. Menurut data Riskesdas tahun 2013 dan 2018, tren penyakit DM di Indonesia naik dari 6,9% jadi 8,5%. Nah, untuk faktor risikonya seperti obesitas pada orang dewasa juga naik, dari 14,8% jadi 21,8%.

 

Jadi, boleh dong mulai dari sekarang deteksi dini biar tau kamu kena DM atau nggak. Lanjut pembahasan dulu ya gaes!

 

Nggak cuma orang dewasa saja yang kena, anak-anak juga

Banyak orang nganggep, penyakit DM tuh cuma untuk orang dewasa kayak kamu. Padahal, anak-anak juga bisa kena loh.

 

Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) nunjukin, ada peningkatan signifikan DM tipe-1 pada anak dan remaja. Awalnya dari angka 3,88 naik ke 28,19 per 100 juta penduduk pada tahun 2000 dan 2010. Beda jauh banget kan?

 

Kok bisa sih anak-anak kena DM?

Dari data barusan, dr. Novina, perwakilan dari IDAI bilang, kasus DM pada anak dan remaja disebabkan faktor berikut:

- Pola makan kurang tepat

- Aktivitas fisik kurang, rebahan-rebahan club mana suaranya?

- Obesitas atau kegemukan

- Tekanan darah tinggi

- Gula darah tinggi

 

Khususnya untuk obesitas atau kegemukan. Anak-anak gemuk tuh emang keliatan gemes, lucu, dan sehat yah? Sayangnya, anggapan ini justru kebalik. Kondisi gini yang bisa micu masalah kesehatan anak.

 

Dokter Novina ngingetin gini, “Gemuk itu belum tentu lucu dan sehat, hati-hati gemuk itu berarti kita menginvestasikan beberapa penyakit metabolic syndrome dll ketika anak sudah besar.”

 

So, apa aja gejala DM pada anak?

Dokter Novina ngejelasin gejala-gejala DM pada anak bisa dikenalin dari:

- Banyak kencing

- Sering ngompol

- Gampang capek

- Banyak makan dan minum, tapi berat badan malah turun

 

Nah kalo gejala ini dialami anak, saatnya segera bawa ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat seperti rumah sakit, puskesmas atau klinik. Biar bisa ditanganin dengan tepat.

 

Kan lagi pandemi COVID-19, terus gimana dong periksanya?

Tenang gaes, tenang. Penderita DM di masa pandemi COVID-19 tetep bisa periksain diri ke fasyankes terdekat. Dokter Novina saranin, deteksi sedini mungkin biar pengobatannya bisa cepat ditanganin.

 

Senada dengan dr. Novina, Cut Putri Ariane, Direktur Pencegahan Penyakit Tidak Menular jelasin, pemerintah udah lakuin upaya pencegahan yang proaktif dan persuasif ke seluruh lapisan masyarakat. Caranya, dengan nekanin pentingnya skrining (screening) secara berkala.

 

Skrining harus dilakuin secara rutin jika gaya hidup yang kamu jalanin kurang sehat atau orang dengan faktor risiko penyakit tertentu.

 

Barengin juga dengan gaya hidup sehat ya gaes!

Selain skrining, barengin juga dengan gaya hidup sehat. Apalagi di masa pandemi COVID-19 gini, kamu atau anak-anak mesti jaga tubuh dan mental terus fit.

 

Kita emang lagi aktif di rumah aja. Bukan berarti, rebahan dan ngemil terus ya gaes! Coba deh lakuin ini:

- Ajakin anak-anak main yang interaktif.

- Olah sayur dan buah dengan cara yang beda. Biar si anak (dan kamu juga) doyan makannya.

- Bosen main gadget? Coba deh umpetin dulu. Terus alihin dengan aktivitas lain yang ngelibatin fisik atau motorik. Misalnya ngelukis, ngegambar, main slime, baking atau lainnya.

- Kamu atau anak penderita DM? Yuk saling support!

- Cara terakhir, dilakuin ya gaes!

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1