Article

Serba-Serbi Ecotherapy

14:02, 4 February 2022

Resize blog   02. serba serbi ecotherapy 1920x1080

Nenangin Jiwa di Tengah Sibuknya Dunia

Nenangin jiwa di tengah sibuknya dunia itu jadi sebuah kebutuhan. Apalagi, pas lagi padet-padetnya kerjaan atau kuliah, rasanya tuh pengeeeeen banget rehat sejenak. Teman JAGADIRI ngerasa gitu juga nggak sih? 

Jadimin akhirnya nemu satu metode yang bisa Teman JAGADIRI reach atau lakuin. Caranya adalah dengan ecotherapy. Wait, wait, ecotherapy itu apa sih? Ada hubungannya nggak sih healing bentar ke hutan, wisata ke curug atau menuhin keinginan dapet vitamin sea

Yaudah hayuk Teman JAGADIRI, kita bahas bersama! 

 

Ecotherapy itu apa sih? 
Dirangkum dari laman Healthline, terapi hijau atau ecotherapy adalah sebuah cara yang bikin kamu deketin diri sama alam atau bumi. Bisa dibilang, kalo gagal melihara hubungan diri dengan alam tuh bisa ngasih dampak buruk buat kesejahteraan, terutama buat kesehatan mental. 

Makanya itu, jalanin atau terjun ke kegiatan-kegiatan di alam ngasih efek positif berupa rasa lega, rasa bersyukur, atau punya kesadaran sini-kini (mindfulness). 

Buat Teman JAGADIRI yang belum tau kesadaran sini-kini, Jadimin punya referensi bagus nih dari laman Kompas Klasika. Menurut Profesor John Kabat-Zin, jenis kesadaran ini diartiin sebagai kesadaran yang timbul dengan ngarahin perhatian kamu ke suatu tujuan, di sini dan saat ini.

 

Pengen coba ecotherapy, apa aja yang bisa dilakuin? 
Bentuk-bentuk ecotherapy yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut. 

a. Libatin diri di kegiatan berkebun atau bertanam
Kegiatan berkebun atau bercocok tanam bareng komunitas atau tetangga emang bikin saling bagi hasil panen. Tapi, sebenernya lebih dari itu. Kamu punya hubungan lebih erat dengan orang sekitar. 

Sekarang makin banyak komunitas berkebun yang ngadain kelas bercocok tanam, ngolah kompos, bikin kompos cair, atau bahkan gaya hidup minim sampah. Coba deh gaes. 
 

b. Forest bathing atau mandi hutan
Mandi hutan populer di Jepang, istilah lainnya Shinrin-yoku. Konsepnya, kamu ngabisin waktu di hutan atau lokasi yang banyak pepohonan dan udara segar. 

Kamu bisa mulai dengan jalan-jalan pagi di taman dekat perumahan atau taman kota. Cara ini bisa ngelatih kesadaran sini-kini serta ngaktifin panca indera. 
 

c. Terapi dengan hewan peliharaan
Hewan peliharaan termasuk bagian dari ecotherapy. Suka pelihara burung, kucing, anjing, hamster, dan lainnya? Coba yuk main, manja-manjain, atau jalan santai bareng mereka. 

Dikutip dari laman National Geographic Indonesia, ada satu studi yang dipublikasiin di jurnal AERA Open tentang main sama hewan peliharaan. Dengan ngelus kucing dan anjing selama 10 menit, itu bisa nurunin hormon stres dalam jumlah signifikan. 

Cara ini juga efektif untuk ngurangin stres dan ningkatin keintiman bareng hewan peliharaan. 
 

d. Meditasi dan yoga di luar ruangan
Yoga dan meditasi di luar ruangan bikin kamu lebih nyatu dengan alam. Kalo kamu masih di rumah aja, lakuin yoga dan meditasi di area yang masih terkena sinar matahari. Contohnya di halaman rumah atau ruang dekat pintu atau jendela. 
 

e. Jelajah alam bebas atau adventure therapy
Jelajah alam bebas atau adventure therapy bisa ningkatin keterampilan bertahan hidup serta ngelatih coping mechanism pas ngadepin masalah. Coba deh tantangannya, mulai dari camping, ndaki gunung, atau panjat tebing bareng temen. 

 

Manfaat ecotherapy 
Beragam kegiatan ecotherapy di atas ternyata ada beberapa yang udah Teman JAGADIRI lakuin. Terbukti kan kegiatan itu bikin kamu lega dan kembali semangat lagi? 

Jadi, apa aja manfaat ngelakuin ecotherapy

1. Ningkatin suasana hati
Berada di luar rumah dengan penuh pohon dan udara segar dipercaya mampu ningkatin suasana hati (mood). Khususnya pas kamu jalan pagi. Rasanya tuh healing banget deh! Jadimin jamin,  kamu yang suka lakuin bakal produktif dan fokus seharian. Mau coba? 
 

2. Jernihin pikiran
Ecotherapy emang nawarin terapi yang bikin kita deket sama alam dan bumi. Ini karena kita ada di ruang terbuka hijau dan ngasih jeda diri dari aktivitas screen time. 

Di samping itu, jalan-jalan di area hutan kota atau taman bisa ngurangin stres, nurunin tekanan darah, dan juga bikin hati dan pikiran lebih lega. 
 

3. Ningkatin kinerja sistem imun
Berada di ruang terbuka hijau bisa ningkatin kinerja sistem imun. Soalnya ada efek rileks buat tubuh saat kamu aktif gerak. Hasilnya, kamu lebih banyak ngeluarin keringat, rasa cemas nurun, dan ngasih kesempatan tubuh untuk istirahat. 
 

4. Ringanin stress akibat rutinitas sehari-hari
Rileks adalah salah satu manfaat ecotherapy yang baik untuk tubuh dan pikiran. Dengan jalan-jalan, berkebun, atau berada di ruang terbuka hijau, kamu bakal jadi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak. 
 

5. Ningkatin kreativitas
Eoctherapy secara langsung bisa ningkatin kreativitas. Sebabnya, ruang terbuka hijau atau ngelakuin aktivitas di luar ruangan bikin kamu lebih banyak dapet asupan oksigen di udara. Oksigen inilah yang baik untuk sel-sel otak dan ngaruh ke daya ingat dan fokus. 
 

6. Ngelatih panca indera
Terakhir, ecotherapy juga baik untuk latih panca indera. Kamu jadi lebih grounding atau sadar bahwa kamu berada di satu momen saat ini. 

Teknik grounding juga bikin lebih peka sama lingkungan sekitar. Mulai deh dengan jalan nyusurin taman atau lapangan. Rasain sensasi suara dan suhu di sekitar. 

 

Sehat mental juga perlu didukung, gimana caranya? 
Sehat mental sama pentingnya dengan sehat fisik. Keduanya saling berkaitan dan kalo salah satunya keganggu, kamu jadi nggak seimbang.

Karena itu, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa punya peran untuk bantu kamu ngakses fasilitas kesehatan dan dapet jaminan perlindungan. 

Misalnya kayak asuransi jiwa murah Jaga Jiwa dari JAGADIRI. Asuransi jiwa murah ini punya manfaat atau benefit

  • Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan;

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan;

  • Dapat nyertain pasangan sebagai tertanggung;

  • Apabila tertanggung lebih dari 1, maka tertanggung dengan usia lebih muda akan dapetin diskon premi 5%

  • Untuk pembayaran premi secara tahunan, kamu bakal dapetin diskon premi 10%;

  • Frekuensi pembayaran premi bulanan dan tahunan. *Syarat dan Ketentuan Berlaku

Premi asuransi jiwa murah ini mulai Rp23.000,00, dapetin sekarang!

Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus! 

 

Sumber:

https://www.medcom.id/rona/kesehatan/JKRygApk-manfaat-terapi-hijau-untuk-atasi-stres 

https://www.suara.com/health/2014/12/03/113555/usir-stres-dengan-terapi-hijau 

https://indonesiatatler.com/wellness/5-manfaat-ecotherapy-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental 

https://health.kompas.com/read/2016/12/09/210500923/mandi.hutan.tren.kesehatan.yang.populer.di.jepang 

https://www.healthline.com/health/mental-health/ecotherapy#types 

https://techno.okezone.com/read/2009/09/03/56/254119/mencium-bau-rumput-bisa-hilangkan-stres 

https://journal.sociolla.com/lifestyle/5-langkah-teknik-grounding/ 

https://kids.grid.id/read/472957556/salah-satunya-bisa-meningkatkan-kreativitas-inilah-4-manfaat-kesehatan-dari-bunga-segar?page=all 

https://nationalgeographic.grid.id/read/131789492/studi-bermain-dengan-anjing-dan-kucing-bagus-untuk-redakan-stres 

https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-jiwa 

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1