Article

Sering Dapet SMS Pinjol?

09:19, 11 January 2022

Resize blog   05. sering dapet sms pinjol 1980x1080

Kenali Ciri-Cirinya!

Pinjaman cepat dari pinjol atau pinjaman online ilegal emang menggiurkan. Tapi, apa sih yang bakal bikin kamu kaget? Kenali ciri-cirinya supaya kamu nggak terjebak. Yuk kita bahas, Teman JAGADIRI! 

 

1. Nawarin lewat SMS spam
Siapa sih yang suka SMS spam? Jadimin juga nggak nyaman, apalagi kamu. Tapi, inilah yang jadi ciri-ciri umum dari pinjol ilegal, yakni nawarin layanan pinjol lewat SMS spam. 

Kalo dirangkum dari laman Sikapi Uangmu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), SMS penipuan pinjol itu berasal dari nomor umum yang terdiri dari nomor digit banyak. Nah beda sama nomor pengirim SMS asli, biasanya sih terdiri sekitar 3-6 digit angka. 

 

2. Fee atau biaya pinjaman sangat tinggi
Pinjaman atau fee pada pinjol ilegal juga menggiurkan. Karena biaya pinjamannya sangat tinggi, yakni bisa mencapai 40 persen dari jumlah pinjaman. Kebayang nggak sih gimana cara lunasinnya, Teman JAGADIRI? 

 

3. Suku bunga dan denda sangat tinggi
Di samping biaya pinjamannya tinggi, ternyata suku bunga dan dendanya juga ikutan tinggi. Jadimin cek di laman Kontan, nilai suku bunga dan denda pinjaman pinjol ilegal bisa mencapai 1 persen – 4 persen per hari. Waduh! 

Padahal menurut OJK, total biaya pinjaman maksimal 0,8 persen per hari dengan biaya pinjaman serta denda memuat informasi lengkap dan transparan. 

 

4. Minta akses semua data di ponsel
Nggak hanya itu, pinjol ilegal juga bakal minta akses semua data dari ponsel kamu. Misalnya seperti kontak, foto, dan video. Sementara ketika kamu pinjam dana ke pinjol resmi, mereka hanya akses kamera, mikrofon, dan lokasi kamu. 

Karena itu, nggak heran ketika pinjol ilegal melakukan penagihan yang nggak beretika dan mungkin aja berujung pada doxing atau tindakan penyebarluasan informasi pribadi ke publik.

 

5. Penagihan nggak beretika
Cara pinjol ilegal nagih dana ke kamu juga nggak banget. Mereka sering neror, melakukan intimidasi, bahkan pelecehan. 

Kalo sampe begini, kamu harus blokir semua nomor kontak penagih pinjol, lalu kabari ke kontak kamu agar mereka abaikan pinjol itu. Segera lapor polisi juga dan lampirin bukti screenshot pesan yang masih muncul. 

 

6. Nggak punya layanan pengaduan dan identitas kantor jelas
Salah satu ciri khas dari pinjol ilegal yang rajin SMS spam ke kamu: nggak punya layanan pengaduan. Bahkan, identitas kantor aja nggak kedeteksi di pencarian Google. Hayo hayo. 

Dirangkum dari laman Sikapi Uangmu OJK, pinjol ilegal biasanya nutup-nutupin informasi perusahaan. Jadi kalo ada apa-apa, kamu kesulitan buat ngelapor ke layanan pengaduan. 

Jika kamu ngalamin kejadian dapet SMS pinjol, pastiin selalu ya informasi perusahaan pinjol gampang diakses dan transparan. 

 

Penting banget untuk proteksi diri dari pinjol ilegal
Betul banget! Lakuin proteksi diri mulai dari saring atau filter informasi perusahaan pinjol. Pastiin perusahaan tersebut terdaftar di OJK. 

Jangan lupa juga, pinjam dana artinya kamu harus berkomitmen untuk lunasin. Makanya itu, sering banget muncul reminder atau pengingat agar kamu merhatiin besaran suku bunga, denda, serta biaya lainnya.

Proteksi juga diri kamu dengan asuransi Jaga Aman Instan, asuransi online dari JAGADIRI. Khususnya ketika kamu berencana ngelakuin aktivitas ekstrem, travelling, atau olahraga. Tentunya kamu butuh peralatan atau gear yang mumpuni biar pas action lebih maksimal kan? 

Asuransi murah dari JAGADIRI ini bisa proteksi kamu mulai dari 3 jam hingga 12 bulan. Tersedia juga santunan perawatan rumah sakit akibat kecelakaan dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan. Premi mulai Rp25.000,00 pula. Beli sekarang! *Syarat dan Ketentuan Berlaku
 

Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update info dan tips keuangan dari Jadimin. 

 

Sumber:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20636 

https://www.wartaekonomi.co.id/read370972/kenali-ciri-ciri-pinjol-ilegal-sejak-dini 

https://keuangan.kontan.co.id/news/kenali-ini-7-ciri-pinjol-ilegal-yang-perlu-diwaspadai-masyarakat-1 

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/11/13374261/warga-cilincing-jadi-korban-doxing-oleh-pinjol-satgas-waspada-investigasi?page=all

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square