Article

Tips Nyiapin Dana Darurat dengan Nabung Emas

13:24, 21 December 2021

Resize blog   02. tips nyiapin dana darurat dengan nabung emas 1980x1080

Buat Pemula dan Terjangkau!

Punya dana darurat pasti jadi prioritas pas rencanain keuangan. Dana darurat ini yang bantu kamu pas dalam keadaan terdesak dan nggak terduga. Namun, kamu juga bisa lho nyiapin dana darurat dengan tabungan emas. Gimana caranya? Simak tips-tips berikut yuk, Teman JAGADIRI! 


Tips nyiapin dana darurat dengan tabungan emas
Tabungan emas bisa diandelin. Sebabnya, sifat emas cenderung kuat dan menjadi alat pelindung nilai yang tahan banting dari inflasi. Nggak hanya itu, tabungan emas juga bisa dicairin. Nilai emas pun juga cenderung naik dalam jangka panjang. 

Sekarang, tabungan emas bisa kamu akses secara online. Jadi, makin gampang deh dari segi kepraktisan dan aksesnya. 

Terus, gimana sih tips nyiapin dana darurat dengan tabungan emas? Cek empat tips berikut ini ya! 
 

1. Hitung rata-rata pengeluaran bulanan
Teman JAGADIRI, dalam sebulan, kamu ngabisin uang berapa hayo? Nah, sebelum nabung emas untuk dana darurat, penting untuk tau rata-rata pengeluaran bulanan kamu. 

Tujuannya, agar kamu ngerasa nggak berat pas nabung dana daruratnya. Dirangkum dari laman Kompas.com, nominal dana darurat buat kamu yang masih berstatus lajang adalah setara tiga kali pengeluaran. Sementara itu, untuk kamu yang berstatus telah menikah dan punya anak, nominal dana daruratnya setara 6 kali pengeluaran. 
 

2. Alokasi sebagian penghasilan secara rutin ke tabungan emas
Setelah hitung rata-rata pengeluaran bulanan, saatnya bagi-bagi pos keuangan kamu atau alokasiin dananya. Alokasiin sebagian penghasilan rutin kamu ke tabungan emas. Misalnya sebesar 5-10 persen dari penghasilan bulanan kamu. 

Satu catatan untuk alokasi dana, jangan sampe kamu terbebani dan mengcape ngumpulin dananya. Pastiin kamu hepi dan bisa nikmatin momen-momen sini-kini (mindful). 
 

3. Kurangin pengeluaran nggak perlu
Jadimin ngerti, kita tuh paling nggak bisa tahan sama diskon tanggal kembar atau cashback. Apalagi barang-barang lucu dan gemesin makin banyak di online marketplace. Ditambah lagi, keliatannya tuh minimalis, fungsional, multitask, eh tapi kok kayaknya overpriced. Banyak kok Teman JAGADIRI, kamu nggak ngerasa sendiri. 

Tapi, demi ngumpulin dana darurat dengan tabungan emas, mungkin kamu masih bisa tahan-tahan. Caranya, dengan ngurangin pengeluaran yang nggak perlu. 

Artinya, kamu rela nahan diri dari pengeluaran yang didasarkan pada keinginan sementara. Jadi, bisa lah puasa atau break bentar dari belanja-belanja yang nggak perlu-perlu banget dan nggak mendesak. 

Kamu juga boleh kok masukin barang yang kamu pengenin ke cart atau keranjang online marketplace. Diemin seminggu. Lihat apa yang terjadi, kamu beneran butuh atau pengen aja? Coba deh Teman JAGADIRI kalo nggak percaya :P
 

4. Pantau tabungannya
Serunya nabung emas untuk dana darurat adalah, mantau progress tabungannya. Melakukan monitor tabungan emas perlu dilakuin agar kamu tetep konsisten dan stick sama tujuan awal yang pengen diraih. 

Bahkan, kamu juga bisa lihat pergerakan harga emas dari waktu ke waktu. Kamu jadi tau deh berapa keuntungan dan kerugian yang kamu dapetin selama nabung emas. 


Selain dana darurat, kamu juga perlu siapin asuransi jiwa cashless
Iyap, asuransi jiwa punya banyak manfaat atau benefit. Misalnya seperti asuransi jiwa cashless, yang bayarnya praktis non tunai. Bahkan dapet e-voucher nonton dan belanja tiap bulannya. Kayak Jaga Jiwa Xtra. 

Selain itu, manfaat asuransi jiwa Jaga Jiwa Xtra adalah: 

  • Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan sebesar Uang Pertanggungan;

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar dua kali Uang Pertanggungan;

  • Premi kembali hingga 110% yang diberikan di akhir masa pertanggungan 7 tahun;

  • Premi kembali hingga 100% yang diberikan di akhir masa pertanggungan 5 tahun;

  • Layanan bantuan 24/7 meliputi tele-konsultasi medis, evakuasi medis, repatriasi medis, transportasi untuk keluarga tertanggung, dan pengiriman obat dalam keadaan darurat. 

    *Syarat dan Ketentuan Berlaku

Beli sekarang untuk dapetin asuransi jiwa cashless dari Jaga Jiwa Xtra! 

Nah, asuransi jiwa cashless juga bisa kamu sediain selama nabung dana darurat. Dana darurat dengan tabungan emas jalan, asuransi jiwa cashless buat jaga-jaga juga jalan. Semangat yaa Teman JAGADIRI! 

Follow juga Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus info dan tips keuangan untuk anak muda!


Sumber:

https://lifepal.co.id/media/dana-darurat/ 

https://www.finansialku.com/emas-sebagai-dana-darurat/ 

https://money.kompas.com/read/2021/03/28/120712626/tips-menyiapkan-dana-darurat-dengan-menabung-emas?page=all#page2

Recent News

Icon red chat
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square