Article

Tips buat Milenial dan Gen Z

16:13, 20 November 2020

Nov2 06

Untuk Mencapai Kemerdekaan Finansial

Siapa sih yang nggak pengen merdeka finansial? Pasti kamu juga mau dong. Jadimin bahas 5 cara ini biar kamu bisa ngeraih kemerdekaan finansial.

 

Kenalan dulu sama 6 tahap raih merdeka finansialnya

a. Tahap ketergantungan

Di tahap ini, kamu masih ngandelin orang tua untuk support kehidupan kamu. Wajar sih soalnya kamu masih sekolah dan kuliah. Asalkan kamu tau cara ngelola uang jajan kiriman ortu, kamu bisa lanjut deh ke tahap berikutnya.

 

b. Tahap punya penghasilan

Asyik nih kamu baru lulus sekolah atau kuliah dan langsung dapet kerjaan. Selamat ya! Artinya, kamu udah punya penghasilan nih. Ciye, mau beli apa aja nih gaes?

 

Eits, bukan berarti kamu langsung hamburin gaji pertama kamu loh. Karena di tahap ini, kamu perlu survive supaya gajinya cukup untuk biaya hidup. Baru deh agak legaan pas lanjut ke tahap berikutnya.

 

c. Tahap stabil

Udah nyaman sama kerjaan dan gaji cukup buat beberapa bulan, kamu masuk di tahap stabil nih. Artinya, kamu dapet income atau penghasilan lebih tinggi. That’s why kamu bisa nyisihin duit buat nabung serta punya asuransi kesehatan dan dana darurat.

 

d. Tahap bebas utang

Belanja dan ngutang karena belanja? Mana tahan gaes! Namanya juga punya gaji, terserah dong mau dikemanain? Iya juga sih. Sayangnya, ngutang untuk itu tuh malah bikin kamu stuck dan pusing.

 

Biar kamu aman dan bebas dari utang, coba deh dirapihin lagi spending-nya. Cek uang masuk dan keluar kamu. Sekalinya ada utang, lunasin. Prioritasin kebutuhan di atas keinginan.

 

e. Tahap aman

Punya kerjaan, gaji lancar, bebas utang, kayaknya hidup tenang banget kayak anak sultan yah? Nggak harus jadi anak sultan dulu kok. Soalnya, kamu bisa banget masuk ke tahap aman.

 

Tahap aman itu keadaan yang bikin kamu bisa investasi. Imbal hasilnya (return) malah cukup buat menuhin kebutuhan utama kamu. Selain itu, kamu juga bisa ngelindungin tujuan keuangan karena udah nyiapin backup lewat asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

 

f. Tahap merdeka finansial

Di tahap keenam ini kamu udah merdeka finansial. Ciri-cirinya, kamu udah punya penghasilan pasif dari investasi dan cukup buat kebutuhan pokok kamu. Punya pengeluaran juga sifatnya keinginan aja. Misalnya beli barang-barang kebutuhan sekunder dan tersier kayak gadget baru, jam tangan, tas atau fashion branded. Bahkan liburan 2-3 kali sebulan oke-oke aja.

 

Jadimin, mau banget dong kayak gitu! Gimana sih caranya?

Jadimin bagi 5 cara biar kamu bisa ngeraih merdeka finansial sejak dini. Apa aja yang perlu kamu highlight atau perhatiin?

 

1. Terapin metode SMART

Metode SMART ini mudahin kamu raih kemerdekaan finansial. Biar nggak bikin beban. SMART itu apa aja?

- S, artinya specific. Tentuin dulu arah tujuan finansial kamu secara spesifik dan jelas.

- M, artinya terukur atau measurable. Mau berapa dana yang dibutuhin untuk realisasiin tujuan kamu?

- A, artinya achievable atau bisa diraih dan realistis. Kalau muluk-muluk, berabe dah gaes.

- R, artinya relevant. Supaya tujuan kamu punya manfaat buat diri dan sekitar.

- T atau timebound. Mau berapa lama nih jangka waktunya buat capai tujuan kamu?

 

2. Catet uang masuk dan keluar

Dari zaman baheula, orang tua kamu dan Jadimin sering banget nyatet duit keluar dan masuk. Tujuannya, biar bisa ngeliat arus kas bersih (net cash flow) dalam kondisi positif. Ntar keliatan deh, gedean uang masuk atau uang keluarnya.

 

Sekalinya dapet net cash flow, manfaatin uangnya untuk capai tujuan finansial kamu. Makin gede net cash-nya, makin besar peluang raih tujuan kamu.

 

3. Gedein aset, biar kekayaan bersihnya juga gede

Ngomongin kaya-kayaan, Jadimin jadi inget soal aset dan kekayaan bersih. Aset itu kayak tabungan di rekening kamu, investasi, properti, deposito atau obligasi.

 

Utang gimana Jadimin? Itu masuknya liabilities dan sifatnya tagihan bulanan. Misalnya tagihan kartu kredit, kredit kendaraan, pay later, atau KPR.

 

Nah usahain gaes kamu gedein asetnya. Biar kekayaan bersihnya (net worth) mantep. Buat kamu yang punya utang, jangan sedih dulu. Selalu lunasin atau stop kalo nggak butuh-butuh banget. Baru deh seimbang.

 

4. Investasi dari sekarang, tapi pahamin juga instrumennya

Punya gaji gede bukan berarti bisa investasi semuanya. Pahamin juga instrumen dan jangka waktunya. Kalo perlu, cek kredibilitasnya biar nggak kejebak investasi bodong dan money game.

 

Mumpung masih muda, maksimalin yuk belajar investasi dan keuangan. Jadimin mau spoiler deh. Gaji gede belum tentu bisa merdeka finansial. Yang penting kamu disiplin buat nyisihin duit, bukan nyisain duit.

 

5. Berapa pun gaji kamu, pastiin juga punya backup buat diri

Investasi bisa dilakuin pas kamu siap dari segi tabungan, dana darurat, dan asuransi. Nah, asuransi kesehatan dan jiwa siapin juga sejak dini. Biar tetep produktif dan bebas nongkrong online berjam-jam bareng segeng.

 

Mau merdeka finansial bareng Jadimin nggak? Follow yuk Instagram @jagadiri_id biar update terus tips keuangan, gaya hidup, dan spot liburan seru di Indonesia.

Recent News

  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square