Article

Apa Itu NFT Art dan Cara Kerjanya

16:31, 3 August 2022

03 1980x1080  6

Serba-Serbi Apresiasi Seni Digital

 

Masih ingat sama foto selfie Ghozali Everyday yang trending di Twitter? Foto selfie-nya dijual dalam bentuk NFT Art dan laku 31 juta rupiah. Wah kok bisa? Jadi apa itu NFT Art? Yuk kita bahas bareng gaes! 

Apa itu NFT Art? 

Dirangkum dari berbagai sumber, NFT Art atau Crypto Art adalah karya seni digital yang dipublikasiin dalam bentuk token mata uang kripto. NFT Art bisa kamu akses dan diperjualbelikan di situs blockhain, misalnya OpeanSEA, Hic Et Nunc, Rarible, Mintable, Auctions, SuperRare, dan sebagainya. 

NFT atau Non-Fungible Token ini bisa berupa video, game, musik, foto, screenshot, virtual real-estate, virtual card, bahkan tweet (twit) seperti yang dilakuin Jack Dorsey, CEO Twitter, yang jual twit pertamanya dalam bentuk NFT seharga hampir 36 miliar rupiah. 

Terus gimana dong cara kerja NFT Art? 
 

Cara kerja NFT Art

Setelah kita bahas “Apa itu NFT Art?”, saatnya bahas juga cara kerjanya. Sebenernya sih NFT itu sendiri adalah token digital yang nggak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan. Nah NFT ini bisa ditransaksiin baik oleh konsumen atau kolektor. Mata uang yang didukung biasanya sih Bitcoin dan Ethereum. Ada juga yang pake Solana atau mata uang kripto lainnya. 

Saat transaksi, NFT menjadi alat verifikasi karya digital. Nantinya, NFT bakal ngubah aset digital dan barang yang mau kamu koleksiin menjadi satu-satunya hak milik kamu. 

Makanya itu, tiap karya seni cuma punya satu NFT dan satu kode identitas unik. Inilah yang bikin karya seni digital yang diterbitin lewat NFT bisa bantu kamu untuk nandain seberapa orisinal sebuah karya. 

Oh iya buat kamu yang pengen jual-beli NFT Art, pastiin kamu punya dompet kripto atau crypto wallet. Masing-masing situs blockhain penyedia NFT punya crypto wallet tersendiri. Misalnya OpenSea fasilitasin crypto wallet kayak Phantom, MetaMask, OperaTouch, Bitski, dan lainnya.


Cara apresiasi seni digital lewat NFT Art

Udah jual-beli NFT Art nih Teman JAGADIRI, tapi gimana cara apresiasi seni digitalnya? 

Salah satu cara yang bisa kamu lakuin adalah dengan beli karyanya. Itu cara yang termudah. Kamu bisa koleksi karya seniman dan kreator yang kamu inginkan, klik beli deh. Dengan cara ini, kamu bisa dukung mereka tetep berkarya.   

Di samping itu, kamu juga bisa promosiin karya seni digital mereka lewat media sosial, seperti Twitter, Instagram, atau Tiktok. 
 

Apa keuntungan NFT Art buat seniman dan kreator? 

Keuntungan NFT buat seniman dan kreator adalah:

  • Ngelindungin seniman atau kreator terkait hak cipta dan orisinalitas. 

  • Bantu ngejembatanin diri dengan komunitas. 

  • Perluas jangkauan audiens. 

  • Kesempatan baru untuk seniman pemula yang belum punya kesempatan unjuk karya di pameran konvensional. 

  • Ngehubungin seniman atau kreator dengan kolektor tanpa batasan wilayah. 
     

Twitter bolehin kamu pamerin foto NFT, Instagram kapan?

Januari 2022 lalu, akhirnya Twitter perbolehin pengguna untuk pamer foto profil NFT. Fitur “NFT Profile Pictures” luncur untuk pelanggan Twitter Blue di iOS. Sayangnya, Twitter Blue hanya terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru aja. 

Selain Twitter, Instagram juga nggak mau ketinggalan. Instagram bakal uji coba fitur NFT pada Mei 2022. Di akhir Mei 2022, fitur ini udah diterapin ke beberapa pengguna centang biru, salah satunya Gary Vay-Ner-Chuk (@garyvee). 

Sumber: Introducing Digital Collectibles: Supporting Creators and Collectors in Showcasing their NFTs on Instagram
 

Sayangnya, hanya dilakuin pada pengguna terpilih di Amerika Serikat. Bentuk asetnya berupa gambar, video, atau musik dan bisa dibeli pengguna lainnya. Untuk mata uang kriptonya pake Ethereum. Menarik ya Teman JAGADIRI? 

Itu dia pembahasan NFT Art. Kebukti kan karya seni bisa dibeli secara digital? Asuransi juga bisa dong, misalnya kayak asuransi digital dari JAGADIRI. Pelajari selengkapnya di sini yuk!

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/tekno/read/4858253/pemuda-indonesia-ghozali-everyday-jual-nft-foto-selfie-laku-rp-31-juta

https://support.opensea.io/hc/en-us/articles/1500007978402-What-crypto-wallets-can-I-use-with-OpenSea- 

https://www.digination.id/read/017217/peluang-crypto-art-berikut-alasan-dan-marketplace-untuk-menjual-karya-mu 

https://ilovelife.co.id/blog/berniat-beli-nft-art-pelajari-dulu-cara-kerjanya/ 

https://jalantikus.com/finansial/nft-art/ 

https://teknologi.bisnis.com/read/20220121/84/1491697/pengguna-twitter-kini-bisa-pamer-nft-gimana-caranya 

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220511062640-185-795268/instagram-bakal-uji-coba-fitur-nft-pekan-ini 

https://about.instagram.com/blog/announcements/instagram-digital-collectibles

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1