Article

Mungkin Nggak ya, Kena Asam Urat di Usia Muda?

14:09, 5 August 2022

08 1980x1080  1

Asam Urat Gak Kenal Usia

 

Masih muda tapi sering ngerasa sakit di kaki atau persendian? Ada yang bilang, asam urat tinggi kali tuh! Ah, tapi kan masih muda, mungkin nggak sih? Masa iya?

Jawabannya, mungkin banget! Asam urat tinggi bisa menyerang segala usia termasuk usia muda, bahkan anak-anak aja bisa kena juga, lho! Yuk kupas tuntas tentang asam urat ini bareng Jadimin!
 

Apa itu Asam Urat?

Jadi, asam urat adalah sebuah senyawa yang diproduksi tubuh untuk mengurai purin. Purin sendiri adalah protein yang banyak terdapat di daging merah, jeroan, kacang-kacangan dan juga putih telur.

Nah, asam urat jadi tinggi kalau kadar purin yang masuk ke tubuh kita lebih tinggi dari yang bisa diurai tubuh, dan itu yang jadi penyakit.

Kalau kadar asam urat tinggi, bisa terjadi peradangan di daerah persendian yang menimbulkan rasa nyeri dan bisa juga terjadi pembengkakan di daerah sendi yang meradang itu. Umumnya, asam urat ini terjadi di persendian area jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut.

Jadi kalau ngerasain sakit di lutut, atau jari dan pergelangan kaki, apalagi sampai bengkak, udah bisa curiga dengan kemungkinan asam urat tinggi.
 

Gejala asam urat tinggi apa aja, nih?

Di bawah ini gejala asam urat tinggi yang perlu kamu tahu:

  1. Nyeri sendi yang terasa sakit banget

  2. Bengkak di sendi

  3. Kemerahan

  4. Sendi terasa panas
     

Terus, apa aja sih penyebab penyakit asam urat di usia muda?

Supaya kamu bisa jaga-jaga, Jadimin kasih tahu beberapa penyebab penyakit asam urat di bawah ini:

  1. Mengonsumsi makanan tinggi purin

  2. Obesitas

  3. Kondisi medis tertentu seperti:

    • Jantung

    • Tekanan darah tinggi

    • Masalah metabolisme

    • Diabetes

    • Masalah ginjal

  4. Mengonsumsi alkohol

  5. Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi fruktosa
     

Terus, gimana caranya biar terhindar dari asam urat tinggi?

Jadimin bagi tips sedikit ya untuk menghindari asam urat tinggi!

  • Menjaga pola makan
    Coba kurangin makan makanan yang mengandung banyak purin kayak daging merah, jeroan, kacang-kacangan, juga putih telur.

  • Banyak bergerak alias olahraga
    Olahraga bagus banget untuk kesehatan sendi. Untuk orang yang punya masalah dengan kelebihan berat badan juga bisa dapet bonus: kurus! Yuk gerak yuk!

  • Menjaga berat badan
    Nah, ini penting nih! Karena salah satu penyebab asam urat tinggi adalah obesitas, jadi penting untuk jaga berat badan agar tetap ada di batas normal.

  • Batasi atau hindari konsumsi alkohol
    Buat kamu yang suka konsumsi alkohol, ada baiknya dikurangin dan nggak sering-sering minum. Karena dengan sering minum alkohol, bisa kena risiko asam urat tinggi.

Selain itu, boleh banget lindungi diri sendiri dengan asuransi kesehatan terbaik.

Sst, Jadimin bisikin dikit nih rekomendasi dari Jadimin.

Ada beberapa pilihan yang pasti oke buat kamu! Mulai dari asuransi kesehatan terjangkau yang banyak pilihan paketnya. Ada paket Platinum yang bisa cover biaya rawat jalan, lho!

Selain itu kalau kamu mau perlindungan lebih, ada asuransi kesehatan sekaligus asuransi jiwa, juga asuransi keluarga untuk melindungi kamu dan keluarga!

Pengaplikasiannya juga mudah, lho! Cashless pula!

Oh iya, jangan lupa follow Instagram @jagadiri_id ya untuk terus dapet update-an terbaru dari Jadimin!

 

Sumber:

https://www.niams.nih.gov/health-topics/gout#:~:text=Gout%20usually%20develops%20in%20middle,tends%20to%20be%20more%20severe.

https://www.cdc.gov/arthritis/basics/gout.html#:~:text=Gout%20is%20a%20common%20form,no%20symptoms%2C%20known%20as%20remission.

https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square