Article

Lebih Mudah dengan Asuransi Digital - Yuk Cari Tau Kelebihannya

13:51, 20 January 2023

01 1980x1080  11

Asuransi Digital Lebih Mudah dan Praktis

Semenjak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, aktivitas secara daring atau virtual bisa jadi salah satu solusi biar kita tetep aman di tengah kondisi yang gak pasti soal penyebaran virus corona. Pandemi Covid-19 juga ngasih kesadaran masyarakat tentang pentingnya ngelindungin diri pake asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kalau kamu udah punya asuransi kesehatan, kamu bisa tetep dapet pelayanan pengobatan kalau tiba-tiba sakit tanpa harus nguras tabungan yang udah disiapin buat tujuan di masa depan. Soalnya, perusahaan asuransi bakalan nanggung biaya pengobatan tersebut.


Gak cuman ningkatin kesadaran tentang pentingnya asuransi, pandemi Covid-19 juga ngedorong tren asuransi digital. Adanya asuransi digital ini gak terlepas dari perkembangan dunia digital yang udah ngubah perilaku konsumen dari yang tadinya ngelakuin aktivitas secara langsung, jadi serba daring. Penyedia asuransi udah semakin dekat sama jari kamu. Kamu tinggal buka gadget yang kehubung sama internet, terus bisa langsung ngeliat berbagai macam produk asuransi apa aja yang bisa kamu pilih sesuai sama kebutuhan kamu. Pastinya, dengan adanya asuransi digital ini, bakalan bikin hidup kamu lebih aman dan lebih mudah gaes. Pilihan buat asuransi digital tuh ada banyak banget, yang pasti kamu harus pilih asuransi digital terbaik sesuai sama kebutuhan kamu.


Yukk scroll artikel ini buat pelajarin lebih lanjut tentang asuransi digital! 

 

Apa itu Asuransi Digital? 

Insurtech atau yang biasanya disebut asuransi digital adalah produk asuransi yang bisa kamu dapetin dengan cara daring. Artinya, kamu sebagai calon nasabah, bisa lebih gampang dapetin asuransi tanpa pihak perantara atau agen lagi.  Semua keperluan buat urusan asuransi yang dulu biasanya pake cara konvensional, sekarang udah bisa diakses lewat internet. Asuransi bisa kamu akses lewat gadget yang udah kehubung ke internet, bisa lewat komputer (PC) bahkan smartphone yang kamu punya. Sekarang ini, perusahaan asuransi bahkan udah banyak yang fokus buat masarin produk asuransinya dengan cara digital. Hampir sama kayak asuransi konvensional, asuransi digital pastinya disediain sama penyedia jasa keuangan yang udah punya badan hukum perseroan atau koperasi yang jelas. Setiap penyedia asuransi digital juga wajib laporin usahanya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan matuhin syarat serta ketentuan yang berlaku. Soalnya, seiring sama transformasi digital sektor keuangan, OJK sendiri udah ngeluarin peraturan terkait fintech. Salah satunya yang ada dalam Peraturan OJK Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan. Nah, adanya peraturan tentang inovasi keuangan digital dari OJK ini, bisa ngasih pengawasan dan pengaturan dalam industri finansial yang bikin calon nasabah jadi lebih aman.

 

Asuransi yang Paling Banyak Diminati Orang

Saat ini perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia banyak yang udah mulai berkembang dan berinovasi, mulai dari perkembangan nasabah, premi, jaminan sampe bisnis-bisnis dan kegiatan baru yang bisa diasuransiin. Dari macem-macem jenis bisnis yang bisa diasuransiin, ada jenis-jenis bisnis yang udah jadi jenis asuransi yang paling banyak diminati orang. Berikut ini adalah jenis asuransi yang paling banyak diminati orang berdasarkan sumber yang udah Jadimin rangkum: 
 

  1. Asuransi Perjalanan 

Asuransi jenis ini berkembang pesat karena banyak dari masyarakat Indonesia yang punya hobi jalan-jalan a.k.a travelling. Jenis travelling-nya juga macem-macem nih gaes, ada yang sukanya travelling ekstrim buat macu adrenalin sampai ada yang travelling buat healing. Banyak manfaat yang bakalan kamu dapetin dari jenis asuransi ini, contohnya ganti rugi buat bagasi kamu yang hilang, kerugian keterlambatan jadwal penerbangan sampe biaya pengobatan kalau kamu tiba-tiba sakit di tempat tujuan kamu.

  1. Asuransi Jiwa

Bisa dibilang kalau asuransi jiwa adalah asuransi yang paling banyak dan sering diminati di masyarakat Indonesia. Jumlah peminatnya pun terus nambah setiap tahunnya. Agen asuransi jiwa di Indonesia, sering ngaitin polis asuransi jiwa sama “warisan”, soalnya produk ini bermanfaat pas pemegang polis meninggal dunia.

Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia
 

  1. Asuransi Mobil 

Asuransi mobil jadi asuransi paling diminati di Indonesia, sejalan sama terus nambahnya jumlah mobil yang ada. Di Jakarta aja jumlah kendaraan bermotor terus naik sekitar 12% setiap tahunnya. Punya asuransi mobil adalah sebuah kewajiban buat para pemilik mobil, apalagi angka kecelakaan di Indonesia masih termasuk tinggi.
 

  1. Asuransi Pendidikan 

Jenis asuransi ini mulai tren di beberapa tahun terakhir. Asuransi pendidikan biasanya laris buat keluarga-keluarga muda yang baru menikah. Asuransi pendidikan bermanfaat buat ngejawab semakin tingginya biaya pendidikan dan ngejamin biaya pendidikan buat anak-anak kamu dimasa depan. Dengan tabungan pendidikan, kamu sebagai orang tua bisa ngelindungin nilai aset yang kamu punya terhadap inflasi akhirnya tabungan gak akan langsung amblas buat menuhin kebutuhan pendidikan anak kamu gaes.
 

  1. Asuransi Kesehatan 

Asuransi ini masuk ke dalam asuransi paling umum yang masyarakat Indonesia pake. Jenis asuransi ini bakalan ngejamin biaya buat perawatan kalau kamu sakit dan butuh perawatan medis di rumah sakit. Asuransi ini sendiri dibagi lagi sama beberapa jenis, ada asuransi yang ngasih sistem reimbursement, ada juga yang pake sistem kartu, dimana dengan kartu keanggotaan tersebut cukup di liatin aja ke pihak rumah sakit, maka biaya rumah sakit bakalan langsung ditanggung sama pihak asuransi.

Baca Juga: Manfaat Asuransi Kesehatan Kamu Harus Tau

 

Kelebihan Asuransi Digital 

Asuransi digital pastinya ngasih manfaat kemudahan dan keuntungan buat calon nasabahnya. Berikut ini adalah kelebihan asuransi digital: 

  1. Bisa Nge-bandingin Polis 

Salah satu hal yang jadi kelebihan dari asuransi digital adalah kamu sebagai calon nasabah bisa ngebandingin polis dengan gampang. Kamu bisa ngebandingin manfaat dan premi dari macem-macem produk yang ditawarin sama penyedia jasa asuransinya. Pastinya, hal ini bisa bikin kamu lebih gampang buat milih asuransi digital terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu. Contohnya nih di Jagadiri, kamu bisa gampang akses macem-macem jenis asuransi berdasarkan premi dan manfaat yang beragam juga. Kalau kamu belum pernah kepoin produk asuransi dari Jagadiri, mendingan habis baca artikel ini langsung kepoin dan tentuin asuransi digital terbaik buat diri kamu ya, gaes! 

Baca Juga: Pengertian Asuransi, Manfaat, Harga Premi, dan Cara Klaim
 

  1. Banyak Promo Menarik 

Penyedia jasa asuransi biasanya nawarin lebih banyak promo ketimbang kamu beli langsung secara offline loh. Ada juga promo yang ditawarin biasanya adalah diskon harga premi dan cashback. Jadi lebih worth it, deh! Promo yang ditawarin juga macem-macem, pastinya kalau pake asuransi digital kamu bisa dapetin harga paling menarik buat dapetin asuransi digital terbaik. 
 

  1. Praktis dan Gampang 

Cuman modal gadget doang, kamu udah bisa akses macem-macem produk pilihan asuransi yang sesuai sama kebutuhan kamu. Gak cuman itu, kamu juga bisa ngeliat langsung besaran premi dan manfaat yang ditawarin dari masing-masing produknya. Jadi gak perlu lagi repot-repot dateng ke kantor atau ngehubungin perusahaan asuransi loh! Nah, Jagadiri udah nyediain semua berbagai layanan produk asuransi yang bisa kamu pilih dengan cara digital gaes. Yuk kepoin Jagadiri sekarang! 
 

  1. Proses Klaim Lebih Gampang 

Buat kamu calon nasabah yang khawatir klaimnya ditolak, solusinya adalah beli asuransi digital aja gaes. Soalnya, selain proses klaim bisa diajuin secara online kapan dan di mana aja, penyedia jasa asuransi digital terbaik umumnya bisa ngebantu pengajuan klaim kamu sesuai sama perjanjian polis. Jadi, gak perlu khawatir hak buat klaim asuransi kamu ditolak, ya!
 

  1. Lebih Aman dan Prosesnya Cepet

Pas mau mutusin buat beli asuransi digital terbaik versi kamu, pastiin penyedia jasa asuransi udah resmi atau udah punya izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Minimal kalu itu agen perorangan, cek dulu ya izinnya. Nah, kalau udah mastiin izin usaha broker atau portal asuransi digital valid, selanjutnya proses transaksi pun bisa dilakuin lebih aman soalnya semua transaksi tercatat lewat sistem. Kalau di Jagadiri, kamu gak perlu khawatir lagi gaes karena pastinya udah terdaftar di OJK. 

Nah, itulah penjelasan dan kelebihan tentang asuransi digital yang udah Jadimin rangkum buat kamu. Meskipun emang asuransi digital tuh prosesnya gampang banget dan bisa kamu lakuin kapanpun dan dimanapun, tapi namanya sakit gak akan tanggalnya di kalender gaes! Biar kamu lebih waspada dan aman soal kesehatan diri kamu, yuk pastiin juga kamu punya perlindungan kesehatan dari asuransi kesehatan JAGADIRI yang preminya terjangkau banyak manfaat! Keuntungan asuransinya mulai dari: 

  • Plan Silver : memberikan santunan apabila Tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk Rawat Inap sesuai Uang Pertanggungan yang dipilih.

  • Plan Gold : memberikan santunan apabila Tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk Rawat Inap dan Pembedahan sesuai Uang Pertanggungan yang dipilih.

  • ​​​​​​Plan Platinum : memberikan santunan apabila Tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk Rawat Inap, Rawat Jalan dan Pembedahan sesuai Uang Pertanggungan yang dipilih.

Yuk punya asuransi digital terbaik sekarang! 


Sumber:

Lifepal, 2022. 
https://lifepal.co.id/media/asuransi-online/ 

Parapuan, 2022. 
https://www.parapuan.co/read/533080726/mengenal-asuransi-digital-dan-bedanya-dengan-asuransi-konvensional?page=all 

Roojai, 2022. 
https://www.roojai.co.id/article/melek-asuransi-keuangan/asuransi-online/ 

Simas insurtech, 2016. 
https://simasinsurtech.com/jenis-jenis-asuransi-paling-di-minati-di-indonesia/ 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp