Article

Sering Dibilang Obat Manjur, Ternyata Buah Mengkudu Juga Bahaya Bagi Kesehatan

10:27, 1 December 2022

07 1980x1080  7

Bahaya Buah Mengkudu untuk Kesehatan

 

Gak sedikit orang yang bilang kalau buah mengkudu adalah buah buruk rupa soalnya punya bentuk buah yang “gak cantik”. Tapi ternyata, manfaat mengkudu buat kesehatan gak seburuk rupanya, lho! Tapi, ada hal yang kamu harus tau kalau buah mengkudu ternyata juga bisa menjadi buah yang bahaya untuk kesehatan. . Terus apa aja sih risiko dari mengkonsumsi buah mengkudu? Yukk scroll kebawah, gaes! 
 

  1. Bikin Proses Pembekuan Darah Jadi Lambat 

Bahaya buah mengkudu yang pertama adalah bisa pengaruhin fungsi darah. Kalau kamu punya gangguan pendarahan atau lagi mengkonsumsi obat pengencer darah, kamu wajib ngehindarin makan buah mengkudu soalnya bisa memperlambat pembekuan darah. Akhirnya, obat yang lagi kamu minum, jadi gak punya tingkat efektivitas yang baik lho gaes! 
 

  1. Air Susu Ibu Malah Jadi Racun 

Buat kamu yang lagi hamil, sebaiknya gak mengkonsumsi buah mengkudu secara berlebihan. Bahkan kalau boleh Jadimin saranin sih buat kamu yang lagi hamil baiknya, hindarin buah tersebut sampai kamu melahirkan. Soalnya, bahaya senyawa yang ada di buah mengkudu bisa masuk ke air susu ibu dan bisa mencemari nutrisi yang ada didalamnya terus berubah jadi racun buat bayinya. 
 

  1. Ngerusak Hati 

Hati yang Jadimin maksud bukan hati yang bikin kamu galau ya. Jadi, buah mengkudu punya kandungan antrakuinon, yaitu senyawa yang ditemukan bersifat hepatotoksik (beracun bagi hati). Nah yang Jadimin baca selain kerusakan hati,  juga dapat menyebabkan hepatitis dan gagal hati, yang sebabnya karena konsumsi mengkudu.
 

  1. Ngeganggu Fungsi Ginjal 

Buah mengkudu adalah jenis buah yang punya zat kalium yang tinggi. Nah, zat itu bisa melukai jaringan ginjal. Kalau air mengkudu diminum secara berlebihan bakalan berbahaya buat fungsi ginjal terus melambat dan gak mampu lagi ngendaliin kadar cairan dalam tubuh dengan stabil.
 

  1. Gangguan Pencernaan 

Bahaya buah mengkudu kalau dikonsumsi dengan berlebihan, adalah zat-zat yang ada dibuah mengkudu bisa bikin tekanan terhadap pencernaan yang ngebuat jaringan perut jadi terganggu sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan 

Biar kamu lebih waspada dan aman sambil makan mengkudu, yuk pastiin juga kamu punya perlindungan kesehatan dari Jaga Sehat Pilihanku yang preminya terjangkau banyak manfaat! Keuntungan asuransinya mulai dari: 

  • Plan Silver : memberikan santunan apabila Tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk Rawat Inap sesuai Uang Pertanggungan yang dipilih.

  • Plan Gold : memberikan santunan apabila Tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk Rawat Inap dan Pembedahan sesuai Uang Pertanggungan yang dipilih.

  • ​​​​​​Plan Platinum : memberikan santunan apabila Tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan untuk Rawat Inap, Rawat Jalan dan Pembedahan sesuai Uang Pertanggungan yang dipilih.

Yuk punya asuransi Jaga Sehat Pilihanku sekarang! 
 

Sumber :

Jatim Hari Ini, 2022
https://jatimhariini.co.id/2022/07/04/5-bahaya-buah-mengkudu-jika-dikonsumsi-secara-berlebihan/ 

Orami, 2021
https://www.orami.co.id/magazine/bahaya-buah-mengkudu

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1