Article

Masih Sering Dilakuin! Makan Tengah Malam Itu Bahaya Loh!

10:15, 3 November 2023

09 1980x1080  4

Masih Mau Makan Tengah Malam?

 

Makan tengah malam bagi sebagian orang dianggap hal yang biasa, apalagi kalau sampai tengah malam masih juga sibuk dengan kerjaan kantor, kerja sistem shift atau nyelesaiin tugas – tugas kampus yang wajib segera dikumpulin. Pastinya aktivitas yang menguras energi ini bikin perut kelaparan dan akhirnya mau ngga mau kamu pun terpaksa makan.

Tapi tahukah kamu kalau makan tengah malam itu bahaya buat kesehatan? Ada beberapa dampak serius yang ditimbulin dari kebiasaan makan tengah malam. Apa saja bahayanya dan bagaimana cara menghindari supaya kamu ngga kelaparan di tengah malam lagi? Yuk simak penjelasan berikut.
 

Bahaya Makan Tengah Malam

Makan malam ngga dilarang lho, karena bagus buat kesehatan, apalagi kalau menu makanannya sehat dan dilakuin di jam yang tepat. Tapi makan di tengah malam sama sekali ngga dianjurkan, karena bisa berdampak negatif pada kesehatan. Buat kamu yang sering banget makan tengah malam, ini nih bahayanya untuk kesehatan.

  1. Berat badan bertambah

Pernah kan kamu denger kalau makan terlalu malam bisa bikin gemuk? Ini bener banget lho! Karena di malam hari, aktivitas fisik kita cenderung menurun, dan kalori dari makanan yang masuk ngga bisa dibakar sepenuhnya. Akibatnya kelebihan kalori secara otomatis akan tersimpan dalam lemak tubuh. Tanpa kamu sadari, pelan – pelan berat badanmu bertambah dan jadi ngga terkontrol lagi.

  1. Gangguan metabolisme

Sering makan tengah malam bikin kacau ritme alami tubuh dan nge-ganggu metabolisme. Padahal tubuh manusia ini secara alami dan teratur memproduksi hormon – hormon termasuk insulin yang tugasnya ngendaliin kadar gula darah. Kebiasaan makan tengah malam akhirnya akan mempengaruhi produksi insulin, nyebab-in resistensi insulin yang bisa memicu obesitas dan penyakit diabetes.

  1. Gangguan pencernaan

Bahaya makan tengah malam selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Ini terjadi karena sistem pencernaan butuh waktu untuk mencerna makanan. Nah, kalau kita makan terlalu malam dan langsung tidur, makanan ngga bisa dicerna dengan baik dan ini bisa nyebab-in gangguan pencernaan termasuk iritasi usus.

  1. Naiknya asam lambung

Idealnya makan malam dilakuin 2 – 3 jam sebelum tidur. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur bikin tubuh kesulitan mencerna makanan karena tubuh sudah dalam kondisi beristirahat. Akibatnya isi lambung bisa naik ke kerongkongan dan nyebab-in gejala asam lambung.

  1. Gangguan tidur atau insomnia

Makan tengah malam apalagi dengan makanan yang berat dan berlemak bikin perut terasa kembung. Ini yang seringnya nyebab-in ngga nyenyak tidur dan terpaksa begadang. Ngga heran saat bangun kepala terasa pusing dan tubuh rasanya belum cukup beristirahat.

  1. Penyakit kardiovaskular

Sering makan tengah malam ternyata juga bisa memicu penyakit kardiovaskular lho. Karena makan menjelang waktu tidur ini justru bisa ningkatin tekanan darah dan ngerusak keseimbangan gula darah. Kalau kondisi seperti ini dibiarin terus menerus, bisa nimbulin peradangan dan ngeganggu kesehatan jantung.

  1. Gangguan kesehatan mulut

Makan atau sekedar nyemil tengah malam juga bisa ngeganggu kesehatan mulut, apalagi kalau kamu makan sesuatu yang manis dan lengket. Makanan manis cenderung bertahan lebih lama di dalam mulut dan gigi dan bisa memicu pertumbuhan bakteri. Kalau pun terpaksa makan di tengah malam, jangan lupa untuk segera menyikat gigi dan ngebersihin mulut dari sisa – sisa makanan ya.

 

Tips Menghindari Makan Tengah Malam

Sebenernya, sesekali makan di tengah malam karena kondisi sedang lapar ngga langsung nimbulin masalah kesehatan kok. Yang bisa nimbulin masalah kesehatan adalah kalau makan tengah malam itu sudah menjadi sebuah kebiasaan atau sering banget dilakuin.

Jadi buat kalian yang memang punya kebiasaan makan tengah malam menjelang tidur, ini tips untuk bisa menahan diri biar engga makan tengah malam lagi :

  1. Minum air putih

Saat kamu ngerasa lapar tengah malam lagi, jangan buru – buru ambil makanan ya. Coba minum air putih segelas penuh, lalu tunggu beberapa saat. Kalau keinginan makan hilang, artinya kamu kurang minum air putih saja. 

Memang, kurang minum air putih bisa bikin tubuh kita lemas dan tubuh bisa mengartikannya sebagai rasa lapar. Makanya ngga heran kalau orang yang kurang minum, justru merasa sering lapar dan makan lebih banyak dari biasanya.

  1. Jangan makan malam berlebihan

Makan malam berlebihan bisa ningkatin kadar insulin dan penurunan gula darah dalam waktu cepat. Kondisi ini yang bikin kamu ngerasa lapar lagi di tengah malam. Karena itu, hindari makan malam berlebihan, kurangi karbohidrat dan perbanyak protein saat makan malam seperti ikan, daging ayam atau sapi, telur atau kacang – kacangan biar kamu bisa kenyang lebih lama.

  1. Buat pola makan teratur

Buat kamu yang punya pola makan ngga teratur, ini saatnya perbaiki pola makanmu ya. Meski ngga mudah krn berbagai aktivitas atau kesibukan, usahakan untuk makan di jam – jam yang teratur, misalnya makan pagi antara jam 7 – 8 pagi, makan siang jam 12 siang dan makan malam ngga lebih dari jam 7 malam. Dengan pola yang teratur begini dan dilakuin terus menerus, tubuh juga akan menyesuaikan dan ngerasa lapar di jam – jam yang memang ditentukan.

  1. Tidur minimal 8 jam sehari

Kurang tidur bikin metabolisme tubuh terganggu. Saat kamu kurang tidur, hormon leptin dalam tubuhmu menurun, sebaliknya hormon ghrelin meningkat. Hormon leptin berfungsi memberi sinyal kenyang, sedangkan hormon ghrelin berfungsi memberi sinyal lapar. Makanya saat kurang tidur, tubuh akan ngerasa lebih sering lapar dan makan lebih banyak dari biasanya.

  1. Lakuin relaksasi sebelum tidur

Relaksasi sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi setelah seharian beraktivitas. Nah, biar tidurmu nyenyak di malam hari dan ngga kelaparan di tengah malam lagi, lakuin relaksasi dulu sebelum tidur yuk. Misalnya yoga, latihan pernapasan dan peregangan, mandi air hangat, dan sebagainya yang membuatmu rileks dan tenang.
 

Itulah penjelasan mengapa makan tengah malam bahaya buat kesehatan kita dan apa yang bisa kita lakuin untuk menghindari kelaparan di tengah malam. Buat kamu yang punya kebiasaan ngga baik ini, yuk segera perbaiki pola makanmu, supaya terhindar dari bahaya penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Menjaga kesehatan harus jadi hal yang utama, karena sehat adalah modal kita untuk bisa beraktivitas dan ngelakuin apa saja dengan nyaman. Selain ngejaga pola makan, kamu juga sebaiknya punya perlindungan kesehatan seperti Jaga Sehat Pilihanku dari asuransi JAGADIRI. Jaga Sehat Pilihanku siap memberikan perlindungan baik rawat jalan maupun rawat inap. Jadi kamu ngga perlu pusing lagi mikirin biaya saat rawat inap, cukup konsentrasi pada kesehatanmu saja.

Dengan premi yang sangat terjangkau mulai dari Rp 25 ribuan, kamu bisa kok pilih perlindungan sesuai kebutuhan dan kondisi finansial. Jadi tunggu apalagi? Cek ke laman Jaga Sehat Pilihanku di https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-sehat-pilihanku dan segera daftarin dirimu dan keluarga sekarang juga!

 

Referensi :

https://health.grid.id/read/353820867/terungkap-bahaya-makan-di-atas-jam-9-malam-dampak-yang-mengerikanakan-terjadi-pada-kesehatan-dan-berat-badan?page=all

https://www.sehatq.com/artikel/makan-tengah-malam

https://health.kompas.com/read/2020/11/25/210100368/5-bahaya-makan-tengah-malam-yang-tak-boleh-disepelekan?page=all

https://yoursay.suara.com/health/2023/06/28/191420/sering-makan-lewat-jam-10-malam-ini-4-bahaya-makan-tengah-malam

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1