Article

5 Cara Membersihkan Karang Gigi, Bahannya Mudah Ditemukan

15:37, 18 November 2022

04 1980x1080  10

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

 

Karang gigi atau plak kuning yang menumpuk adalah masalah yang pasti dialami setiap orang. Emang sih karang gigi bukan masalah yang serius, tapi karang gigi ini gak boleh dianggap remeh biar gak berdampak pada kesehatan gigi kamu. Terus, gimana cara membersihkan karang gigi yang bahannya mudah ditemukan?

Kamu bisa mulai nerapin kebiasaan baik yang bisa merawat gigi kamu dan manfaatin alat sederhana yang bisa kamu temuin di rumah. Pengen tau gimana caranya? Yukk scroll kebawah, gaes! 

 

Kenapa sih karang gigi gak boleh dibiarin menumpuk?

Berdasarkan beberapa sumber yang udah Jadimin rangkum, karang gigi sebenernya adalah plak yang menumpuk pada gigi dan akhirnya menjadi mengeras. Nah, plak itu adalah suatu lapisan bening dan lengket yang terbentuk pas bakteri di dalam mulut bercampur dengan air liur dan sisa-sisa makanan.

Karang gigi bisa muncul di sela-sela gigi, dan di atas atau di bawah garis gusi. Kalau diraba pake lidah, teksturnya bakalan kerasa kasar. Karang gigi bisa dilihat dengan mata telanjang, biasanya sih warnanya putih kekuningan atau putih kecoklatan. Semakin gelap warna karang, itu artinya plak yang numpuk udah makin banyak dan menebal. 

Nah, seiring waktu, karang gigi yang dibiarkan terus bisa bikin tampilan gigi jadi gak menarik untuk dilihat. Gak cuman itu, kondisi ini juga bisa ningkatin risiko kamu mengalami berbagai masalah mulut nantinya. Kalau masih gak ditangani, karang gigi bisa menyebabkan radang gusi yang nantinya bisa bikin gusi jadi bengkak. Gusi bengkak bisa menyebabkan gigi jadi goyang dan copot dengan sendirinya. 

Selain itu, karang gigi juga sering disebut-sebut punya kaitannya dengan penyakit anemia atau kekurangan darah. Makanya, membersihkan karang gigi harus cepat dilakukan biar menghindari serangan pada bagian tubuh selain gigi dan mulut.

Karang gigi yang dibiarkan numpuk juga bisa bikin bau mulut dan perubahan warna gigi. Kondisi ini bisa bikin kamu punya penurunan rasa percaya diri dan rasa gak nyaman akibat kondisi gigi dan mulut yang gak segar. Makanya, melakukan pemeriksaan gigi rutin dan membersihkan karang gigi yang udah nempel adalah hal yang penting, gaes! 

Baca juga: 5 Rekomendasi Dokter Gigi Terbaik di Jakarta
 

5 Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara membersihkan karang gigi yang paling efektif pada dasarnya cuman bisa dilakukan melalui perawatan khusus oleh dokter gigi yaitu scaling gigi.

Tapi, kamu bisa coba beberapa cara alami yang bahannya mudah ditemukan, untuk mencegah karang gigi makin numpuk dan lebih parah yang bisa bikin kerusakan gigi. Berikut Jadimin rangkum, 5 cara membersihkan karang gigi yang bahannya mudah kamu temukan: 

  1. Kumur Dengan Cuka Putih 

Cara membersihkan karang gigi yang bahannya mudah ditemukan pertama adalah pake cuka putih. Cuka putih merupakan cairan asam, yang bisa efektif untuk bunuh bakteri mulut dan mencegah infeksi.

Cara membersihkan karang gigi pake cuka putih tuh gampang banget gaes! Kamu perlu campurin dua sendok makan cuka putih ke setengah cangkir air hangat. Tambahin juga satu sendok garam dan aduk merata. Nah setelah itu, berkumurlah dengan campuran yang tadi kamu buat satu kali setiap hari secara rutin, untuk membersihkan karang gigi yang numpuk di antara gigi dan gusi. 

  1. Gosok Gigi Dengan Lidah Buaya 

Dari dulu, Lidah Buaya udah populer banget karena kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan lidah buaya tuh efektif sebagai cara membersihkan karang gigi juga lho. Menurut Abdoney Orthodentics, lidah buaya bisa bunuh bakteri penyebab karang gigi dan juga bisa melawan bau mulut.

Cara membersihkan karang gigi pake lidah buaya tuh gampang banget, gaes! Pertama, campurin setengah cangkir soda kue dengan secangkir air. Terus, tambahin satu sendok makan gel/daging lidah buaya. Terakhir, tambahin 4 sendok makan gliserin nabati dan minyak esensial lemon. Nah, barulah gosok gigi kamu dengan campuran ini.

Cara lain yang bisa kamu coba, ambil lidah buaya dari daun segar terus gosokkan pada gigi kamu dan biarin selama 10 menit, lalu dibilas. 

  1. Odol yang mengandung Soda Kue

Soda kue adalah cara yang paling aman buat membersihkan karang gigi. Soda kue bisa menghilangkan plak tanpa merusak lapisan paling luar pada gigi yang melindungi bagian-bagian lain dari gigi.

Kalau Jadimin baca dari Sciencedirect, odol yang punya kandungan soda kue, bisa lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak di mulut daripada odol biasa.

  1. Kumur Dengan Minyak Kelapa 

Minyak kelapa sangat bermanfaat buat ngelindungin gigi. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung zat asam dengan yang bisa membunuh bakteri lho. Cara membersihkan karang gigi dengan minyak kelapa tuh gampang banget, gaes. Pertama, angetin 1 sendok makan minyak kelapa. Terus, kumur minyak kelapa di sekitar mulut selama 5-10 menit. Habis itu, ludahkan minyak kelapa ke tempat sampah atau handuk kertas. Jangan lupa, lakuin hal ini dengan rutin ya gaes, biar lebih efektif lagi. 

  1. Buah Jambu Biji 

Ternyata, perpaduan dari daun dan buah jambu biji bisa efektif dalam membersihkan karang gigi lho. Caranya gampang banget, kamu perlu mencuci beberapa lembar daun jambu biji, kunyah dan buang. Selain itu, kamu harus makan jambu biji mentah dan taburi sedikit garam diatasnya.

Jambu biji terkenal bisa meredakan masalah gusi karena memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan gusi yang lagi meradang. Cara ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi.
 

Selain beberapa cara membersihkan karang gigi dengan bahan yang mudah kamu temukan, kamu bisa menunjang kesehatan gigi dengan rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Makanya, pastiin juga kamu punya perlindungan perawatan gigi dari Jaga Senyumku

Jaga Senyumku adalah layanan asuransi dari JAGADIRI yang menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan gigi kamu dan Keluarga di Rumah Sakit dan Klinik yang bekerjasama dengan JAGADIRI. Manfaat asuransinya mulai dari: 

  • Konservasi Gigi 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan.

  • Perawatan Gigi termasuk pembuatan gigi palsu sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi dalam waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak kecelakaan terjadi.

  • Pembersihan Karang Gigi maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis dengan jarak kunjungan tidak kurang dari 6 bulan.

  • Pencabutan Gigi dengan maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa jarak waktu perkunjungan. 

  • Konsultasi Dokter dengan maksimum 2 (dua) kali dalam setahun tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan. 

Yuk punya asuransi Jaga Senyumku sekarang! 

 

Sumber :

Halodoc (2021) 
https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-7-cara-sederhana-membersihkan-karang-gigi 

Halodoc (2019)
https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-karang-gigi-harus-dihilangkan 

Merdeka.com (2021)
https://www.merdeka.com/trending/11-cara-membersihkan-karang-gigi-sendiri-di-rumah-ampuh-dengan-bahan-mudah-didapat-kln.html 

Siloam Hospitals (2022)
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-membersihkan-karang-gigi

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp