Article

Bisa Fatal! Ini Penanganan Tepat Atasi Dada Sesak Mendadak!

17:46, 30 January 2024

10 bisa fatal  ini penanganan tepat atasi dada sesak mendadak  1980x1080

5 Cara Mengatasi Dada Sesak Mendadak

 

Sesak nafas kalau lagi kambuh pasti bikin kamu nggak nyaman banget. Bukan cuma bikin kamu ngerasa nggak nyaman, tapi sesak nafas juga sering kali bikin panik dan rasanya seperti mau pingsan. Kalau penyakit ini lagi kambuh, sebaiknya kamu tahu gimana cara mengatasi dada sesak yang ampuh dan cepat.
 

5 Cara Mengatasi Dada Sesak

Bagi penderita sesak nafas, emang penting banget buat tahu gimana cara mengatasi dada sesak. Supaya efeknya nggak fatal, kamu bisa ngikutin beberapa cara berikut ini:

1. Coba Lakukan Teknik Pernapasan Khusus

Melakukan teknik pernapasan khusus bisa bantu kamu merasa lebih rileks dan atasi panik akibat sesak nafas. Ada beberapa teknik menarik yang bisa kamu coba saat sesak nafas lagi kambuh misalnya saja mengambil udara atau bernapas dengan posisi bibir mengerucut. 

Teknik ini bisa bantu buat memperlambat laju pernapasan. Pastiin kalau kamu berusaha buat tetap rileks dan mengambil nafas secara terus-menerus seperti ketika bersiul secara perlahan.

Teknik berikutnya yaitu pakai pernapasan diafragma. Caranya, kamu bisa duduk di kursi dengan lutut yang ditekuk dengan kepala dan leher yang rileks. 

Selanjutnya, kamu taruh tangan kamu di depan perut, dan selanjutnya tinggal tarik nafas pakai hidung secara perlahan, lalu keluarkan nafas pakai mulut sambil bibir mengerucut. Saat kamu buang nafas, cobalah untuk mengencangkan otot-otot perut, jadi akan ada tekanan di daerah diafragma.

Kamu bisa ngelakuin teknik ini selama kurang lebih 5 menit sampai kamu merasa lebih rileks dan sesak nafas bisa berkurang.

Teknik lain yang bisa kamu coba adalah dengan menaruh kepala kamu di atas meja. Coba buat posisi seperti sedang duduk di kursi lalu menghadap ke meja. Taruh tangan kamu di atas meja lalu condongkan dada ke depan. Selanjutnya, kamu bisa menaruh bantal di dekat tangan dan mengistirahatkan kepala kamu dan pundak kamu di atas bantal tersebut.

Kamu juga bisa coba teknik tidur santai. Tapi biasanya kalau kamu tidur saat sesak nafas, justru sesak nafas bisa terasa semakin parah. Tapi nggak ada salahnya kalau kamu coba buat berbaring miring dengan bantal yang ditaruh di antara kaki kamu.

Jangan lupa ketika kamu melakukan semua teknik tadi, kamu harus berusaha berpikir positif dan menenangkan diri supaya nggak tambah panik.
 

2. Minum Jahe

Kalau kamu udah coba ngelakuin teknik pernapasan khusus, kamu bisa juga mengkonsumsi minuman dari jahe. Jahe dikenal bisa bantu buat ngatasin berbagai macam masalah kesehatan termasuk mengurangi sesak nafas yang disebabkan sama infeksi saluran pernapasan. 

Kamu bisa buat ramuan dari jahe karena ini punya kandungan anti inflamasi yang cukup tinggi, dan bisa bantu buat kurangi peradangan di organ paru-paru kamu.

Cara buat bikin minuman jahe gampang banget. Kamu tinggal ambil beberapa ruas jahe, lalu cuci bersih dan kemudian geprek sedikit. Barulah kamu bisa merebusnya pakai 2 sampai 3 gelas air. Kalau udah mendidih, tuangkan ke cangkir atau gelas. 

Selanjutnya, kamu bisa tambahkan madu atau gula merah ke dalam gelas yang sudah berisi air jahe tadi. Kamu bisa minum ramuan ini ketika sudah mulai hangat dan nggak terlalu panas.
 

3. Menghirup Uap

Cara mengatasi dada sesak berikutnya yang juga bisa kamu coba yaitu menghirup uap. Kamu bisa nyiapin baskom yang berisi air panas. Selanjutnya, kamu bisa menghadapkan muka kamu ke baskom tersebut, dan menutup kepalamu hingga ke bawah baskom pakai handuk. 

Berikutnya, kamu bisa hirup uap hangat tadi karena ini bisa bantu buat mengencerkan lendir yang ada di paru-paru.

Cara ini cukup efektif apalagi kalau kamu nambahin beberapa tetes minyak essential. Kalau cara ini berhasil, kamu bisa jadiin ini sebagai pertolongan pertama pas sesak nafas lagi kambuh.
 

Jagain Resiko Dada Sesak Mendadak dengan Jaga Jiwa Xtra

Dada sesak mendadak emang jadi ketakutan tersendiri bagi setiap orang, karena kemungkinan resiko kehilangan nyawa sangat besar, maka perlu banget buat kamu tau cara ngatasinnya dan yang paling penting persiapan kondisi di situasi seperti sudah kamu persiapkan. Jaga Jiwa Xtra asuransi jiwa dari Jagadiri yang siap jagain kamu dari resiko sesak dada yang mendadak. Punya asuransi jiwa itu penting, supaya orang yang kita sayangi bisa tetap terjamin dengan dana asuransi yang kita milikin. Jaga Jiwa Xtra kasih manfaat extra buat kamu, premi bakal kembali 110% kalo enggak ada klaim ketika periode pertangguhan telah selesai, jadi enggak bakal rugikan? Dan banyak manfaat lainnya yan bisa kamu dapetin, yuk cek ke halaman Jaga Jiwa Xtra untuk info lebih lanjut.
 

4. Minum Air Putih Hangat 

Kamu perlu tahu kalau sesak nafas biasanya bisa makin parah saat cuaca dingin, apalagi kamu jarang minum air putih. Salah satu cara atasi sesak nafas yang juga penting buat kamu coba adalah banyak-banyak minum air putih hangat. 

Ini bisa bantu menjaga diri kamu agar nggak dehidrasi dan mengurangi pusing serta melegakan pernapasan. Tubuh yang lebih hangat akan lebih mudah rileks, jadi sesak nafas juga akan berkurang.
 

5. Minyak Atsiri

Cara mengatasi dada sesak lain yang cukup efektif buat bantu atasi sesak nafas adalah manfaatin minyak atsiri. Caranya yaitu tinggal gunakan diffuser lalu tambahkan minyak atsiri buat bantu melegakan pernapasan. Diffuser emang banyak dimanfaatkan sama masyarakat buat ningkatin kualitas dan kelembaban udara.

 

Lindungi diri Kamu Pakai Jaga Jiwa Xtra dari JAGADIRI 

Sesak nafas bukan cuma bikin kamu panik, tapi kadang-kadang juga bikin pikiran kamu kemana-mana dan bahkan khawatir kalau tiba-tiba waktu itu kamu ninggalin seluruh keluarga. Pastinya kamu pengen banget keluarga tetap bahagia dan memiliki kondisi finansial yang baik meskipun kamu udah nggak ada.

Kalau kamu pengen lindungin keluarga kamu, kamu bisa miliki yang namanya asuransi jiwa. Asuransi ini bisa bantu kamu merasa lebih tenang meskipun memang nggak pernah ada yang tahu tentang masa depan. Salah satu rekomendasi produk asuransi jiwa yang bisa kamu pilih adalah Jaga Jiwa Xtra dari asuransi JAGADIRI.

Produk Asuransi ini nawarin banyak keuntungan buat kamu diantaranya seperti premi yang super terjangkau, premi yang udah kamu bayarkan juga bakal balik 110% kalau nggak ada klaim sama sekali.

Produk Asuransi ini juga punya manfaat yang paling komplit. Hanya dengan premi mulai dari per bulan, kamu bakal dapetin santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sampai 200 juta. Setelah pembayaran berhasil, asuransi ini bakalan langsung aktif melindungi kamu dan keluarga.

Sekarang kamu udah tahu kan tentang gimana cara mengatasi dada sesak dan pentingnya punya asuransi jiwa. Yuk, langsung aja miliki produk asuransi Jaga Jiwa Xtra , dengan kunjungi web JAGADIRI ataupun hubungi customer service ya!
 

Sumber:

https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6190460/7-cara-mengatasi-sesak-nafas-dengan-cepat-dan-aman

https://www.halodoc.com/artikel/sesak-napas-tiba-tiba-ini-7-cara-mengatasinya

https://www.alodokter.com/solusi-tepat-cara-mengatasi-sesak-nafas-tanpa-obat

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1