Article

Gimana Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Makanan?

15:43, 20 September 2022

02 1980x1080  7

Cek 10 Makanan Ini Yuk!

 

Dari sekian banyak cara, ternyata kamu bisa loh menurunkan tekanan darah tinggi dengan makanan alami dan sehat. Ada apa aja? Yuk simak pembahasan selengkapnya! 

Kalau dipikir-pikir, cara menurunkan tekanan darah tinggi itu melalui: 

  • Konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah. 

  • Kurangin berat badan hingga berat badan ideal. 

  • Batasin konsumsi garam atau jalanin diet rendah garam. 

  • Rutin olahraga. 

  • Stop rokok dan minuman beralkohol. 

Teman JAGADIRI juga bisa nurunin tekanan darah tinggi dengan makanan alami, seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca juga: Suka Ngemil dan Banyak Duduk? Kurangi Konsumsi 12 Mamin Kolesterol Ini Yuk!
 

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan makanan

Makanan berperan penting dalam menyumbang energi ke aliran darah. Jantung jadi lebih gampang pompanya. Nah gimana dengan buah-buahan dan sayuran? 

Makanan penurun tekanan darah tinggi umumnya mengandung omega 3, zat antioksidan, magnesium, kalsium, kalium, serat, polifenol, hingga vitamin-vitamin lainnya. Nah kamu bisa dapetin 10 makanan sehat tersebut secara terjangkau dan gampang diakses. Berikut pembahasannya. 

1. Biji-bijian

Biji-bijian eperti biji rami atau flaxseed, biji chia atau chia seed punya manfaat untuk nurunin tekanan darah tinggi. Kok bisa? 

Biji rami punya kandungan omega-3, serat, dan senyawa-senyawa tertentu yang bisa nurunin tekanan darah. Sementara biji chia mengandung kalium, serat, dan magnesium yang bisa ngatur tekanan darah. Uniknya, biji chia termasuk salah satu super food loh. 
 

2. Cokelat hitam

Siapa bilang penderita hipertensi nggak bisa makan cokelat? Bisa kok, variannya cokelat hitam gaes. Cokelat hitam kaya zat antioksidan yang bikin pembuluh darah lebih leluasa memompa darah.

Pastiin cokelat hitam yang kamu konsumsi mengandung 70% kakao dan tanpa gula. Biar manfaatnya langsung kerasa, Teman JAGADIRI. 
 

3. Jeruk-jerukan

Buah jeruk seperti jeruk bali, jeruk, dan lemon termasuk makanan yang bisa menurunkan tensi tinggi. Karena, jeruk punya kandungan utama kalium yang bisa nyeimbangin kadar natrium dalam tubuh. Alhasil, tekanan darah berkurang. 

Selain kalium, jeruk juga mengandung antioksidan, nitrat, dan vitamin C yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Jadi, buah jeruk mana yang Teman JAGADIRI suka? 
 

4. Ikan-ikanan

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi melalui makanan adalah dengan konsumsi ikan-ikanan. Ikan kaya lemak sehat seperti omega-3 yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Menurut American Heart Association, seenggaknya kamu perlu konsumsi ikan berlemak sebanyak dua kali seminggu. 

Apa saja ikan berlemak sehat? Contohnya adalah salmon, tuna, sarden, makarel, kakap, tongkol, cere, atau jenis ikan laut dalam lainnya. 
 

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang lima, kacang pistachio, dan sejenisnya kaya kandungan kalium. Nggak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung serat dan protein yang bisa ngebantu asupan energi penderita hipertensi. 

Nah biar makin sehat, Teman JAGADIRI bisa konsumsi kacang-kacangan dengan cara direbus atau dicampur dengan sayuran lain. Kalau mau nambahin rasa, tambahkan sedikit garam. 
 

6. Minyak zaitun

Terbiasa pake minyak sawit? Nah minyak zaitun bisa menjadi alternatif di rumah. Senyawa polifenol di minyak zaitun ternyata baik untuk kesehatan pembuluh darah, ngelawan radikal bebas, dan nurunin tekanan darah tinggi. 
 

7. Sayuran hijau

Konsumsi sayuran hijau bisa juga menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa olah macam-macam, mulai dari rebus, kukus, tumis, atau sup. 

Sayuran hijau apa aja yang bisa kamu konsumsi seperti bayam, sawi, selada, kale, lobak hijau, brokoli, kubis, dan lain-lain. Sayuran ini kaya serat, antioksidan, kalium, magnesium, dan potasium yang ningkatin aliran darah lebih sehat dan ngebuang kelebihan natrium di tubuh. 

Pastiin sayuran hijau yang kamu konsumsi adalah segar dan nggak diawetin ya. 
 

8. Oatmeal

Oatmeal atau oat juga mengandung senyawa yang bisa nurunin tekanan darah tinggi. Berasal dari tanaman oat atau haver, oatmeal diolah utuh beserta serat dan kulit arinya. Makanya oat kaya serat, protein, karbohidrat, lemak sehat, serta zat lainnya seperti magnesium, kalium, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. 
 

9. Umbi-umbian 

Umbi-umbian seperti kentang juga bisa kamu konsumsi dan wortel. Kaya kalium, magnesium, dan serat, zat-zat ini bisa nurunin tekanan darah tinggi. 

Hanya saja, ketika ngolah kedua umbi-umbian ini, jangan terlalu banyak masukin garam. Pastiin kentang yang kamu konsumsi adalah segar, direbus, atau dipanggang tanpa garam. 
 

10. Yoghurt

Terakhir adalah yogurt. Siapa suka yogurt? Produk olahan susu ini tinggi kalsium dan probiotik. Kedua zat ini ampuh banget nurunin tekanan darah tinggi.

Kamu bisa campurin yoghurt dengan buah, kacang-kacangan, granola, atau biji-bijian. Pilih yoghurt rendah lemak dan gula biar terasa manfaatnya. 
 

Makan sehat dan bergizi, proteksi asuransi juga ikuti

Cara menurunkan tekanan darah tinggi lewat makanan bisa dibilang cara paling mudah dari rumah. Barengin juga dengan proteksi asuransi keluarga seperti Jaga Sehat Keluarga dari JAGADIRI. 

Preminya mulai Rp280.000,00 untuk satu keluarga, kamu dapet benefit asuransi berupa: 

  • Santunan perawatan RS dari Rp300.000,00 s/d Rp900.000,00 per hari akibat sakit atau kecelakaan. 

  • Santunan pembedahan mulai dari Rp6.000.000,00 s/d Rp18.000.000,00 per pembedahan per tertanggung akibat sakit atau kecelakaan. 

  • Santunan rawat jalan Rp300.000,00 s/d Rp500.000,00 per kunjungan rawat jalan. 

  • Gratis e-voucher di merchant terpilih tiap bulan. 

Beli sekarang! 

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/ingin-menurunkan-tekanan-darah-ikuti-langkah-langkah-berikut-ini 

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/24/190000920/ini-daftar-makanan-berlemak-tinggi-tapi-baik-untuk-kesehatan?page=all 

https://kkp.go.id/bkipm/artikel/37250-ikan-cere-si-kecil-penunjang-diet-sehat 

https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/makanan-penurun-tekanan-darah-tinggi/ 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/makanan-penurun-tekanan-darah-tinggi-alami-dan-efektif 

https://www.alodokter.com/makanan-penakluk-tekanan-darah-tinggi 

https://www.halodoc.com/artikel/makanan-untuk-menurunkan-tekanan-darah-tinggi 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-oatmeal-untuk-tubuh-anda/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square