Article

Macam Macam Biaya Asuransi Kesehatan, Ternyata Gak Mahal Loh!

14:52, 28 November 2023

05 1980x1080  3

Macam - Macam Biaya Asuransi Berdasarkan Usia

 

Sekarang ini udah banyak masyarakat yang melek asuransi, terutama asuransi kesehatan. Bisa dibilang asuransi salah satu bentuk investasi untuk diri, karena kalo kamu punya asuransi bakal jauh lebih mudah, tenang dan gak perlu khawatir lagi soal biaya pengobatan karena bakal di cover sama asuransi. Tapi sebelum kamu beli asuransi kesehatan, baiknya pahami dulu nih macam-macam biaya asuransi.

Banyak yang ngira kalo biaya asuransi kesehatan itu mahal. Padahal sebenarnya biaya untuk asuransi itu relatif terjangkau loh, penentuan biaya asuransi itu umumnya ditentuin dari kondisi setiap individu nya.
 

Macam-macam Biaya Asuransi Kesehatan

Besaran biaya atau premi yang kamu bayarkan biasanya tergantung dari umur dan kesehatan pemegang polis dan jenis paket asuransi yang kamu pilih. Dan dibeberapa perusahaan asuransi biasanya ngasih kebebasan untuk pilih fasilitas yang bisa disesuaiin sama kebutuhan kamu.

Kamu perlu tahu kalau premi yang telah dibayarkan, nantinya akan dialokasikan ke beberapa biaya lain. Biar gak bingung, Jadimin kasih gambaran umum macam-macam biaya asuransi ya.

  1. Biaya akuisisi

Biaya akuisisi adalah biaya yang dibebankan oleh pemegang polis untuk membayar layanan sebagai nasabah asuransi. Biaya akuisi meliput biaya pemeriksaan kesehatan, cetak dokumen, pengadaan polis dan biaya langganan dan telekomunikasi.

  1. Biaya asuransi

Biaya asuransi adalah biaya premi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis setiap bulannya atau setiap tahunnya tergantung dari kesepakatan dan perjanjian saat menyetujui kontrak asuransi.

Biaya asuransi ini rutin dibayarkan selama polis asuransi kamu masih akitf. Untuk besarnya biaya tergantung dari produk dan fasilitas yang kamu pilih ya.

  1. Biaya administrasi

Selanjutnya kalo kamu punya asuransi kesehatan, tentu perlu bayar biaya administrasi. Biaya administrasi bisa berbeda-beda tergantung frekuensi pembayaran. Kalo kamu bayar premi tahunan, maka biaya administrasi berbeda dengan nasabah yang bayar 6 bulanan atau 3 bulanan.

Biasanya di beberapa perusahaan asuransi, kalo kamu gunain fasilitas E-Transaction kaya E-Transaction Statement dan pembayaran premi menggunakan autodebet tabungan atau autodebet kartu kredit kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi. Biaya ini perlu banget kamu tanyain nih, sebelum kamu menandatangani perjanjian polis asuransi.

  1. Biaya penarikan dan tebusan untuk polis

Selanjutnya ada biaya penarikan atau withdraw saldo. Tapi biaya ini tidak harus selalu dibayarkan karena hanya dibayarkan jika kamu melakukan penarikan.

  1. Biaya pajak

Biaya lainnya yaitu biaya pajak yang dibebankan untuk penebusan polis atau penarikan polis. Kebijakan ini juga sudah tertulis dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundan-undang yang ditentukan Pemerintah Republik Indonesia.

  1. Biaya pengelolaan dana investasi

Biaya ini ada untuk pengelolaan dana investasi jika kamu mengaitkan produk asuransi dengan investasi, kalo tidak dikaitkan makan tidak aka ada biaya pengelolaan dan investasi.
 

Meskipun terlihat rumit, tapi kamu hanya akan membayar premi per bulan saja, karena semua biaya akan dijadikan dalam satu tagihan dan akan dirincikan dalam surat tagihan. Kamu juga akan merasa tenang karena biaya premi itu sangat murah loh sebenernya, apalagi kalo layanan asuransi yang kamu pilih adalah perusahaan terpercaya dengan fasilitas layakanan kesehatan terbaik.

 

Produk Asuransi Kesehatan Jagadiri dengan Biaya Preminya 

Kamu udah tahu biaya-biaya asuransi, sekarang waktunya kamu untuk nentuin asuransi kesehatan yang pas buat kamu. Jagadiri nyediain berbagai macam pilihan produk asuransi kesehatan yang bisa kamu sesuain sama kebutuhan dan kondisi kesehatan kamu.

a. Jaga Sehat DBD

Demam berdarah dengue atau DBD, penyakit yang diakibatin dari gigitan nyamuk aeges aegypti ini emang gak bisa ketebak keberadaannya dan memang hidup di daerah tropis dan subtropis. Tapi tenang aja, JAGADIRI punya produk asuransi buat jagain kamu dari gigitan nyamuk DBD, yaitu Jaga Sehat DBD.

Buat kamu yang lingkungannya rentan banget sama nyamuk ini, kamu bisa lindungin diri dan keluarga pake asuransi ini dengan Jaga Sehat DBD yang preminya cuku murah yaitu mulai Rp10.000 saja. Meskipun preminya sangat terjangkau, kamu bisa dapetin banyak benefit seperti santunan perawatan rumah sakit, santunan meninggal dunia, dan yang lainnya.

b. Jaga Sehat Pilihanku

Produk asuransi yang satu ini preminya juga terjangkau yaitu mulai dari Rp25.000 aja loh. Jaga Sehat Pilihanku ini cocok banget buat kamu yang pengen nglindungi diri dan keluarga dari beban finansial akibat berbagai macam penyakit. Ada beberapa plan produk seperti silver, gold, dan platinum. Kamu bisa nyesuain sendiri dengan kebutuhan.

c. Jaga Sehat Tropis

Jaga Sehat Tropis ini juga cocok buat kamu karena kamu tinggal di daerah tropis. Kamu bisa bayar premi mulai dari Rp26.000 saja. Dengan premi terjangkau, kamu sudah bisa dapetin perlindungan untuk 11 penyakit tropis seperti malaria, campak, rubella, dan yang lainnya.

d. Jaga Sehat Plus

Jaga Sehat Plus harga preminya cuma Rp90.000 aja. Dengan premi yang terjangkau, kamu udah bisa nikmatin banyak banget manfaat seperti premi kembali 50% tiap 3 tahun, santunan rumah sakit, santunan meninggal dan lain sebagainya.

e. Jaga Sehat Keluarga

Kamu yang pengen nglindungin semua anggota keluarga dengan asuransi, jangan ragu buat bisa pilih produk yang satu ini Jaga Sehat Keluarga. Produk dengan benefit lengkap ini harganya cuman Rp280.000 saja loh buat satu keluarga.

Dengan premi tersebut kamu udah bisa nglindungin anggota keluarga bahkan sampe 5 anggota keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga. Kamu juga bisa dapet premi balik 25% jika memang kamu tidak melakukan klaim.

Enggak banyakkan biaya yang kamu keluarin buat asuransi? Cuma cukup satu kali bayar setiap bulan atau setiap tahun kamu udah bisa rasain manfaat dan fasilitas kesehatan buat diri kamu dan keluarga. Semakin muda umur kamu daftar semakin banyak manfaat yang kamu bisa dapetin dan lebih murah preminya.

 

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Punya asuransi kesehatan, bukan cuma ngasih ketenangan, tapi juga berbagai macam manfaat. Apa aja si manfaatnya? Ini dia manfaat yang bisa kamu rasain :

1. Tenang

Tenang, sudah pasti! Karena kamu gak perlu lagi khawatir dan mikirin biaya pengobatan kalo kamu jatuh sakit. Perusahaan asuransi yang kamu pilih bakal cover biaya pengobatan yang kamu jalanin sesuai dengan premi dan manfaat yang kamu pilih.

2. Lebih Efisien

Gak perlu lagi drama ngantri ambil uang di ATM, karena kamu bisa manfaatin fasilitas cashless dari asuransi. Jauh lebih mudah dan kamu bisa cepet urus adminitrasi rumah sakit. Gak perlu keluar uang sama sekali, cukup bawa kartu asuransi kamu, mudah dan efisien bukan?

3. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Gak perlu takut lagi uang kesehatan kamu kepake dan gak perlu takut biaya pengobatan yang mahal, karena berapaun biaya pengobatan yang kamu lakuin bakal tercover sm asuransi kesehatan yang kamu punya, jadi uang tabungan kamu gak bakal kepake, tetep aman sesuai planning.

4. Investasi untuk Masa Depan

Saat ini asuransi udah jadi investasi masa depan untuk mereka yang udah melek asuransi. Karena biaya pengobatan itu gak murah, apalagi kondisi kesehatan itu gak bisa di prediksi, hari ini sehat besok bisa tumbang. Makanya penting buat kamu punya asuransi kesehatan, selain jaga kesehatan juga bisa jagain kondisi financial kamu.

5. Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Berkualitas

Pelayanan kesehatan yang berkualitas, udah pasti bakal kamu dapetin dari penggunaan asuransi, karena ini salah satu manfaat yang paling utama, memberikan kenyamanan untuk anggota asuransi mereka dan obat-obatan terbaik.
 

Yuk Mulai Investasi Kesehatan

Kalo kamu udah mulai tertarik buat tau produk asuransi, kamu bisa mulai cek produk asuransi dari JAGADIRI, asuransi kesehatan yang bakal ngasih kamu banyak manfaat, salah satu produk asuransi yang bisa kamu pilih ada Asuransi Jaga Sehat Pilihanku, premi mulai dari Rp 25ribu perbulan kamu udah bisa rasain manfaatnya, mulai dari biaya konsultasi sampai biaya rawat jalan dan rawat inap. Informasi lebih lanjut kamu bisa hubungin customer service, cek juga produk yang lainnya ya!

 

Referensi:

https://biz.kompas.com/read/2022/10/07/120127828/ingin-punya-asuransi-pahami-dulu-besaran-premi-dan-biaya-biaya-pendukung-lainnya

https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20230623134459-72-448668/faktor-yang-pengaruhi-premi-asuransi-kesehatan-sudah-tahu

 https://www.jagadiri.co.id/news/biaya-premi-asuransi-kesehatan

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1