Article

6 Makanan Penambah Berat Badan untuk Ibu Hamil

14:37, 24 June 2022

06 1980x1080  5

Ibu Hamil Harus Tahu

 

Teman JAGADIRI pernah nggak sih pengen nambah berat badan selama hamil? Enam makanan penambah berat badan ini bisa bantu kamu. Ada apa aja? Inilah pembahasannya! 
 

Penyebab berat badan ibu hamil sulit naik

Dirangkum dari laman Alodokter.com, ada beberapa sebab berat badan ibu hamil sulit naik. Penyebab ini bisa aja dialami ketika ibu sejak sebelum hamil atau pun ketika hamil. Berikut pembahasannya. 

1. Gangguan emosional

Tekanan atau stres pas hamil bisa nguras energi kamu. Kondisi inilah yang bikin nafsu makan kamu berkurang. Hasilnya, asupan gizi seimbang untuk tubuh juga ikut berkurang. 

2. Mual dan muntah

Teman JAGADIRI tentu pernah ngerasain mual dan muntah ketika hamil. Sebenernya wajar banget kok gaes. Tapi ketika mual dan muntahnya berlebihan, ini bisa memicu dehidrasi dan nafsu makan kurang. 

3. Metabolisme cepat

Metabolisme tubuh seseorang tergantung sama faktor genetik atau keturunan. Nah buat Teman JAGADIRI yang punya metabolisme tubuh yang cepat, kondisi ini bikin kamu kesulitan naikin berat badan. 

4. Hilang nafsu makan

Selain penyebab-penyebab di atas, hilang nafsu makan karena mager juga wajar kok terjadi. Tapi jangan keseringan ya gaes. Usahain ngemil atau makan dalam porsi kecil agar ada makanan yang masuk. 

Btw, makanan penambah berat badan untuk ibu hamil berikut ini bisa banget dijadiin cemilan atau makanan berat. Scroll untuk lebih lanjut ya!

 

Makanan penambah berat badan untuk ibu hamil

1. Telur

Sumber protein satu ini kaya asam amino yang baik untuk tumbuh kembang janin. Nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral bisa nunjang perkembangan otak bayi. 

Meski bergizi tinggi, perhatiin juga cara pengolahannya. Usahain masak telur hingga matang agar nggak terinfeksi bakteri Salmonella. 
 

2. Produk olahan susu

Produk olahan susu juga termasuk makanan penambah berat badan untuk ibu hamil yang banyak dikonsumsi. Misalnya susu, keju, dan yogurt. Ketiganya kaya kalsium tinggi yang bisa naikin berat badan kamu dan janin. 

Kandungan protein dan vitamin susu bisa menjadi cadangan energi buat kamu selama kehamilan. Oh iya, jika kamu punya intoleransi laktosa atau alergi susu, kamu bisa coba alternatif produk susu dari tumbuhan, seperti beras, oat, kedelai, dan sejenisnya. 
 

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Teman JAGADIRI suka ngemil kacang? Jadimin juga! Nah kacang-kacangan juga bisa menjadi makanan penambah berat badan untuk ibu hamil. Kacang-kacangan di bawah ini bisa menjadi cemilan: 

- Kedelai

- Almond

- Hazelnut

- Kacang panggang

- Kacang polong, dan sebagainya

Kacang-kacangan mengandung protein, zat besi, serat, asam folat, seng (kalsium dan magnesium. Untuk kamu yang vegetarian, kacang-kacangan bisa menuhin asupan mineral. 
 

4. Umbi-umbian

Alternatif nasi, umbi-umbian bisa menjadi makanan penambah berat badan untuk ibu hamil. Uniknya, umbi-umbian juga bisa dijadiin cemilan pas nyantai. Misalnya kentang, ubi jalar, jagung, dan singkong. 

Umbi-umbian ini juga beragam cara olahnya, bisa dikukus, dipanggang, dibakar, direbus, atau digoreng. 

Kandungan umbi-umbian seperti serat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, dan vitamin A. Di samping itu, karbohidrat kompleks pada umbi-umbian bikin kenyang lebih lama. 

 

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti alpukat, jeruk, pisang, buah beri kaya vitamin seperti vitamin A, B, C, K serta serat dan mineral (kolin, magnesium, kalium). Vitamin dan mineral ini juga baik untuk perkembangan janin. 
 

6. Daging-dagingan

Makanan penambah berat badan untuk ibu hamil seperti ayam dan ikan baik dikonsumsi. Kandungan lemak baik seperti omega 3 dan protein bisa ngebantu perkembangan sel dan otot tubuh kamu dan janin. Ditambah lagi ada zat besi pada ayam juga bisa cegah anemia. 

Sebagai catatan, perhatiin juga jenis ikan yang perlu dihindari karena mengandung merkuri. Kandungan tersebut bisa bahayain sistem saraf. 

Nah itulah 6 makanan penambah berat badan untuk ibu hamil. Selama kehamilan, pastiin juga kamu punya asuransi kesehatan terjangkau yang punya manfaat asuransi rawat inap, rawat jalan, atau pembedahan. Pelajari selengkapnya di sini yuk!

 

Sumber:

https://www.haibunda.com/kehamilan/20210913115707-49-239176/10-makanan-penambah-berat-badan-janin-ada-yang-bisa-jadi-camilan

https://id.theasianparent.com/berat-badan-wanita-hamil 

https://www.haibunda.com/kehamilan/20200422212536-49-136589/7-makanan-penambah-berat-badan-ibu-hamil-di-trimester-tiga 

https://www.alodokter.com/ini-penyebab-berat-badan-ibu-hamil-sulit-naik-dan-cara-mengatasinya 

https://id.theasianparent.com/berat-badan-saat-hamil-tidak-naik 

https://www.halodoc.com/artikel/awas-inilah-bahaya-kurang-berat-badan-bagi-ibu-hamil 

https://www.halodoc.com/artikel/7-jenis-buah-yang-bagus-untuk-ibu-hamil 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square