Article

5 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat

15:35, 17 November 2022

02 1980x1080  9

Penderita Asam Urat Wajib Tau

 

Kamu pernah denger gak sih istilah ‘Asam urat’? Atau jangan-jangan kamu sering denger kata itu tapi disepelein? Padahal nih, asam urat itu adalah suatu kondisi peradangan pada persendian. Kondisi ini bisa nimbulin rasa sakit yang luar biasa, bengkak, dan sensasi terbakar di daerah persendian. Nyeri yang umumnya terjadi di penderita asam urat bisa berlangsung 3 sampai 10 hari, dengan gejala berkembang pesat dalam beberapa jam pertama.

Tapi nih, asam urat tuh sering disalahartikan sama Rematik juga lho! Padahal, asam urat adalah istilah yang ngegambarin rasa sakit di persendian dan otot yang meradang. Secara umum, asam urat lebih sering terjadi di laki-laki, apalagi yang usianya di atas 30 tahun. Tapi, nggak menutup kemungkinan kalau anak muda bisa terkena penyakit ini juga, gaes!

Baca Juga: Mungkin Nggak ya, Kena Asam Urat di Usia Muda?

 

Gejala Asam Urat

Pas kondisi normal, asam urat bakalan larut dalam darah dan dikeluarkan dalam urin. Tapi, kalau produksi asam urat terlalu tinggi, zat ini bisa jadi numpuk dan ngebentuk kristal di sekitar sendi. Penumpukan ini bisa terjadi pada sendi mana pun, termasuk sendi jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Kondisi ini bikin peradangan yang nimbulin rasa nyeri sendi dan pembengkakan. 

Biasanya, ini gejala yang dialami oleh penderita asam urat, gaes! 

  • Sendi tiba-tiba sakit.

  • Nyeri di beberapa bagian sendi bisa berkembang cepat dalam beberapa jam dan biasanya timbul pembengkakan, rasa terbakar, dan kemerahan pada sinovium.

  • Sulit berjalan karena rasa sakit yang luar biasa, apalagi pas malam hari.

  • Saat gejala mereda dan pembengkakan mereda, kulit di sekitar sendi yang terkena jadi bersisik dan gatal.

  • Gejala penyakit asam urat sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, tapi pengobatan harus diberikan biar ngehindarin risiko kekambuhan saat gejala memburuk.
     

Penyebab Asam Urat

Pastinya, asam urat ini adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk ngebantu memecah purin. Purin adalah zat alami yang punya beberapa fungsi penting dalam tubuh. Dari ngatur pertumbuhan sel sampai nyediain energi. Asam urat terus dikeluarkan lewat urin pas tubuh udah menggunakannya.

Tapi, kadang-kadang tubuh ngeproduksi terlalu banyak asam urat, pas ini terjadi asam urat bisa menumpuk, ngebentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang bikin rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Nah, biar kamu bisa lebih paham, berikut beberapa faktor umum penyebab asam urat:

  • Punya keluarga yang merupakan penderita asam urat.

  • Kondisi medis tertentu seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, tekanan darah tinggi dan obesitas.

  • Ada cedera atau operasi dalam waktu dekat.

  • Sering mengonsumsi makanan kaya purin, minuman beralkohol, atau daging.

     

Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Asam Urat

Wajib diingat ya, gaes, bahwa asam urat itu nggak akan bisa disembuhin sepenuhnya. Tapi, gejalanya bisa dikendalikan biar nggak kambuh dan lebih jarang terjadi. Salah satu cara untuk ngebantu ngendaliin asam urat adalah dengan ngurangin  jumlah purin dalam diet harian kamu.

Kalau merujuk dari halaman WebMD, berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari buat ngontrol gejala asam urat: 

  1. Daging Merah dan Daging Putih

Makanan yang sumbernya dari daging merah (Sapi, Kambing, Domba) dan daging putih tertentu (Kambing, Bebek, Kalkun, Angsa, Puyuh, Kelinci) bisa menyebabkan asam urat atau lebih dari 100 mg per 100 gram daging mentah. Efek purin dari daging merah bisa ningkatin produksi asam urat yang nggak terkendali.

  1. Jeroan Hewan 

Makanan yang nggak boleh dikonsumsi buat penderita asam urat yaitu organ dalam seperti Otak, Usus, Limpa, Paru-paru, Hati, dan Lidah. Makan ginjal sapi khususnya itu mengandung 174,2 mg purin yang bisa menyebabkan asam urat. Soalnya, organ dalam banyak banget mengandung purin, jadi buat penderita asam urat harus menghindarinya.

  1. Makanan Boga Bahari (Seafood)

Beberapa makanan laut, seperti Kulit Udang dan Ikan Teri, mengandung purin yang tinggi dan bisa menyebabkan asam urat. Begitu pula Ikan Sarden, Makarel dan Herring. Di antara semua spesies tersebut, Sarden kering punya kandungan purin tertinggi yaitu sampai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan Sarden segar mengandung 210,4 mg purin.

Seafood juga salah satu pantangan yang harus dihindari buat penderita asam urat. Tapi, penderita asam urat baiknya sih nggak menghindari semua jenis ikan ya. Kamu juga bisa makan ikan yang rendah purin seperti, Salmon, Kakap Merah, Nila, Lele, dan Gurame.

  1. Minuman Beralkohol dan Soda

Minuman beralkohol dan soda, seperti bir, juga merupakan beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari buat penderita asam urat. Sebuah studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston menemukan bahwa semakin banyak kamu meminum minuman beralkohol, semakin tinggi risiko kamu terkena asam urat.

Nggak ada penjelasan ilmiah kenapa alkohol dan soda ningkatin kadar asam urat. Tapi, beberapa minuman beralkohol, seperti bir, dikatakan tinggi purinnya lho. Minuman beralkohol lain yang mengandung purin rendah adalah anggur. Alkohol juga dikatakan ngurangin kemampuan tubuh buat ngeluarin asam urat.

Baca Juga: Doyan Minum Soda?

  1. Berbagai Jenis Kacang 

Beberapa jenis kacang-kacangan, nggak baik dikonsumsi buat penderita asam urat. Termasuk kacang hijau, kacang tanah, kacang kering, kacang polong, kacang merah, kedelai, melinjo, dan kacang polong yang kaya purin. Kacang polong mengandung 5-100 miligram purin. Begitu juga, kedelai pada tahu dan tempe nggak boleh dikonsumsi karena gampang bikin kambuh asam urat. 

Ngehindarin beberapa makanan buat penderita asam urat bisa ngebantu mempertahankan atau nurunin kadar asam urat dalam darah. Menghentikan jenis makanan tertentu ini nggak akan nyembuhin asam urat, tapi bisa ngurangin risiko serangan asam urat berulang. Terus, dengan cara ini, kamu juga bisa menghindari nyeri dan cedera sendi gaes!
 

Yuk mulai hindari asam urat!

Sebelum kamu nyesel, ayo mulai hindari penyebab asam urat. Mulai cek kadar asam urat dan konsul secara rutin biar kamu bisa meminimalisir risiko asam urat. Jangan lupa juga, buat punya proteksi asuransi kesehatan dari Jaga Sehat Pilihanku biar aman! 

Jaga Sehat Pilihanku adalah asuransi kesehatan online dari JAGADIRI. Premi mulai Rp25.000,00, manfaat (benefit) berupa:

  • Plan Silver: santunan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan buat rawat inap sesuai uang pertanggungan yang dipilih. 

  • Plan Gold: santunan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan buat rawat inap dan pembedahan sesuai uang pertanggungan yang dipilih. 

  • Plan Platinum: santunan apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan buat rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan sesuai uang pertanggungan yang dipilih. 

Miliki proteksi asuransi kesehatan kamu sekarang juga, gaes!
 

Sumber:

Alodokter, 2021. 
https://www.alodokter.com/bebas-nyeri-dengan-membatasi-makanan-pantangan-asam-urat-berikut-ini

Anlene, 2022. 
https://www.anlene.com/id/ms/asam-urat-dan-cara-mengatasinya.html 

CNN Indonesia, 2022. 
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220525142442-267-801076/7-makanan-yang-dilarang-dikonsumsi-penderita-asam-urat 

Halodoc, 2022. 
https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat 

Hellosehat, 2020.
https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/pantangan-asam-urat/ 

Sehat Kontan, 2022. 
https://kesehatan.kontan.co.id/news/daftar-makanan-yang-wajib-dikonsumsi-dan-dihindari-penderita-asam-urat-1

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp