Article

Manfaat Kolagen yang Penting Banget Bagi Kesehatan Tubuh

14:31, 5 August 2022

10 1980x1080

Kamu Sudah Konsumsi Kolagen Belum?

 

Teman JAGADIRI, gak bisa dipungkiri kalo Indonesia punya iklim tropis yang memang perubahannya kalo diliat makin hari semakin ekstrim aja ya. Akibat dari iklim tropis yang ekstrim tadi, kadangkala kalo cuaca lagi panas terik, paparan sinar UV yang dihasilkan bikin kulit jadi kering dan lama-lama bisa jadi penyebab keriput. Nah, ternyata kulit kering dan keriput salah satunya disebabkan karena kita kekurangan kolagen lho gaes. Ah masa iya? Trus,  kalo gitu, apa aja masalah lain yang diakibatkan karena kekurangan kolagen? Jadi penasaran kan, yuk langsung simak aja info lengkapnya!
 

Apa itu Kolagen? 

Kolagen (Collagen) sebenarnya adalah protein berserat yang tak larut dan jumlahnya sangat banyak di dalam tubuh manusia. Protein ini berguna banget bagi tubuh sebab berfungsi sebagai pondasi utama tulang, kulit dan jaringan ikat. Intinya fungsi kolagen mirip lem yang merekatkan bagian tubuh jadi satu kesatuan. Nah, kalo mau tau kolagen itu sebenarnya ada di mana aja di dalam tubuh yaitu terdapat di tulang, otot dan jaringan penghubung antar tulang (ligamen). Walaupun kolagen jumlahnya banyak banget di tubuh, tapi seiring usia yang makin hari makin bertambah, maka jumlah kolagen juga menurun nih teman JAGADIRI. Jadi,  tetap perlu diperhatiin jumlah nya lho demi kesehatan tubuh.
 

Manfaat Kolagen bagi Tubuh 

Manfaat kolagen sebetulnya gak hanya terbatas pada kesehatan kulit, tapi juga bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan, yuk kita cek apa aja sih manfaat kolagen bagi tubuh.

  1. Mengurangi keriput dan garis halus
    Orang-orang yang menurun kadar kolagen di dalam tubuhnya bisa keliatan kalo kulit nya tuh mulai gak kenceng, muncul garis-garis halus dan keriput. Bagian kulit yang terkena efeknya biasanya dahi, bibir, sekitar mata, bahkan persendian yang kekuatannya makin berkurang.

    Penggunaan krim anti-aging dengan kandungan kolagen di dalamnya, juga dirasa bisa membantu ngejaga ke-elastisan kulit lho, jadi bisa dicoba nih.

  2. Mengurangi selulit
    Selulit biasanya muncul karena jaringan lemak yang mendesak dan menembus jaringan serat sampai ke kulit sehingga kulit keliatan bergelombang dan teksturnya gak rata. Untuk ngatasin selulit ini biasanya digunakan suplemen kolagen untuk mempercepat perbaikan struktur dan jaringan kulit yang rusak.

  3. Melancarkan sirkulasi darah
    Mengkonsumsi kolagen atau suplemen kolagen bisa ngebantu memperkuat jaringan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas nya, karena dengan pembuluh darah yang kuat, maka peredaran darah ke jantung dan keseluruh tubuh akan teralirkan dengan baik, begitu juga peredaran oksigen dan berbagai macam zat gizi bisa dengan lancar mengalir ke sel kulit.

  4. Menyembuhkan luka
    Jika teman JAGADIRI sering olahraga dan tiba-tiba cedera? tau gak apa yang bikin teman JAGADIRI cepat pulih? Yes, disana ada peran kolagen yang ngedukung perkembangan otot dan bikin kuat struktur tulang. Jadi kalau terjadi cedera, protein yang berasal dari kolagen lah yang ngebantu otot dan jaringan persendian bisa cepet pulih.

  5. Menjaga Kekuatan Rambut
    Asam amino yang nyusun kolagen juga ternyata membentuk keratin. Keratin ini adalah  protein utama yang membentuk rambut, lho. Jadi, kalo ingin rambut teman JAGADIRI sehat dan gak mudah rontok, perbanyak lah asupan kolagen di dalam tubuh supaya rambut tetap indah dan terjaga kesehatannya.

  6. Memperlambat pembentukan uban
    Eits jangan pede dulu kalo teman JAGADIRI masih muda, trus gak bakal punya uban. Uban bisa tumbuh gak hanya di rambut orang tua, anak muda pun kalau memang rambutnya sering terkena dampak radikal bebas kayak polusi, stress dan sering ngerokok serta minum alkohol maka rambutnya gak akan sehat dan uban pun berdatangan. Ketika dicek ricek, ternyata kolagen juga punya zat antioksidan yang oke untuk memperlambat pembentukan uban yang diakibatkan karena faktor genetik dan radikal bebas.

Oke teman JAGADIRI, itu aja sedikit bahasan mengenai kolagen dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kalo dari awal teman JAGADIRI baca artikel ini, diatas udah diingetin akan dampak cuaca ekstrim akibat dari iklim tropis yang ada di Indonesia, disini asuransi JAGADIRI juga punya produk yang bisa dipilih supaya teman JAGADIRI bisa terlindungi dari penyakit yang sering muncul akibat iklim tropis lho, nama produknya Jaga Sehat Tropis. Apa aja yang akan di cover di Jaga Sehat Tropis? Silakan cek detil produknya di website JAGADIRI di www.jagadiri.co.id ya.
 

Sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/seberapa-penting-minuman-kolagen-untuk-kulit

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/manfaat-kolagen/

https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-5-manfaat-kolagen-untuk-kesehatan-tubuh

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square