Article

5 Olah Raga untuk Menurunkan Kolesterol, Bisa Kapan Aja!

14:00, 25 October 2022

05 1980x1080  7

Jaga Kolesterol dengan Olah Raga Berikut Ini

 

Olah raga untuk menurunkan kolesterol bantu kamu aktif bergerak. Selain nyehatin badan, kamu juga bisa latih sendi dan otot sebelum memulai atau menutup harimu. Yuk coba 5 olah raga untuk menurunkan kolesterol ini! 
 

Kenapa harus olah raga untuk menurunkan kolesterol?

Dirangkum dari berbagai sumber, adanya olah raga untuk menurunkan kolesterol berfungsi untuk bakar kalori, ningkatin peredaran darah, ngatasin nyerih sendi, dan ngoptimalin kerja jantung. 

Di samping itu, olah raga untuk menurunkan kolesterol ternyata baik juga loh untuk menurunkan tekanan darah. Stres emang bisa ningkatin tekanan darah. Makanya, yoga, sebagai salah satu olahraga yang bisa menurunkan kolesterol menjadi solusinya. 

Mau coba 5 olah raga untuk menurunkan kolesterol berikut? Yuk cus scroll ke poin berikutnya!
 

5 Olah raga untuk menurunkan kolesterol

Menurut dari berbagai sumber, untuk menurunkan kolesterol, kamu bisa coba olahraga-olahraga yang bisa mompa jantung, bakar kalori, serta ningkatin kekuatan otot. 

Berikut Jadimin rangkum 5 olah raga untuk menurunkan kolesterol. 

1. Berenang

Salah satu olah raga untuk menurunkan kolesterol ini termasuk latihan aerobik yang bisa kuatin jantung kamu. Nggak hanya itu, berenang juga bisa naikin kadar kolesterol baik sekaligus ngejaga kadarnya tetap normal. 

Dirangkum dari laman Hellosehat, terdapat penelitian orang-orang yang rutin berenang punya risiko kematian 50% lebih rendah ketimbang yang nggak berolahraga sama sekali, pelari, atau pejalan kaki. 

Mau berenang hari ini? Yuk coba 30 menit selama tiga kali dalam seminggu. Tetap semangat ya! 

2. Bersepeda

Olah raga untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah bersepeda. Buat Teman JAGADIRI yang seneng gowes, bersepeda bisa bikin happy dan badan bugar. Selain nurunin kadar kolesterol, bersepeda rutin dapat mengatasi nyeri sendi, ningkatin sirkulasi darah, dan bakar kalori. 

Nah khusus buat Teman JAGADIRI yang hobi gowes, kamu tetep perlu perlindungan asuransi sepeda dari Jaga Aman Instan. Jaga Aman Instan adalah asuransi diri dari JAGADIRI. Preminya terjangkau, mulai Rp5.000,00. Apa aja benefit atau manfaat asuransinya?

  • Kamu punya pilihan periode perlindungan fleksibel mulai dari per jam (3 jam, 6 jam, atau 12 jam), per hari (1 hari), per minggu (1 minggu), atau per bulan (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai 12 bulan). 

  • Manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan. 

  • Manfaat santunan perawatan rumah sakit akibat kecelakaan. 

Sebelum lanjut sepedaan, beli Jaga Aman Instan sekarang biar pas gowes aman dan tenteram. 

3. Joging

Olah raga untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah joging. Aktivitas ini mampu ngejaga sirkulasi darah tetap lancar sekaligus ngejaga kadar kolesterol lebih baik lagi. 

Mulai joging hari ini? Kamu bisa coba ketika pagi atau sore hari. Dua waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk joging. Bahkan joging bisa ningkatin hormon endorfin, yakni hormone yang bikin kamu tenang dan mood lebih baik. Dikutip dari laman Halodoc, orang yang hobi joging dan lari cenderung terhindar dari stres dan depresi lho. 

4. Latihan beban

Latihan beban atau latihan ketahanan bisa menjadi opsi. Salah satu olah raga untuk menurunkan kolesterol ini bisa kamu mulai dari latihan push up, sit up, plank, hingga angkat besi. 

Kenapa latihan beban bisa nurunin kolesterol? Secara umum, olahraga itu sifatnya ngelatih kekuatan otot dan ningkatin kualitas profil lipid dan kolesterol baik dalam tubuh. Ketika kamu latihan beban, kamu juga melatih kekuatan dan massa otot tubuh. Makanya, banyak energi yang dilepasin ketika latihan beban. 

Mau coba latihan beban? Mulai dari 30 – 45 menit dalam sehari. Pastiin kamu udah pemanasan biar nggak cedera ya. 

5. Yoga

Olah raga untuk menurunkan kolesterol yang terakhir adalah yoga. Dirangkum dari laman Doktersehat.com, terdapat penelitian bahwa yoga bisa ngurangin risiko penyakit jantung. Nah, kolesterol menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. 

Mau coba yoga hari ini? Mulai dari gerakan yang mudah dulu ya gaes. Pastiin kamu udah melakukan pemanasan biar nggak cedera. Semangat ya! 

Itulah pembahasan 5 olah raga untuk menurunkan kolesterol. Semoga informasi ini bisa membantu kamu jalanin hidup lebih sehat ya. 

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/lari-olahraga-yang-bisa-mengatasi-stres

https://www.halodoc.com/artikel/atasi-kolesterol-naik-dengan-rajin-berolahraga 

https://www.bola.com/ragam/read/4776001/manfaat-olahraga-angkat-beban-yang-jarang-diketahui-tak-hanya-turunkan-berat-badan 

https://doktersehat.com/gaya-hidup/olahraga-kesehatan/olahraga-yang-bantu-turunkan-kolesterol/ 

https://hellosehat.com/jantung/kolesterol/olahraga-menurunkan-kolesterol/ 

https://www.halodoc.com/artikel/4-jenis-olahraga-yang-membantu-turunkan-kadar-kolesterol

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1