Article

Apa Aja Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

13:51, 25 October 2022

04 1980x1080  9

Penderita Diabetes Harus Tau Ini

 

Pantangan makanan untuk penderita diabetes, emangnya ada? Nggak hanya makanan manis, beberapa makanan tertentu jadi blocklist karena bisa ganggu metabolisme gula di tubuh. Yuk bahas pantangan-pantangan makanan untuk penderita diabetes! 
 

Apa itu penyakit diabetes?

Dirangkum dari laman Klikdokter, penyakit diabetes adalah penyakit yang ganggu metabolisme gula dalam tubuh. Terdapat tiga tipe diabetes, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Apa aja sih perbedaan ketiga diabetes ini? 

Dikutip dari laman Halodoc, diabetes tipe 1 dan 2 berbeda dari segi penyebab. Diabetes 1 disebabkan oleh faktor genetik dan termasuk autoimun. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan gaya hidup. Sementara itu, diabetes gestasional muncul ketika hamil usia 24 - 28 minggu dan akan hilang ketika masa kehamilan selesai. 

Nah umumnya diabetes tipe 2 yang sering diderita banyak orang. Sebabnya, mulai dari gaya hidup nggak sehat, faktor keturunan keluarga (genetik) atau lingkungan. 

Ngomongin soal gaya hidup nih, Jadimin jadi relate sama bahasan artikel kali ini, yakni pantangan makanan untuk penderita diabetes. Nah dengan mengetahui pantangan makanan ini, kamu bisa batesin demi jaga kadar gula. 
 

Pantangan makanan untuk penderita diabetes

Dikutip dari berbagai sumber, terdapat pantangan-pantangan makanan untuk penderita diabetes. Makanan tersebut terbagi atas 5 kategori sebagai berikut. 

1. Makanan tinggi lemak trans

Pantangan makanan untuk penderita diabetes yang pertama adalah makanan tinggi lemak trans. Makanan kayak gini ternyata juga mengandung lemak jenuh. Contohnya aneka daging olahan seperti hot dog, burger, dan sosis. 

Nggak hanya daging olahan, pantangan makanan untuk penderita diabetes lainnya adalah mentega, margarin, selai kacang, dan aneka krim. 

2. Makanan tinggi karbohidrat

Pantangan makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah makanan tinggi karbohidrat. Misalnya nasi putih, roti putih, pasta, dan sereal dalam kemasan. Makanan-makanan ini memang kaya karbohidrat, sayangnya sih minim protein dan serat. 

3. Makanan ringan berkemasan

Pantangan makanan untuk penderita diabetes satu ini ada di sekitar Teman JAGADIRI, yakni makanan ringan berkemasan. 

Makanan ringan atau snack emang nagih buat ngisi perut lapar. Sayangnya, snack kayak gini tinggi karbohidrat dan sedikit nutrisi. Makanya lebih cepat dicerna, tapi nggak bikin kenyang lama. Selain itu, snack diolah dari tepung, yang bisa aja micu alergi kulit. 

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng juga termasuk salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes. Misalnya singkong goreng, kentang goreng, atau bahkan pisang goreng. Waduh, makanan kesukaan Teman JAGADIRI nggak sih ini? 

Selain tinggi karbohidrat, makanan yang digoreng bikin makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans akibat proses penggorengan dari minyak sawit/minyak sayur. 

Nggak hanya diabetes, konsumsi makanan gorengan juga nimbulin penyakit baru, seperti penyakit jantung dan kanker. 

5. Makanan tinggi garam atau sodium

Pantangan makanan untuk penderita diabetes yang terakhir adalah aneka makanan tinggi garam atau sodium. Menurut laman Primaya Hospital, makanan kayak gini sering Teman JAGADIRI konsumsi, misalnya kerupuk, asinan, atau makanan kalengan. 

Meski makanan ini gurih dan nggak bisa bikin berhenti ngunyah, tapi kandungan garam dan sodiumnya bisa ngelebihin batasan konsumsi. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia ngerekomendasiin untuk batesin konsumsi sodium sekitar 1 sendok teh atau sekitar 2.400 mg per hari. 

Nah itulah pembahasan pantangan makanan untuk penderita diabetes. Mulai hari ini, yuk jaga kesehatan dan jiwa lebih dini. Pastiin Teman JAGADIRI punya asuransi diri atau asuransi keluarga yang bisa diandelin kapan aja, seperti Jaga Sehat Plus dari JAGADIRI

Benefit atau manfaat asuransinya berupa: 

  • Santunan perawatan rumah sakit mulai dari Rp300.000 s/d Rp900.000 per hari akibat sakit atau kecelakaan. 

  • Santunan meninggal dunia mulai dari Rp6.000.000 s/d Rp18.000.000. 

  • Gratis belanja dengan voucher elektronik di merchant terpilih tiap bulan. 

Preminya mulai Rp90.000. Beli sekarang! 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/diabetes/ini-daftar-makanan-yang-pantang-dikonsumsi-penyandang-diabetes 

https://ciputrahospital.com/pantangan-makanan-penderita-diabetes/ 

https://primayahospital.com/gizi/pantangan-makanan-penderita-diabetes/ 

http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-penyakit/butuh-berapa-banyak-garam-tubuh-kita-per-hari 

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-5-perbedaan-diabetes-tipe-1-dan-tipe-2 

https://www.halodoc.com/artikel/diabetes-terjadi-saat-hamil-apa-penyebabnya

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1