Article

3 Penyebab Gigi Bolong, Ternyata Gak Cuma dari Makanan

09:58, 1 December 2022

05 1980x1080  8

Ini Ternyata Penyebab Gigi Bolong

 

Gigi berlubang jadi salah satu gangguan pada gigi yang paling umum terjadi. Bukan cuman terjadi pada anak-anak, kondisi ini bisa dialami oleh siapa aja, termasuk orang dewasa dan lanjut usia lho. Kalau gigi yang berlubang gak dirawat dengan baik, lubang di gigi bakalan jadi membesar dan bikin lapisan gigi yang paling dalam. Pastinya, gigi berlubang ini bikin rasa yang gak nyaman buat pengidapnya. Bahkan, gigi berlubang ini bisa menyebabkan pengidapnya mengalami kehilangan gigi alias ompong, gaes.

Biasanya, penyebab gigi berlubang berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari apalagi kalau kamu biasa mengkonsumsi makanan atau minuman yang punya kandungan gula berlebih. Tapi ternyata, ada penyebab lain yang bisa bikin gigi kamu berlubang lho! Yukk scroll kebawah, gaes! 

 

Kenapa sih gigi bisa jadi berlubang?

Berdasarkan beberapa sumber yang udah Jadimin rangkum, biasanya, penyebab gigi berlubang adalah plak. Plak adalah lapisan tipis dan lengket yang terbentuk dari air liur, sisa makanan, dan bakteri yang makin menumbuh. Kalau kamu makan dan minum tapi jarang ngebersihin mulut, plak bakalan terbentuk di permukaan gigi. Bakteri yang hidup di dalam plak bakalan berkembang biak dan berubah jadi zat asam. Nah, zat asam inilah yang bakalan terus mengikis lapisan terluar gigi (enamel) terus akhirnya membentuk lubang.

Nah, besar atau kecilnya lubang, bakalan tergantung sama banyaknya plak yang udah numpuk di permukaan gigi. Kalau ukuran lubangnya masih kecil atau baru kebentuk, kamu mungkin gak akan merasakan apapun. Awalnya, ngebentuk lubang atau rongga kecil dan kalau gak dirawat dengan baik secara bertahap bakalan jadi lebih besar. Gak adanya rasa sakit pas awal-awal, bikin kamu suka gak sadar sama masalah gigi ini. Makanya, kalau kamu udah ngeliat ada lubang di gigi kamu, langsung periksain ke dokter ya gaes, biar lubangnya gak jadi makin besar dan sakit. 

Baca juga:  5 Rekomendasi Dokter Gigi Terbaik di Jakarta
 

3 Penyebab Gigi Berlubang
 

  1. Mulut yang Kering 

Kamu tau gak sih, kalau mulut yang kering bisa jadi penyebab gigi berlubang? Nah, jumlah produksi air liur yang sedikit, ternyata bisa bikin mulut jadi kering. Padahal, air liur tuh penting banget buat ngejaga kelembaban mulut sekaligus ngebersihin sisa-sisa makanan dan plak gigi. Zat yang terkandung di dalam air liur juga bisa ngebantu melawan asam yang diproduksi oleh bakteri. Makanya, mulut yang kering bisa ningkatin risiko masalah mulut, mulai dari gigi sensitif, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Kalau Jadimin baca-baca nih gaes, Institute of Medicine of the National Academies nunjukin kalau asupan minum air buat perempuan rata-rata adalah 2,7 liter dan 3,7 liter buat laki-laki setiap harinya. Tapi, kebutuhan cairan setiap orang pastinya bakalan berbeda, tergantung dari usia dan aktivitas kamu sehari-hari.

Mungkin buat beberapa orang, males minum air putih karena gak suka sama rasanya yang tawar. Nah, kalau kamu salah satunya, kamu bisa menyiasati dengan menambahkan potongan buah-buahan segar, bikin infused water. Selain emang jadi lebih sehat, cara ini juga bisa kamu coba biar kamu bisa lebih banyak minum air putih. 

  1. Jarang gosok gigi

Mulut dan gigi yang gak dijaga kebersihannya, bisa jadi penyebab utama kemunculan plak. Soalnya, plak juga bisa terbentuk di sela-sela gigi dan di bawah garis gusi yang cuman bisa dibersihin dengan cara gosok gigi. Setiap hari plak bakal terus kebentuk apalagi kalau kamu gak rajin gosok gigi. Plak pada akhirnya bisa jadi busuk kalau dibiarin terus menumpuk. Akibatnya, gigi kamu bakalan lebih berisiko berlubang.

Makanya, penting buat kamu untuk ngerawat kebersihan gigi dan mulut setiap hari. Kamu harus coba rutin sikat gigi dua kali sehari, pas pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Tapi, pastiin juga kamu melakukannya dengan teknik menggosok gigi yang benar, ya gaes. Jangan gosok terlalu kenceng karena justru bakalan ngerusak lapisan enamel gigi. Inget, kuncinya konsisten dan rajin gosok gigi setiap hari ya gaes!

  1. Penyakit Asam Lambung, Bulimia, dan Anoreksia

GERD (refluks asam lambung) adalah penyakit asam lambung yang bisa bikin asam lambung sering ngalir naik ke kerongkongan sampai ke mulut. Nah, perpaduan asam lambung dengan asam yang dihasilkan bakteri di mulut dapat mengikis lapisan gigi. Kalau kamu biarin terus, kondisi ini bisa bikin gigi sensitif dan lama-lama jadi berlubang.

Selain itu, penyakit anoreksia dan bulimia juga bisa bikin penyebab gigi kamu jadi berlubang. Kedua penyakit ini memengaruhi produksi air liur di dalam mulut. Nah, hal ini bisa bikin kamu ngalamin mulut kering yang jadi pemicu serta penyebab gigi berlubang. 

Selain kamu nyobain menghindari penyebab gigi bolong, kamu bisa menunjang kesehatan gigi dengan rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Makanya, pastiin juga kamu punya perlindungan perawatan gigi dari Jaga Senyumku

Jaga Senyumku adalah layanan asuransi dari JAGADIRI yang menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan gigi kamu dan Keluarga di Rumah Sakit dan Klinik yang bekerjasama dengan JAGADIRI. Manfaat asuransinya mulai dari: 

  • Konservasi Gigi 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan.

  • Perawatan Gigi termasuk pembuatan gigi palsu sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi dalam waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak kecelakaan terjadi.

  • Pembersihan Karang Gigi maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis dengan jarak kunjungan tidak kurang dari 6 bulan.

  • Pencabutan Gigi dengan maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa jarak waktu perkunjungan. 

  • Konsultasi Dokter dengan maksimum 2 (dua) kali dalam setahun tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan. 

Yuk punya asuransi Jaga Senyumku sekarang! 

 

Sumber:

Alodokter (2021)
https://www.alodokter.com/gigi-berlubang 

Halodoc (2022)
https://www.halodoc.com/kesehatan/gigi-berlubang 

Hellosehat (2020) 
https://hellosehat.com/gigi-mulut/penyebab-gigi-berlubang/ 

Hermina Hospitals (2022) 
https://herminahospitals.com/id/articles/apasih-penyebab-utama-gigi-berlubang 

RSGM UMY (2021)
https://rsgm.umy.ac.id/penyebab-gigi-berlubang/ 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1