Article

Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil dan Perempuan Muda

15:50, 20 September 2022

03 1980x1080  8

Ibu Hamil dan Perempuan Muda Wajib Tau!

Perempuan dan ibu hamil rentan terkena tekanan darah rendah. Lantas, apa saja penyebab tekanan darah rendah? Yuk kita bahas bareng, Teman JAGADIRI! 
 

Peran tekanan darah pada tubuh

Pada dasarnya, tekanan darah adalah kemampuan jantung untuk mompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah ini seharusnya dalam keadaan normal supaya Teman JAGADIRI bisa beraktivitas normal dan jantung bekerja sebagaimana mestinya. 

Tekanan darah punya pengaruh ke tubuh seperti:

  • Tubuh selalu bugar dan sehat. 

  • Tubuh terhindar dari penyakit tidak menular (PTM) seperti penyakit jantung, stroke, hingga diabetes. 

  • Ginjal dapat melakukan tugasnya untuk menyerap dan membuang sisa yang udah nggak dibutuhin tubuh. 

Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang mengalami tekanan darah rendah. Misalnya seperti ibu hamil dan perempuan muda. Kok bisa ya? Ini dia penyebab tekanan darah rendah pada ibu hamil dan perempuan. 
 

Penyebab tekanan darah rendah

Dirangkum dari laman Hellosehat, tekanan darah rendah (hipotensi) adalah sebuah kondisi yang nunjukin tekanan darah seseorang berada di bawah angka normal. Gara-gara tekanan darah rendah, jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lain nggak dapat asupan darah. Nggak heran gejala tekanan darah rendah ditandai dengan pusing dan lemas. Teman JAGADIRI pernah?

Nah, penyebab tekanan darah rendah bisa melalui: 

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan. 

  • Penyakit pemicu tekanan darah rendah seperti gagal jantung, serangan jantung, detak jantung lemah, hingga penyakit katup jantung. 

  • Kehamilan. 

  • Penyakit-penyakit yang menggangu sistem endokrin, misalnya gula darah rendah, diabetes, hipotiroid, paratiroid, dan kekurangan hormon adrenal. 

  • Anemia atau kekurangan darah. 

  • Infeksi serius.

  • Reaksi alergi serius, misalnya obat-obatan tertentu atau racun serangga. 

  • Kurang nutrisi tertentu, misalnya asam folat, vitamin B12, dan zat besi. 

Baca juga: Tabel Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia
 

Mengapa ibu hamil dan perempuan rentan terkena tekanan darah rendah? 

Sebelum bahas ibu hamil, Jadimin bahas dulu dari segi perempuannya yuk. Jadi, perempuan punya siklus menstruasi bulanan. Siklus inilah yang bikin Teman JAGADIRI kekurangan darah. 

Makanya nggak heran ketika anemia, tepatnya anemia defisiensi besi, lebih banyak menyerang perempuan. Karena menstruasi bikin kadar jumlah sel darah merah yang sehat menurun. 

Selain itu, anemia defisiensi besi juga bisa menyebabkan tubuh nggak bisa nyerap zat besi dan kekurangan asupan zat besi.

Nggak hanya perempuan aja, ibu hamil pun juga rentan kena anemia defisiensi besi. Karena darah pada tubuhnya digunakan untuk perkembangan janin. Karena itu, banyak rekomendasi pada ibu hamil agar konsumsi makanan kaya zat besi. 

Teman JAGADIRI pernah dengar tablet penambah darah? Nah tablet tambah darah termasuk salah satu program pemerintah Indonesia untuk ngatasin perempuan dan ibu hamil terkena anemia. Soalnya anemia udah menjadi masalah kesehatan nasional nih, Teman JAGADIRI. 
 

Gimana ngatasin tekanan darah rendah pada perempuan dan ibu hamil?

Teman JAGADIRI jangan khawatir, kamu masih bisa kok ngatasin tekanan darah rendah agar normal kembali. Kamu bisa lakukan cara ini di rumah atau di tempat kerja, misalnya: 

  • Konsumsi makanan dan mnuman kaya vitamin C, soalnya vitamin ini bisa bantu serap zat besi. 

  • Konsumsi makanan kaya zat besi seperti daging merah, sayur-mayur hijau, kacang-kacangan, dan sejenisnya. 

  • Rutin konsumsi tablet penambah darah sebanyak 1x seminggu. 

  • Dan jangan lupa, pastiin asupan cairan kamu cukup dalam sehari. Untuk orang dewasa, konsumsi air putih sebanyak dua liter dan sesuaiin juga sama aktivitas kamu.

  • Mau ganti posisi tubuh? Lakukan dengan perlahan biar nggak pusing atau kliyengan. 

  • Olahraga, misalnya senam ibu hamil, jalan santai, yoga, pilates, dan aerobik khusus ibu hamil. 

  • Perhatiin pola makan, biar tekanan darah nggak cepat turun, disaranin untuk makan dikit tapi sering. Jadi kamu nggak kaget. 

Nah itulah pembahasan tentang penyebab tekanan darah pada ibu hamil dan perempuan muda. Yuk mulai jaga kesehatan dan asupan gizi seimbang! Soalnya kalo Teman JAGADIRI sehat, generasi berikutnya juga sehat dan bebas stunting. 

Pastiin kamu juga punya proteksi asuransi kesehatan online seperti Jaga Sehat Pilihanku dari JAGADIRI. Perlindungannya lengkap buat kamu dan keluarga, bahkan bebas pilih perlindungan buat diri sendiri atau keluarga. Preminya mulai Rp25.000,00 per bulan, beli sekarang!

 

Sumber: 

https://www.halodoc.com/artikel/pengaruh-tekanan-darah-normal-pada-orang-dewasa 

https://www.kemkes.go.id/article/view/21012600002/remaja-sehat-komponen-utama-pembangunan-sdm-indonesia.html 

https://jateng.kemenag.go.id/2022/08/sukseskan-program-kesehatan-matsamara-berikan-tablet-tambah-darah-untuk-siswa/ 

https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-wanita-lebih-rentan-terserang-anemia-defisiensi-besi 

https://hellosehat.com/jantung/jantung-lainnya/hipotensi/ 

https://www.alodokter.com/olahraga-di-masa-kehamilan 

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square