Article

Ternyata Perawatan Gigi Berlubang Itu Gampang Banget, Kamu Harus Coba!

10:09, 1 December 2022

06 1980x1080  10

Perawatan Gigi Berlubang

 

Gigi berlubang jadi salah satu masalah gigi dan mulut yang paling sering terjadi di semua kalangan. Terkadang, masalah gigi berlubang sulit buat dideteksi dari awal karena gak menimbulkan rasa sakit yang parah. Soalnya, beberapa lubang pada gigi bisa kebentuk dan tersembunyi di sela-sela dua gigi lho!
 

Nah, cara buat mengenali lubang yang ada pada gigi, bisa dilihat dari proses pembentukannya. Semakin besar lubang yang ada pada gigi, biasanya bakalan nimbulin rasa sakit yang sangat parah. Kalau udah semakin parah, gigi berlubang bisa bikin berbagai macam jenis komplikasi, mulai dari infeksi gigi, benjolan yang berisi nanah pada gigi, peradangan ekstrem akibat infeksi yang berpotensi bikin ompong bahkan sampai kematian lho! Makanya, masalah gigi berlubang jangan kamu sepelein ya, gaes. 
 

Sebenernya, cara perawatan gigi berlubang yang bisa kamu lakuin adalah dengan rajin cek kesehatan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Tapi, Jadimin ada cara lain yang pastinya gak sulit buat kamu untuk bisa merawat gigi yang berlubang. Mau tau cara perawatan gigi berlubang yang gak sulit? Yukk scroll kebawah, gaes! 

Baca juga:  5 Rekomendasi Dokter Gigi Terbaik di Jakarta

 

Kenapa sih gigi berlubang gak boleh dibiarin? 

Tau gak sih, kalau ternyata kesehatan gigi dan mulut itu ada pengaruhnya dengan kondisi tubuh secara keseluruhan lho! Makanya, kalau kamu punya gigi berlubang, harus cepet ditangani. Setelah Jadimin rangkum dari beberapa sumber, ada beberapa masalah yang bisa muncul kalau gigi berlubang dibiarin tanpa penanganan apapun, yaitu:

  1. Stroke: Ada sebuah penelitian yang menemukan kalau infeksi yang ada di gigi dan mulut yang terjadi di beberapa orang tertentu, bisa bikin stroke lho. Khususnya, buat penderita penyempitan darah di otak, gigi berlubang bisa jadi nimbulin penyakit ini. 

  2. Kerusakan Tulang Rahang: Ternyata, gigi berlubang bisa bikin tulang rahang kamu jadi rusak, gaes. Gigi berlubang yang udah sangat parah, bisa punya risiko tinggi yang memicu pembusukan pada beberapa gigi geraham kamu, makanya beberapa gigi bisa jadi ompong. Sedikit demi sedikit, gigi bakalan terus geser ke bagian yang ompong. Hal inilah yang bikin struktur pada tulang rahang kamu jadi berubah dan rusak. 

  3. Infeksi Jantung: Gak cuman di sekitar gigi dan mulut aja, bahaya gigi berlubang yang udah parah bisa bikin infeksi di bagian tubuh lainnya, salah satunya jantung lho! Di bawah gigi ada pembuluh-pembuluh darah yang saling terhubung dan berakhir pada jantung. Ketika kamu punya gigi berlubang, nantinya, bakteri yang nempel pada gigi bisa masuk ke dalam aliran darah sampai ke jantung. Makanya, gigi yang berlubang bisa bikin infeksi jantung. 

     

Gimana cara merawat gigi berlubang? 

Di beberapa kasus penyakit gigi dan mulut, biasanya dokter gak bisa melakukan tindakan apapun kalau gigi masih bermasalah atau sakit, apalagi kalau gangguan yang terjadi masih ringan. Nah, seengganya ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin untuk merawat gigi berlubang. Yukk simak tipsnya! 

  1. Kurangin Makanan atau Minuman Manis

Cara perawatan gigi berlubang apapun, harus dibarengin sama ngurangin konsumsi makanan atau minuman manis. Soalnya, makanan atau minuman manis bisa ningkatin produksi asam yang bisa ngerusak lapisan gigi.

Gak cuman itu, kebiasaan gak gosok gigi habis makan atau minum manis, bisa bikin sisa-sisa makanan atau minuman nempel lebih lama di gigi. Kebiasaan inilah yang bisa bikin kerusakan gigi jadi lebih cepet.

Selain ngurangin makanan dan minuman manis, kamu sebaiknya lebih banyak konsumsi buah dan sayuran serta air putih supaya kesehatan gigi gak terganggu.

  1. Rajin Gosok Gigi

Kamu sebaiknya mulai rajin gosok gigi secara teratur, wajib dua kali sehari selama dua menit dengan tata cara yang benar. Kebiasaan perawatan gigi ini bisa kamu mulai setiap pagi habis sarapan.

Tapi, sebaiknya kamu nunggu sekitar 30–60 menit sebelum gosok gigi, apalagi kalau kamu udah makan makanan atau minuman yang tergolong asam, contohnya jeruk, roti atau kopi.

Oh iya, kamu juga sebaiknya gosok gigi pas malam hari sebelum tidur ya gaes. Perawatan gigi ini bagus buat menghilangkan kuman dan plak dari sisa makanan atau minuman yang numpuk sepanjang hari. Kamu juga sebaiknya coba pake benang gigi minimal satu kali sehari.

  1. Pilih Odol Dengan Fluoride 

Pastiin odol yang kamu pilih punya kandungan fluoride di dalamnya. Fluoride adalah mineral yang terjadi secara alami. Perawatan gigi pake pasta gigi yang punya fluoride bisa ngehambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, fluoride bisa memperkuat enamel yang ngebuat gigi lebih tahan banting dari kerusakan gigi yang lain lho! 

  1. Coba Pake Obat Kumur

Dengan kamu pake obat kumur atau cairan pembersih mulut bisa ngebersihin sela-sela gigi yang gak kejangkau pake sikat gigi maupun benang gigi. Gak cuman itu, kumur-kumur pake obat kumur antiseptik seenggaknya satu kali dalam sehari bisa mencegah pembentukan plak dan penyakit gusi.

  1. Coba Untuk Lebih Rutin Cek ke Dokter Ya!

Perawatan gigi yang kamu lakuin di atas, penting banget buat kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Tapi, kamu masih perlu periksain gigi secara rutin ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali.

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi punya tujuan untuk bersihin plak yang mungkin kelewat pas kamu gosok gigi atau pake benang gigi. Dokter gigi juga mungkin akan bakalan ngelakuin scalling buat ngehilangin karang gigi yang gak bisa dijangkau pas perawatan gigi rutin setiap hari.

Melakukan perawatan gigi gak harus nunggu gigi kamu rusak ya gaes. Coba mulai rutin ngejaga kesehatan mulut dan gigi pake cara perawatan gigi berlubang di atas ya! Makanya, pastiin juga kamu punya perlindungan perawatan gigi dari Jaga Senyumku

Jaga Senyumku adalah layanan asuransi dari JAGADIRI yang menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan gigi kamu dan Keluarga di Rumah Sakit dan Klinik yang bekerjasama dengan JAGADIRI. Manfaat asuransinya mulai dari: 

  • Konservasi Gigi 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan.

  • Perawatan Gigi termasuk pembuatan gigi palsu sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi dalam waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak kecelakaan terjadi.

  • Pembersihan Karang Gigi maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis dengan jarak kunjungan tidak kurang dari 6 bulan.

  • Pencabutan Gigi dengan maksimum 2 (dua) kali dalam satu tahun Polis tanpa jarak waktu perkunjungan. 

  • Konsultasi Dokter dengan maksimum 2 (dua) kali dalam setahun tanpa ketentuan jarak waktu perkunjungan. 

Yuk punya asuransi Jaga Senyumku sekarang! 

 

Sumber :

Alodokter. 2021 
https://www.alodokter.com/5-langkah-perawatan-gigi-ini-ampuh-hindari-gigi-berlubang 

Alodokter. 2021 
https://www.alodokter.com/gigi-berlubang-menyimpan-risiko-penyakit 

Bobo.id. 2022
https://bobo.grid.id/read/083360956/4-bahaya-gigi-berlubang-yang-tidak-segera-diatasi-jangan-sampai-disepelekan?page=all 

Honestdocs. 2019 
https://www.honestdocs.id/ketahui-7-bahaya-gigi-berlubang-jika-tidak-cepat-diobati 

Halodoc. 2021 
https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-mengobati-sakit-gigi-berlubang

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1