Article

Istilah Polis Asuransi Jiwa yang Perlu Kamu Pahami

14:55, 14 February 2023

01 1980x1080  12

Kamu Perlu Tau Istilah dan Manfaatnya

 

Di era modern ini, asuransi jiwa udah semakin jadi salah satu bagian hidup masyarakat Indonesia yang pengen punya kehidupan sejahtera. Asuransi jadi salah satu poin penting kalau kamu pengen ngebangun keuangan pribadi yang sehat. Soalnya, asuransi jiwa bisa ngebantu kamu ngelola risiko finansial yang bisa kapan aja muncul dan berdampak ke keuangan pribadi. Kalau pake asuransi jiwa, pengelolaan keuangan bisa berjalan terencana buat bisa ngewujudin kesejahteraan finansial. Tapi, harus diakui, karena asuransi jiwa udah semakin familiar, belum semua kalangan masyarakat tau sama konsep asuransi jiwa, termasuk macem-macem jenis istilah umum yang ada di asuransi jiwa. Nah, biar berasuransi kerasa lebih gampang dan menyenangkan, yukk pelajarin istilah polis asuransi jiwa lewat artikel ini!
 

Apa itu polis asuransi jiwa?

Polis asuransi jiwa adalah kontrak perjanjian kerjasama yang tertulis dan berkekuatan hukum antara perusahaan penyedia asuransi sama pemegang polis. Umumnya, perusahaan asuransi bersedia buat nanggung risiko yang dimiliki tertanggung dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian. Pemegang polis punya kewajiban buat ngebayar sejumlah premi atau biaya yang nantinya akan digunakan untuk menanggulangi berbagai macam risiko. 

Polis asuransi jiwa biasanya ada detil kontrak perjanjian antara lain, hak dan kewajiban perusahaan asuransi sebagai penyedia asuransi, hak dan kewajiban pemegang polis, cakupan perlindungan asuransi, aturan pengecualian perlindungan, hal-hal yang bikin perlindungan asuransi jadi batal, lembar pertanggungan, syarat umum polis, ketentuan khusus dan juga salinan surat permohonan asuransi jiwa (SPAJ). Pastiin kamu nyimpen polis asuransi jiwa dengan baik dan bisa gampang diakses, soalnya nanti kamu bakalan butuhin pas ngelakuin klaim.
 

Kegunaan Polis Asuransi Jiwa

Polis asuransi jiwa gak cuman berguna dan bermanfaat buat nasabah atau tertanggung asuransi, tapi juga bermanfaat buat perusahaan asuransi. Kalau menurut CNN Indonesia, di bawah ini adalah beberapa kegunaan polis asuransi jiwa buat kedua belah pihak yang harus kamu tau: 

  1. Kegunaan Buat Nasabah Asuransi

  • Buat jadi bukti tertulis atas jaminan penanggungan atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung yang tertulis dalam polis.

  • Buat jadi bukti pembayaran premi yang dikasih ke pihak perusahaan asuransi.

  • Buat bukti otentik untuk menuntut penanggung kalau suatu saat terjadi kelalaian dalam memenuhi jaminan yang menjadi hak nasabah.

  1. Kegunaan Buat Pihak Asuransi

  • Buat bukti tanda terima premi asuransi yang dibayarkan tertanggung.

  • Buat bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada tertanggung.

  • Buat bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim yang diajukan tertanggung kalau gak memenuhi syarat polis.
     

Apa polis asuransi jiwa bisa dicairkan?

Jawabannya, ya bisa banget dong! Polis asuransi jiwa bisa dicairkan. Cairan polis asuransi jiwa adalah proses dimana pemegang polis request pengembalian dana yang tersimpan di dalam polis asuransi jiwa. Ini biasanya dilakukan karena berbagai alasan contohnya kalau pemegang polis gak lagi ngebutuhin asuransi jiwa, atau ngebutuhin dana buat keperluan lain.

Tapi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangin sebelum cairin polis asuransi jiwa. Buat ditahapan awal, kamu harus memahami aturan dan syarat-syarat yang berlaku dalam polis asuransi jiwa yang kamu punya. Biasanya, perusahaan asuransi bakalan meminta pemegang polis buat ngebayar sejumlah biaya cairan, biar dana yang bakal diterima mungkin gak sama dengan jumlah dana yang dibayarin sebagai premi.

Kalau kamu mutusin buat mencairkan polis asuransi jiwa, pastiin buat ngikutin proses dengan baik dan benar. Proses cairan polis asuransi jiwa bisa dilakuin dengan cara ngajuin permohonan ke perusahaan asuransi, dan perusahaan asuransi bakalan meninjau permohonan tersebut dan mengeluarkan surat pengakuan cairan kalau permohonan tersebut diterima.

Jadi, sebelum mencairkan polis asuransi jiwa, ada baiknya buat mempertimbangkan dengan matang dan meminta nasihat dari ahli keuangan atau profesional asuransi ya gaes! 

Nah, setelah kamu tau tentang istilah polis asuransi jiwa, udah saatnya buat mulai punya asuransi jiwa biar hidup kamu lebih sejahtera gaes. Jadimin saranin buat kamu pake Jaga Jiwa dari Jagadiri aja. Soalnya, Asuransi Jaga Jiwa bukan asuransi biasa. Dengan proses aplikasi cepat dan tanpa repot, Kamu akan terlindungi mulai dari Rp 23,000 untuk masa perlindungan 1 tahun. Proses klaimnya pun cepat. Sudah saatnya semua jiwa terlindungi dengan Jaga Jiwa.

Manfaat Jaga Jiwa

  • Santunan Meninggal Dunia bukan karena Kecelakaan: Jika Tertanggung Meninggal bukan karena kecelakaan, maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 100 (seratus) % Uang Pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

  • Santunan Meninggal Dunia karena Kecelakaan: Jika Tertanggung Meninggal Dunia karena kecelakaan, maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 200% (dua ratus persen) Uang Pertanggungan meninggal dunia akibat sakit dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

  • Frekuensi pembayaran premi bulanan dan tahunan

  • Dapat menyertakan Pasangan sebagai Tertanggung

  • Apabila Tertanggung lebih dari 1 maka Tertanggung dengan usia lebih muda akan mendapatkan diskon premi 5%.

  • Untuk pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi 10%. 
     

Sumber :

Allianz, 2020.

https://www.allianz.co.id/explore/kenali-istilah-istilah-asuransi-jiwa-ini-agar-berasuransi-lebih-menyenangkan.html 

 

Axamandiri, 2022. 

https://axa-mandiri.co.id/-/ini-dia-cara-mempelajari-polis-asuransi-dengan-mudah#:~:text=2.%20Fungsi%20polis%20asuransi%20bagi,jika%20tidak%20memenuhi%20syarat%20polis.

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
  • Untitled design  5
  • Group 1758
  • Group 1757  1