Article

Informasi dan Syarat Baru untuk Penerbangan Domestik

10:18, 21 December 2022

01 1980x1080  10

Apakah Kamu Sudah Memenuhi Syarat?

 

Pandemi Covid-19 ngasih dampak yang sangat banyak dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan kegiatan sekolah sampe kerjapun harus dilakuin di rumah. Gak cuman itu, banyak hal seru yang gak bisa kita lakuin juga, salah satunya liburan. Setelah pandemi ini mereda, akhirnya kita udah bisa healing dengan liburan dan bahkan bepergian pake pesawat terbang loh gaes.
 

Tapi, seiringan dengan angka Covid-19 yang masih muncul, pemerintah punya beberapa syarat untuk penerbangan domestik yang pastinya harus ditaati. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) udah bikin aturan paling baru tentang penerbangan yang wajib kita patuhi sebagai penumpang.  Aturan yang isinya syarat penerbangan ini udah berlaku mulai dari awal bulan September 2022. Nah, berikut Jadimin rangkum tentang informasi dan syarat baru untuk penerbangan domestik khusus buat kamu! Yukk scroll artikel ini! 

Baca Juga: Butuh Healing? Coba Liburan ke 5 Tempat Ini Deh!

 

Syarat Penerbangan Domestik Terbaru

Peraturan penerbangan buat para penumpang udah tercantum di Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dalam Masa Pandemi Covid-19 yang udah disahkan pas tanggal 25 Agustus 2022. Nah berikut Jadimin rangkum beberapa syarat penerbangan domestik terbaru yang perlu kamu ketahui gaes! 

  • Gak Harus Tes PCR/Antigen 

Pasti diantara kamu ada yang masih bingung, sebenernya penerbangan domestik harus tes PCR atau Antigen dulu gak sih? Nah menurut peraturan penerbangan domestik yang baru, travelers yang mau melakukan penerbangan domestik gak diwajibin buat nunjukin hasil negatif dari tes Rapid Tes Antigen atau PCR loh! Hal itu berlaku buat travelers yang udah memenuhi syarat vaksin dan melakukan penerbangan domestik yang pastinya wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

  • Kebijakan Khusus Penumpang Komorbid 

Penumpang komorbid adalah seseorang yang bepergian dengan kondisi kesehatan khusus yang bikin gak bisa dapet vaksin. Nah dengan adanya syarat penerbangan domestik yang terbaru ini, khusus buat penumpang yang punya kondisi tersebut gak diwajibin buat syarat vaksinasi dan gak wajib juga buat nunjukin  hasil tes Antigen atau PCR. Tapi, buat travelers yang punya kondisi khusus tersebut wajib banget buat lampirin surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang berisi bahwa yang bersangkutan belum dan atau gak bisa dapetin vaksinasi COVID-19 karena alasan tertentu.

  • Wajib Vaksin Booster 

Bisa gak sih melakukan penerbangan domestik tapi belum vaksin booster? Jadi, kalau Jadimin pelajari dari persyaratan penerbangan domestik terbaru disebutkan kalau buat travelers domestik yang pake pesawat pada masa pandemi COVID-19 harus udah mendapatkan vaksinasi. Nah berikut syarat lengkapnya:

  • Travelers wajib pake aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat dari penerbangan domestik.

  • Travelers yang berstatus WNA dengan usia 18 tahun ke atas wajib udah dapetin vaksin dosis kedua.

  • Travelers yang usianya 6-17 tahun dan berasal dari perjalanan luar negeri gak diwajibin dapet vaksinasi.

  • Travelers yang usianya 18 tahun ke atas wajib udah dapetin vaksin dosis ketiga atau booster.

  • Travelers yang usianya di bawah 6 tahun gak wajib vaksin tapi harus ngelakuin perjalanan bersama pendamping.

  • Travelers yang usianya 6-17 tahun wajib udah dapetin vaksin dosis kedua. 


Nah, kabar baiknya buat travelers yang mau melakukan penerbangan domestik tapi belum dapetin vaksin booster, PT Angkasa Pura udah ngasih fasilitas di 15 Bandaranya tempat buat kamu dapetin vaksin nih gaes! Berikut daftar bandara yang punya fasilitas vaksin di dalamnya: 

  1. Bandara Adi Soemarmo Surakarta (SOC) berlokasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

  2. Bandara Sam Ratulangi Manado (MDC) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

  3. Bandara Juanda Surabaya (SUB) berlokasi di Lobby Keberangkatan Terminal 1.

  4. Bandara Sentani Jayapura (DJJ) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

  5. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) berlokasi di Lantai Mezzanine Gedung Penghubung Sisi Timur.

  6. Bandara El Tari Kupang (KOE) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

  7. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) berlokasi di Lobby Terminal Kedatangan Domestik (Samping pintu masuk karyawan).

  8. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG) berlokasi di Exhibition Hall.

  9. Bandara Frans Kaisiepo Biak (BIK) berlokasi di Gedung Administrasi PT Angkasa Pura I.

  10. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

  11. Bandara Syamsuddin Noor (BDJ) berlokasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

  12. Bandara Pattimura Ambon (AMQ) berlokasi di Area Perkantoran Lobby Terminal Keberangkatan.

  13. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN) berlokasi di Check-in Counter Timur Island B Terminal Keberangkatan. 

  14. Bandara Adisutjipto Yogyakarta (JOG) berlokasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

  15. Bandara Internasional Lombok (LOP) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.


Nah, itu adalah informasi dan syarat baru untuk penerbangan domestik yang udah Jadimin rangkumin gaes. Biar liburan kamu aman dan nyaman, pastiin kamu udah punya Jaga Liburan dari Jagadiri ya gaes! 

Manfaat Jaga Liburan

  • Santunan Meninggal Dunia akibat Kecelakaan: Dalam hal tertanggung Meninggal Dunia akibat Kecelakaan dalam masa asuransi dan polis masih berlaku, maka akan dibayarkan manfaat asuransi sebesar 100% Uang Pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan asuransi berakhir.

  • Manfaat Perawatan Rumah Sakit akibat Kecelakaan: Dalam hal Tertanggung membutuhkan perawatan Rumah Sakit akibat Kecelakaan dalam masa asuransi dan polis masih berlaku, maka akan dibayarkan manfaat asuransi sebesar biaya aktual perawatan rumah sakit dengan maksimal sebesar 5% dari Uang Pertanggungan dan pertanggungan asuransi masih berlaku. Jika Tertanggung sudah memiliki Asuransi Kesehatan yang memberikan penggantian biaya Perawatan Rumah Sakit, maka JAGADIRI hanya akan menggantikan selisih biaya Perawatan Rumah Sakit yang tidak dicover Asuransi Kesehatan Lainnya, dengan maksimum sesuai dengan Ketentuan Benefit produk ini.
     

Sumber :

DetikNews, 2022. 
https://news.detik.com/berita/d-6262545/syarat-naik-pesawat-terbaru-mulai-29-agustus-cek-di-sini 

Kemeparekraf, 2022. 
https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/naik-pesawat-tak-perlu-tes-pcr-simak-aturan-terbarunya-per-29-agustus-2022/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp