Article

Sering Disepelein, Ternyata Ini Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru

11:09, 10 May 2023

05 1980x1080  14

Yuk Mulai Care Sama Kesehatan

 

Dari berbagai jenis kanker, kanker paru – paru termasuk jenis kanker yang paling banyak diderita masyarakat dunia lho, terutama buat para perokok, baik perokok aktif maupun pasif. Tapi sayangnya, rata – rata penderitanya udah dalam kondisi parah saat berobat ke dokter. Biasanya sih mereka kurang paham gejala kanker paru – paru atau terkesan nyepelein ciri – cirinya. 

Padahal, kalau kita tau gejalanya sejak awal, pasti lebih mudah ditangani dan keberhasilan pengobatan pun jadi makin besar. Makanya buat kalian, baik perokok maupun bukan, jangan pernah sepelein deh gejala yang menyerang saluran pernafasanmu mulai sekarang. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?

Berikut ini ciri – ciri kanker paru – paru yang kamu wajib tau.

  1. Batuk terus menerus

Batuk memang bisa diakibatkan flu, tapi kamu harus waspada kalau batukmu ngga kunjung sembuh. Batuk yang terus menerus dan berlangsung lama mungkin aja salah satu ciri penyakit serius seperti kanker paru. Makanya kalau batukmu udah cukup lama, diminumin obat apapun ngga juga sembuh, kamu harus segera periksain dirimu ke dokter ya.
 

  1. Batuk berdarah

Sewaktu kondisi batuk makin parah, dahak bisa bercampur darah lho. Kadang cuma berupa titik kecoklatan pada dahak, tapi jangan pernah disepelein. Apalagi biasanya diikuti dengan gejala lain seperti demam dan nyeri dada. Jangan sampai terlambat menyadari, karena seringkali penyakit serius awalnya dikira biasa – biasa aja.
 

  1. Sesak nafas

Sel – sel kanker yang mulai meluas bisa menyumbat bronkus dan bikin produksi lendir berlebihan. Nah, lendir itu yang akhirnya menumpuk di paru – paru sehingga kita jadi sesak nafas. Ngelakuin apapun terasa ngga nyaman, karena kita jadi gampang capek atau kelelahan.
 

  1. Nyeri di dada

Selain jadi salah satu ciri serangan jantung, nyeri dada termasuk gejala kanker paru – paru yang wajib kamu tau lho. Nyeri ini akan menyerang bagian dada, tembus ke punggung lalu menjalar sampai ke bahu. Biasanya rasa nyeri timbul karena pembengkakan di area kelenjar getah bening, lapisan paru atau rusuk.
 

  1. Penurunan berat badan

Kalau kamu ngerasain berat badanmu turun tiba – tiba dan drastis tanpa mengubah pola makan apapun, kamu perlu waspada. Bisa jadi itu tanda gangguan penyakit serius, seperti kanker salah satunya. Perkembangan sel kanker bikin tubuh ngabisin banyak kalori utk sembuh. Ngga heran, pada kasus yang parah, seseorang bisa kehilangan berat badan sampai kurus kering.
 

  1. Nafas bersuara

Ciri lain yang ngga boleh diabaikan adalah nafas bersuara atau isitilah lainnya, mengi. Kondisi ini terjadi saat paru – paru tersumbat, meradang atau kontraksi. Memang sih mengi bisa karena alergi atau asma. Tapi kamu tetap harus waspada, apalagi jika kondisi ini ngga membaik seiring waktu ya.
 

  1. Nyeri pada tulang

Banyak orang mengira nyeri tulang termasuk bagian dari proses penuaan. Padahal ngga selalu lho, apalagi kalau dialamin pada usia dini. Makanya penting buatmu untuk kenali ciri – ciri kanker paru – paru yang satu ini. Nyeri tulang biasanya dirasain mulai punggung, lengan, bahu dan leher.

Nah, ciri – ciri kanker paru – paru sebenarnya udah bisa diketahui sejak awal, tapi karena sering disepelein, banyak orang ngga sadar dan akhirnya terlambat periksa kesehatannya. Makanya kamu harus waspada dengan gejala – gejala yang ditimbulkan seperti beberapa penjelasan diatas ya.

Kesehatan adalah hal yang utama, jangan pernah sepelein itu. Sangat penting bagimu dan keluarga punya perlindungan kesehatan yang berkualitas dengan premi terjangkau, seperti Jaga Sehat Keluarga dari asuransi JAGADIRI.

Kamu bebas pilih perlindungan dan premi sesuai kebutuhan. Jangan khawatir, preminya ngga bakal bikin kantong bolong alias murah banget. Yuk, check perlindungan selengkapnya di Jaga Sehat Keluarga

 

Sumber :

https://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-penyakit/gejala-kanker-paru-yang-sering-diabaikan

https://hellosehat.com/kanker/kanker-paru/gejala-kanker-paru/

Recent News


Product Suggestion

Fast response Whatsapp
Icon red chat