Article

3 Jenis Harta Setelah Menikah yang Harus Kamu Tau, Apa Aja?

14:23, 18 February 2022

Resize blog   07. 3 jenis harta setelah menikah yang harus kamu tau  apa aja 1920x1080

Kenal jenis harta saat jalanin pernikahan penting banget, Teman JAGADIRI. Selain ngurangin gesekan dan konflik, juga mudahin kamu dan pasangan saling mahamin kondisi finansial masing-masing. 
 

Jenis-jenis harta setelah pernikahan, apa aja?
Dirangkum dari berbagai sumber, ada tiga jenis harta setelah nikah yang harus kamu tau. Pembagian jenis harta ini berdasarkan UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Apa aja jenis hartanya? 
 

1. Harta bawaan
Ngomongin soal harta bawaan, jenis harta ini dibedain atas harta bawaan masing-masing suami dan istri. Jenis harta ini bisa disebut harta yang ada sebelum kamu dan pasangan nikah. 

Jenis harta ini udah jelas banget kalo kamu dan pasangan punya hak penuh untuk menggunakannya. Karena sifat hartanya terpisah. 

Btw Teman JAGADIRI bisa ceki-ceki di Pasal 35 ayat (2) UU Perkawinan ya!
 

2. Harta bersama
Nah, kalo harta bersama adalah harta benda yang diperoleh selama perkawinan. Bisa dibilang, harta bersama tuh didapetin selama pernikahan berlangsung. Pastinya, kamu dan pasangan mesti bicarain bareng-bareng mengenai harta bersama. Mulai dari penggunaan hingga pengelolaannya. 

Teman JAGADIRI juga bisa cek definisi harta bersama di Pasal 35 ayat (1) ya!
 

3. Harta perolehan
Harta perolehan adalah harta masing-masing suami-istri yang diperoleh atau didapetin karena hibah, warisan atau wasiat. Jadi bisa dibilang, jenis harta ini didapetin bukan karena usaha bareng atau usaha sendiri. 

Contohnya aja kayak hadiah, hibah, atau warisan. 

Let’s say atau katakanlah kamu dapet warisan rumah atau tanah dari orang tua. Nah, kamu punya kendali penuh atas harta itu. Pasangan kamu jelas dong nggak bisa ngejualnya. 

Secara garis besar, jenis-jenis harta setelah nikah ini akan bantu kamu untuk pahamin kedudukan harta benda selama perkawinan dari sudut pandang hukum. So, begitu kamu nikah dengan pasangan, hartanya jadi milik bareng-bareng deh. 

Apapun rencana kamu, entah itu mau jual atau beli, mesti bicarain bersama ya! 
 

Baca juga: Asuransi Jiwa Bisa Diwarisin? Emang Bisa?

 

Manfaat kenalan jenis harta pernikahan
Dengan kenal dan paham jenis-jenis harta pernikahan, kamu dan pasangan makin ngerti hak dan kewajiban masing-masing. Mana yang boleh diperjualbelikan dan mana yang cukup disimpen atau keep. 

Di samping itu, kamu dan pasangan juga lebih terbuka soal asal harta yang dimiliki. Jadi nggak ada tuh yang namanya sembunyi-sembunyi atau rahasiaan. Ketika terjadi konflik, kamu dan pasangan bisa refer atau ngerujuk ke perjanjian pernikahan atau prenuptial agreement atau kesepakatan yang udah kalian buat. 

Dan terakhir, kamu dan pasangan jadi kebiasaan buat nyatet atau semacam audit harta yang dimiliki beserta cek kemampuan finansial. Khususnya buat kamu dan pasangan yang baru-baru aja nikah. 


Kenal jenis harta pernikahan, jadi prioritasin asuransi premi kembali, kok bisa? 
Prioritas keuangan pas nikah jadi berubah dan beda banget pas single. Kamu dan pasangan jadi lebih dahuluin kebutuhan dasar. Misalnya kayak asuransi premi kembali

Asuransi premi kembali, utamanya asuransi jiwa, punya manfaat asuransi atau benefit no claim bonus. Benefit ini bisa balikin premi yang udah kamu bayarkan hingga 110% untuk masa pertanggungan 7 tahun. Misalnya Jaga Jiwa Xtra dari JAGADIRI. 

Nggak hanya itu, kamu dan pasangan sebagai keluarga akan dapet santunan, berupa: 

  • Santunan meninggal dunia bukan akibat kecelakaan sebesar Uang Pertanggungan,

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 2x Uang Pertanggungan. 

Keduanya ngebantu banget dari segi biaya gaes. 
 

Last but not least, punya asuransi premi kembali artinya kamu dan pasangan saling lindungin. Keluarga dapet jaminan finansial, bahkan bisa ngasih warisan berupa asuransi jiwa. Dari segi premi, harganya mulai Rp130.000,00 dan bisa bayar cashless. *Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Cari tau seputar asuransi premi kembali di web jagadiri.co.id dan beli sekarang

Follow Instagram @jagadiri_id biar kamu update terus yuk! 

 

Sumber:

https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/humaniora/pr-1222787341/3-jenis-harta-setelah-menikah-yang-harus-kamu-tahu 

https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3893876/harta-benda-dalam-perkawinan 

https://id-id.facebook.com/lifepal/posts/3082053165412644 

https://www.jagadiri.co.id/products/jaga-jiwa-xtra 

 

Jurnal:

Jurnal Penelitian Hukum DE JURE, ISSN 1410-5632 Vol. 17 No. 4, Desember 2017: 455-461 (PDF Download)
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjq-ICU4av1AhUm63MBHU0iDdAQFnoECAMQAw&url=https%3A%2F%2Fejournal.balitbangham.go.id%2Findex.php%2Fdejure%2Farticle%2Fdownload%2F361%2Fpdf&usg=AOvVaw1Ms3HsmceWLbDdL1KYMK7A

Recent News

Fast response Whatsapp
  • Ojk  otoritas jasa keuangan  vector logo
  • Aaji logo asli png kecil
  • Globalsign trust seal1
  • Klikpay
  • Master
  • Va square